Blogging

Irwin Andriyanto: SEO On Page dan Performa Blog

Bicara soal blog, pastinya tidak jauh-jauh dari yang namanya optimasi SEO jika benar-benar ingin performa blog jadi lebih baik, tak hanya di mata pembaca tetapi juga di mesin pencari. Seperti yang selalu disampaikan oleh Irwin Andriyanto bahwa blogger harus tahu daleman blognya supaya kelak tidak gigit jari. 

Bermula dari Jakarta

Nama Irwin Andriyanto mencuat di kalangan blogger karena kemampuannya sebagai SEO Specialist dalam kondisi usia yang masih sangat muda. Ya, kalau dibandingkan dengan usia saya, jelas jauh perbedaannya. Namun, yang namanya ilmu yang bisa diambil dari orang sepertinya, usia bukan jadi penghalang apalagi kalau rasa penasaran membuat sakit kepala. 

Saat itu diberikan kesempatan berada dalam satu ruang belajar dengan Irwin Andriyanto pada sebuah event Bank Indonesia. Kenangan bisa ke Jakarta sambi bawa bayi adalah pengalaman luar biasa. Dan sosok laki-laki yang saat ini punya personal branding baru dengan “Tendangan Madun”, semakin membuat saya ingin belajar banyak SEO sesuai dengan gayanya. 

Namun, di Jakarta kami tak bisa bicara lebih banyak juga. Bahkan beliau sempat jatuh sakit sehingga pertemuan di Jakarta hanya berlangsung di ruang acara. Sesekali saat kelas kosong, saya hanya melihatnya dari jauh sedang berinteraksi dengan peserta event lainnya.

irwin andriyanto bantu naikkan da dengan syarat dan ketentuan berlaku

Dari Kelas Berbayar Hingga Uji Coba 

Bukan saya kalau tidak penasaran. Maka dari itu saya mencoba untuk mencari tahu dimana bisa menggali ilmu Irwin Andriyanto yang membuat orang kewalahan. Bertemu di kelas berbayar, ternyata membuat saya terlena dengan tugas yang belum terselesaikan. Borok blog, begitu kami menyebutnya, belum sempat semuanya dikerjakan, tetapi tidak jera untuk menambah tambahan pekerjaan. 

Satu yang mengusik saya saat itu adalah kalimat: Naik DA dalam Waktu 30 Hari.

Akhirnya saya tersugesti dengan kalimat yang pada intinya adalah mengajak blogger untuk menelisik kembali performa blog selama ini yang boleh jadi jarang diamati. Hanya sekadar post tanpa riset kata kunci. Mungkin juga nulis, klik publish lalu dibayar, selesai. 

Dan di Kelas Growthing saya kembali membuka diri bahwa memang selama ini kurang mencintai blog karena hanya mengisinya dengan konten tanpa meletakkan sebagaimana mestinya. Njlimet? Masuk saja di kelas Irwin Andriyanto tersebut, nanti juga akan paham maksudnya. 

Ilmui SEO On Page dengan Benar

Sependek pengetahuan saya, konten blog yang SEO On Page bagus itu hanya persoalan riset kunci dan peletakan H1, H2 yang tepat, selesai. Ternyata tak semudah itu, kawan! Namun, tidak perlu takut duluan karena akan menyenangkan jika mulai menata hati untuk memperbaiki blog sendiri.

Pengaruh template juga sangat berpengaruh. That’s why ada yang sering gonta-ganti template karena susunan Heading salah posisi. Bahkan ada yang harus copot header karena menambah warning dari deretan daleman blog yang harus dibenahi. Dan masih banyak lagi. 

Performa Blog dan SEO

Seperti halnya saat membahas SEO Off Page ala Om Pewe, maka langkah awal yang harus dipahami dulu adalah SEO On Page. Keduanya sama-sama saling berhubungan dalam menaikkan performa blog. 

irwin andriyanto dan tendangan madun yang menyesakkan dada

*** 

Well, belajar SEO On Page dengan ayah dari Neng Sarah (baca: Irwin Andriyanto) membuat saya paham bahwa setiap orang boleh punya performa blog bagus. Namun, sejauh mana itu bertahan? Semua butuh diilmui dengan SEO yang benar. 

Well, 

Leave a Reply

Instagram