Blogging

Ini 7 Rahasia DA Naik 30++

Kali ini mau berbagi rahasia DA Naik 30++ yang terjadi pada blog chemistrahmah yang sudah berusia nyaris 10 tahun. Namun, saya tidak memaksakan untuk diikuti karena semua kembali pada pelakunya bisa dilakukan atau sekadar tahu. 

Rahasia DA 23 ke 32

Jujur saja, ini bukan perjalanan yang mudah bagi saya, seorang ibu yang punya balita jelang 1 tahun saat menjalani pendidikan ini. Banyak hal yang harus saya manage sehingga semuanya bisa berjalan dan akhirnya bisa sampai selesai. 

rahasia da naik 30++ mengubah posisi 23 menjadi 32

Rahasianya ada pada:

1. Prepare Your Blog

persiapkan blog agar sanggup menjalankan rahasia DA naik 30++Ini penting karena pastinya yang akan diutak-atik adalah blog. Tidak mungkin utak-atik yang lain tidak ada hubungannya dengan performa blog. 

Kalau punya blog lebih dari satu, silakan dipilih untuk menjalankan rahasia DA Naik 30++ ini. Dan perhatikan juga apakah sudah terkoneksi dengan Google Search Console dan Google AnalyticPenting ini!

Jika belum, lakukan dulu sebagai bentuk persiapan. Jangan sampai sudah ada di dalam kelas tetapi semuanya masih baru akan dipasang dan itu akan membuat kewalahan. 

2. Commitment

komitmen ikut kelas DA naik 30++

Mengapa komitmen penting? Karena tanpa komitmen apa yang bisa berjalan dengan baik? Apalagi dalam urusan blog, rumah kedua yang saat ini sangat digandrungi oleh sebagian besar orang di luar sana.

Banyak yang kemudian ingin belajar blogging tetapi komitmen untuk upgrade diri dan juga blog tidak dimiliki oleh semua orang.

Untuk itu komitmen harus menjadi hal kedua setelah blog siap untuk dijadikan media belajar. Komitmen untuk menjalankan materi dari hari pertama hingga akhir belajar. Bahkan komitmen untuk menjalankan apa yag sudah diperoleh pun bagian dari ikhtiar.

3. Time Management

manajemen waktu supaya rahasia da naik 30++ bisa terlaksana dengan lancar

Karena materi awal yang terlihat sepele (baca: Mahir Menulis dan Editing Konten) bukan berarti kemudian time management tidak diperlukan. Membuat 1 artikel dengan kata kunci tertentu, pastinya tidak akan memberikan kesempatan kita untuk duduk berpangku tangan.

Manajemen waktu sangat penting karena mengikuti 6 materi yang semuanya berbobot itu perlu diperhatikan. Seperti halnya ketika harus mengadakan Giveaway di media sosial sebagai salah satu jalan untuk Menaikkan Follower Twitter dengan Cepat, manajemen waktu harus diusahakan. Mengingat ada target tertentu yang diharapkan.

4. SEO On Page

rahasia da naik 30++ memang penting untuk dilihat sejauh mana seo on page bekerja

Nah ini dia yang kompleksitasnya tertinggi bagi saya. Karena semuanya diawali dari materi Keyword Research kemudian memperhatikan struktur blog satu per satu yang diberikan oleh coach-nya.

Dengan tools yang ditambahkan pada add ons, blog bisa dicermati sisi mana yang harus mengalami perubahan. Mulai dari judul, deskripsi, tag, alt image, link internal atau eksternal, kondisi backlink nofollow atau dofollow dan masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan.

Jadi, pada materi SEO On Page ini konten harus betul-betul dipersiapkan dengan baik. Foto yang disematkan pun tidak hanya diperhatikan dari bagus tidaknya, tetapi sudah benar atau tidaknya penempatan dan penulisan alt image-nya. Ah, saya jadi ingat materi Teknik Fotografi yang berada di dua materi akhir. Sempat dilema karena artikel tidak terindeks dengan waktu yang sudah mepet batas waktu pengumpulan.

5. Link Building

seo off page sebagai bagian dari rahasia da naik 30++

Ini bagian tak bisa dipisahkan dari SEO On Page karena masuk ke ranah SEO Off Page. Namun, sampai saat ini benar-benar butuh waktu ekstra untuk melakukannya dengan baik. Tidak boleh sembarangan juga membangun link.

Kalau masih ingat kalimat saya pada postingan SEO Off Page maka benar-benar harus link berkualitas. Seperti apa itu? Hmm, ikut kelas Growth Blogger saja ya. Di sana akan dijumpai medan link yang selama ini mungkin tak pernah ditemui sebelumnya.

6. Update Old Article

melakukan update artikel lama juga penting sebagai rahasia da naik 30++ pada blogSalah satu jalan rahasia DA naik 30++ adalah memperbaiki artikel lama. Apalagi jika artikel tersebut memiliki pengunjung yang lumayan banyak. Seperti apa update-nya? Ya, lakukan langkah SEO On Page yang tepat. Kembali memperhatikan kata kunci, link internal/eksternal dan semua hal yang sudah saya sebutkan di berbagai artikel mengenai SEO.

Lumayan banget sekarang ada beberapa artikel masih bahkan posisinya naik ke halaman muda search engine (baca: Google) karena sudah update. Kalau khawatir peringkatnya turun setelah di-update, mungkin ada yang kurang dalam melakukan langkah SEO-nya.

7. Making Organic Article

Ini juga penting, selain blog tidak tampak sebagai etalase, juga bisa membagikan informasi penting lainnya kepada pembaca. Jadi nggak jualan saja tetapi memberikan value untuk siapa saja yang mampir membaca.

