Blogging

Punto Wicaksono: SEO Off Page Setiap Hari

Kalau bicara soal blog, apalagi kalau blogger yang sedang berupaya menaikkan performa blog dengan jalan Search Engine Optimization alias SEO, tentunya tidak akan asing dan terus belajar SEO Off Page. Bahkan berkaitan juga dengan satu nama, Punto Wicaksono.

Sekarang sudah banyak bermunculan blogger dengan ciri khas tertentu karena membangung personal branding seperti itu. Hingga wajar kemudian saya mengenal Punto Wicaksono yang selalu saya sapa dengan sebutan Om Pewe ini sebagai tempat belajar SEO Off Page dengan backlink bermutu.

Belajar SEO Off Page Setiap Hari 

“Opo yo nggak mblenger sinau SEO terus, Ma?” 

Seorang teman bertanya demikian meskipun tersirat karena percakapan yang tidak mungkin disengaja untuk membuat tidak nyaman. Karena menjaga keharmonisan sebuah pertemanan itu susah jadi saya lebih senang untuk selalu main aman.

Nah, bicara soal belajar SEO Off Page sebenarnya boleh dibilang sudah sangat familiar di kalangan blogger. Sebab, hampir tiap hari pasti dilakukan apalagi saat publish tulisan yang masih seger.

Kalau Om Punto Wicaksono bilang: “Blogger sudah sering melakukan SEO Off Page ini tetapi sepertinya belum paham kalau namanya SEO Off Page.” 

Ya, memang untuk sebagian blogger setelah publish tulisan, pasti akan share di media sosial yang dimiliki untuk semakin banyak menarik pembaca. Tetapi, share di media sosial pun tidak cukup sampai di situ saja.

punto wicaksono

Siapa sih Om PeWe?

Semua pasti sudah sering dengar nama beliau disebut di kalangan blogger, baik senior atau pemula. Apalagi di salah satu grup yang mewadahi blogger untuk saling bertukar pikiran, Punto Wicaksono selalu share kemajuan angka dari setiap blog yang dikelola. Dan angka itu tidak lain menunjukkan performa blog yang sedikit banyaknya menjadi kriteria untuk mendapatkan job dari segala arah datangnya. 

Ssst, kalau kalian sudah baca tulisan saya tentang perempuan inspiratif dalam hal kepenulisan dan blogging, maka beliau ini adalah suaminya. Ya, Punto Wicaksono, tidak lain dan tidak bukan adalah suami dari kak Monica, penulis dan blogger yang saat ini mengelola BRTnetwork

Mereka berdua selalu kompak ketika melakukan pekerjaannya sebagai perpanjangan tangan brand yang mencari blogger untuk diajak kerja sama. Dan Punto Wicaksono yang awalnya saya kira memanjakan istri dengan mengelola blog milik istrinya juga, ternyata tidak seperti itu. Sang istri diminta mandiri setelah diberi petunjuk. 

Hmm, jadi ingat sama cowok dewasa yang selalu tidur di samping saya. Istrinya pun diminta mandiri sebisa mungkin dan jikasuatu saat ada masalah, baru minta pertolongannya. 

Tips SEO Off Page ala Punto Wicaksono

Saya masih ingat ketika memperlihatkan jumlah backlink untuk blog chemistrahmah tetapi nilai DR dan DA tidak ikut mengalami peningkatan. Menurut beliau, backlink itu juga perlu yang berkualitas sehingga performa blog ada kenaikan. 

punto wicaksono blogger seo off page

Percuma backlink banyak tetapi “kurus-kurus”, sebaiknya yang kondisinya “lebih gemuk.” Karena secara logika, yang gemuk memiliki kekuatan menopang dibanding yang kurus. Apalagi kalau yang gemuk berada dalam jumlah yang banyak. Pasti akan lebih oke lagi. 

Selain itu, harus terus memperhatikan apa yang disarankan oleh beberapa tools mengenai performa blog, mulai dari kesehatannya hingga hal sederhana seperti broken link. Jangan sampai masih banyak broken link yang bertengger di blog karena itu sedikit-banyaknnya menurunkan kualitas blog kita sendiri. 

*** 

Well, belajar SEO Off Page tiap hari dengan Punto Wicaksono? Bisa! Bergabung ke BRTnetwork dengan niat untuk terus upgrade pengetahuan seputar blog. Karena percuma juga kalau Om Pewe koar-koar tetapi tidak diaplikasikan, blog bakalan segitu-gitu aja. 

Leave a Reply

Instagram