Blogging

Belajar Blogging di Kelas Growthing itu Penting

Belajar Blogging di Kelas Growthing punya banyak manfaat yang mungkin sudah banyak diketahui. Karena kalau dilihat dari luar memang seperti kelas blogging yang intinya sebenarnya kembali pada diri sendiri. Hanya saja, tidak mudah masuk ke kelas ini.

Wajar sekali sih kalau syarat untuk belajar blogging di Kelaws Growthing terbilang ketat. Sebab memang tidak sembarang orang yang mampu melewati tempaan yang diberikan apalagi jika hanya sekadar melepas penat.

Ya, sejauh apapun ilmu yang dimiliki kalau tidak diterapkan juga percuma. Namun, duduk diam dan tak bergerak dan mengandalkan ilmu yang selama ini diketahui pun seolah pasrah begitu saja. Padahal kondisi dunia blogging saat ini selalu dinamis adanya.

Untuk itu, terus belajar, mengosongkan gelas dan tidak mengenal kata lelah upgrade diri, rasanya bukan lagi sekadar kata-kata motivasi, melainkan harus direalisasi dengan doing. Nah, saya beruntung bisa masuk menimba ilmu blogging kembali di Kelas Growthing. Kelas yang memang diajari bagaimana mengoptimalkan konten yang sudah bersusah-payah kita tulis, karena kita tahu bahwa content is the king

upgrade ilmu dunia blogging itu penting dan kelas growthing jadi pilihan untuk melakukannya

Manfaat Ikut Kelas Growthing

Selama mengikuti Kelas Growthing, ada 5 Manfaat yang bisa saya rasakan, diantaranya:

1. Semakin Giat Research Keyword

Kalau menulis asal menulis itu memang kembali pada diri masing-masing blogger ya. Tetapi sejauh ini kalau tulisan hanya dibaca oleh itu-itu saja, rasanya peluh yang dikeluarkan itu sia-sia.

Nah, dengan melakukan research keyword dengan baik, konten artikel menjadi sesuatu yang mudah ditemukan oleh search engine meskipun di satu sisi kita mempersembahkan tulisan tersebut untuk dibaca manusia.

2. Manajemen Waktu

Karena Kelas Growthing punya banyak materi dan tugas, maka manajemen waktu saya harus benar-benar baik. Tidak boleh menunda waktu apalagi mendahulukan yang bukan prioritas.

3. Berani Menentukan Pilihan Terbaik untuk Blog Sendiri

Pada awalnya saya takut mengubah ini itu di kode script php karena tidak paham soal coding. Akhirnya saya memilih untuk mengubah beberapa hal terkait permalink yang ada kaitannya dengan keyword dan membaca chat teman-teman yang sharing. 

4. Sabar dalam Merawat Blog

Ini penting karena siapa lagi yang kemudian merawat blog selain kita sendiri sebagai pemiliknya. Kelas Growthing membuat saya paham harus selalu update, memperhatikan parameter SEO On Page bahkan tidak tergiur dengan mudah pada template menarik tetapi menjatuhkan performa.

5. Dapat Teman Blogger yang Baik dan Powerful

Bonus ini kemudian semakin membuat saya akrab dengan Mba Marita dan Mba Muna. Dua perempuan hebat yang selalu semangat berjuang agar tidak tereliminasi di tiap pekannya.

Ketika saya tanya Duo M di atas kebiasaan di Kelas Growthing yang tadinya tidak pernah dilakukan, jawaban mereka seperti ini:

muna teman kelas growthing

Jawaban Muna:

  • memandangi kode html sampek bermalam2
    Sumpah. Biasanya paling anti. Karena salah tanda petik satu aja udah bisa bikin eror. Eh ini malah suruh ngoprek html
  • tanam2 link.
  • memperhatikan panjang URL & title
  • merhatiin headings
  • nulis artikel jadi penuh tekanan, biasanya enjoy nulis lepas, sekarang kayak hidup mati dipertaruhkan.”

marita teman kelas growthing

Jawaban Marita:

  • Bangun link building. Aku selama ini belum tahu how to build link, dan senang sekali di sini diajarin.
  • Menulis pakai riset keyword. Selama ini aku nulis mah nulis aja, hehe. Apalagi sebagai content writer biasanya keyword sudah disediakan sama klien, wkwk.
  • Menulis dengan super teliti. Nggak cuma teknis nulis sesuai EBI, tapi ngecek judul blog kepanjangan nggak ya, url artikelnya kepanjangan nggak ya, keyword udah pas belum, wkwk.
  • Lebih sering ngapelin GA dan GSC, karena udah tahu fungsinya dengan lebih baik.

Setelah jalan-jalan ke blog Duo M, ternyata ada beberapa kesamaan kami bertiga, yaitu sama-sama mengulas parenting di blog. Ya, kami adalah perempuan-perempuan bersuami dan beranak yang memaksimalkan hidup sebagai IRT dengan tetap produktif di rumah.

Gaya menulis masing-masing juga punya ciri khas tersendiri. Meskipun dari segi nuansa blog, saya sendiri yang berbeda. Mau tahu seperti apa rumah maya mereka, coba saja jalan ke blog masing-masing.

Persiapkan Diri Ikut Kelas Growthing

Menurut informasi bahwa akan ada Kelas Coaching SEO yang segera dibuka. Tertulis ada angka nominal yang harus dibayarkan, bukan? Percayalah harga tersebut masih sangat murah dibandingkan di luar sana.

Pastikan satu ini, komitmen dan konsisten dalam mengikuti setiap materinya untuk hasil optimal. Soal bonusnya ada atau tidak, itu urusan belakang.

Informasi selanjutnya, baca dengan saksama informasi berikut:

belajar SEO secara terstruktur dan detail di Kelas Growth Blogger berbayar bisa membantu blog lebih optimal

***

Well, menuliskan ini setidaknya saya sudah punya rekam jejak bahwa dalam hidup diisi dengan terus belajar. Tidak puas dengan ilmu yang sudah diperoleh bahkan dari cowok yang nyaris jadi pacar.

Karena Rasulullah saja sebelum beliau diangkat menjadi Rasul, perintah paling utamanya adalah Iqra’. Dan ketika mengartikannya dengan “bacalah” maka sungguh luas makna ini yang perlu kita gali sebagai hamba.

Happy Blogging

NB: Jawaban yang saya kutip dalam tulisan ini mengenai blogger di atas itu asli saya copy paste dari hasil wawancara via WhatsApp. Jadi, tidak yang saya tambah atau kurangi.

24 Comments

  1. Adi September 17, 2020
  2. Apin September 17, 2020
  3. Abu Alfatih September 17, 2020
  4. Triana Dewi September 17, 2020
  5. Zulfiah ulfa September 17, 2020
  6. Siti Hairul September 17, 2020
  7. Hanifah Nila September 17, 2020
  8. Emiria letfiani September 17, 2020
  9. Exmi Gustriana Sari September 17, 2020
  10. Silviana September 17, 2020
  11. Zarra September 17, 2020
  12. Irfan maulana ago September 17, 2020
  13. lendyagasshi September 17, 2020
    • Rahmah September 17, 2020
  14. Dwi Permitasari September 17, 2020
  15. adeuny September 17, 2020
  16. Opan September 17, 2020
  17. Nurhilmiyah September 17, 2020
  18. Susindra September 17, 2020
  19. Lidya September 17, 2020
  20. Astin September 18, 2020
  21. artha September 18, 2020
  22. Ika Maya Susanti September 19, 2020
  23. Septi September 22, 2020

Leave a Reply

Instagram