Hmm, ini reminder buat saya juga supaya malas tidak datang berlama-lama. Apalagi dengan alasan anak bla bla bla. Semua lagi-lagi kembali pada manajemen waktu yang harus selalu dikelola. Jangan sampai DA turun karena toh ini adalah artikel rahasia DA naik 30++ ya. Otomatis harus ada perubahan yang nyata. Paling tidak update artikel lama.

So, untuk menjalankan rahasia DA naik 30++ di atas tentu ada modal yang saya keluarkan. Apa saja itu? Stay tune sampai akhir…

Modal yang Disiapkan untuk DA Naik 30++

Ini modal saya sehingga bisa mengubah posisi DA 23 ke 32:

1. Kurangi Tidur

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya kurang tidur. Saat awal menikah pun demikian karena pekerjaan suami harus saya bantu dalam hal persiapan konten agar website yang dibangun tidak ngawur.

Nah, di Kelas Growth Blogger ini saya mengalaminya lagi karena mau tidak mau memang harus demikian. Jika saya mengikuti nafsu rebahan yang selama ini menyerang di saat pandemi, mungkin “tendangan madun ala Irwin” sudah saya rasakan. 

Jadi, siapkan diri untuk kurang tidur selama mengikuti kelasnya. Sebab, keliru sedikit saja fatal akibatnya. 

2. Jaga Asupan Nutrisi 

Semua tahu kalau pandemi ini kita diminta untuk jauh lebih memperhatikan kesehatan. Nah, karena Kelas Growth Blogger yang saya ikuti di saat pandemi, maka saya harus menjaga kesehatan dengan suplai vitamin dan care sama gizi makanan. 

Selalu memastikan air minum ada di dekat saya setiap kali akan membuka leppy karena sudah dipastikan dengan jangka waktu lama. Kalau kurang air minum, usia mamak beranak dua tidak bisa berbohong ketika banyak duduk tetapi kurang air minumnya. 

3. Persiapkan Mental

Saya sudah mempersiapkan ini saat kelas akan dibuka. Sebab, saya pelan-pelan mempelajari karakter Irwin Andriyanto yang memang disiplin dan sesuai dengan apa yang sudah dikatakannya. Jadi kalau di kelas memang diberlakukan kick alias tendangan bagi yang tidak mengikuti aturan yang ada, yaa harus diterima dengan lapang dada.

Mental tidak seperti kerupuk yang mudah melempem perlu dimiliki. Kalau memang salah dan sudah tidak punya hujjah ya mohon maaf harus ikhlas untuk tak dapat kesempatan lagi.

4. Komunikasikan dengan Pasangan

Jika Anda berstatus sebagai istri atau suami saat mengikuti Kelas Growth Blogger ini, jangan lupa komunikasikan dengan pasangan. Ya, sampaikan dengan baik kalau waktu akan lebih banyak di depan leppy (baca: laptop) dan smartphone untuk menyimak dan mengamati perkembangan. 

Di awal saya nyaris gagal karena salah copy paste link ke drive sehingga di-mention oleh coach jelang materi kedua. Untung saja masih ada waktu sebelum jam 8 malam sehingga masih bisa mengajukan “pembelaan” alias perubahan. 

rahasia DA naik 30++ yang perlu diketahui semua blogger

5. Bersungguh-sungguh

Ini penting supaya tidak selalu ingat kalau Kelas Growth Blogger ini sebagai kelas gratisan. Soalnya, terlihat gratisan tetapi aturannya jempolan. Kalau tidak ada azzam yang kuat, mungkin saya sudah masuk di barisan ter-kick yang seumur hidup tidak akan terlupakan. 

Namun, karena izin suami dan juga pengertiannya, saya terus bergerak maju dan mencari tahu apa yang harus saya benahi di dalam blog saya. Meskipun suami selalu bilang: “Sudah lama ngeblog kok masih kayak orang baru to, Nda?” Atau kadang kalimatnya seperti ini: “Wes ket biyen tak kandani kok ga direken? Saiki lagek mumet ngene to, Nda?” 

Haha… senyumin aja daripada baper lalu tugas tidak selesai. Setidaknya memang yang dikatakan suami itu benar sekali. Tadinya saya hanya sebatas mengoptimalkan On Page, Off Page tanpa lebih dalam memahami coding atau hal detail lainnya di blog ini. 

Namun saya percaya tidak ada kata terlambat. Sekarang waktunya mempertahankan DA naik 32 ini agar tidak terjun bebas lagi lalu akhirnya sambat. Banyak PR yang harus dibenahi, diantaranya artikel yang:

  • No Meta Description
  • Title Too Long
  • No Alt Image

Dan masih banyak lagi. Semuanya bisa saya cek di tools Moz setiap hari. Setidaknya sekarang melakukan update artikel lama yang kalimatnya lebay, alay bahkan sekadarnya saja menjadi aktivitas seru saat ini.

6. Ikut Kelas SEO On Page Premium

Tak disangka mengikuti kelas ini diberikan kesempatan untuk duduk belajar di Kelas Growth Blogger Batch #1. Tadinya dinobatkan sebagai Ketua Tim, namun seiring berjalannya waktu, Ketua Tim dihapuskan dan semuanya kembali beradu. 

Ya, beradu nasib dengan kedudukan yang sama. Nah, kesempatan ini yang tidak boleh saya sia-siakan pastinya. Meskipun sudah diberi seat karena jalur istimewa ini, tetap saja no leha-leha.

*** 

Well, mau naik DA juga? Yuk, buruan coba rahasia DA Naik 30++ dengan menantang diri lebih keras lagi. Karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Setuju?! 

One Response

  1. fanny_dcatqueen October 19, 2020

Leave a Reply

Instagram