Blogging

Tips Mengembangkan Usaha Kuliner dengan Daftar GoFood

Tips Mengembangkan Usaha Kuliner dengan Daftar GoFood menjadi tantangan tersendiri untuk bisnis saya. Jujur saja, menulis artikel ini benar-benar membuat saya bersemangat dan bahagia. Soalnya, saya sedang merintis usaha kuliner dari 0 sebagai reseller pemula. Ya, usaha kuliner yang saya mulai hanya dengan keahlian fotografi, edit desain promosi dan pastinya kuota internet untuk mempromosikannya.

Sebelumnya, saya sudah menjalankan bisnis berjualan produk fashion sejak 2012 saat pertama kali menginjakkan kaki di Surabaya. Dipersunting laki-laki yang bekerja di kota Pahlawan ini membuat saya pun harus ikut membantu usahanya. Meskipun sekarang belum mencapai target sukses yang diharapkan, setidaknya kami masih bisa bertahan bersama dua orang anak yang menjadi amanahNya.

Alasan Mengembangkan Usaha dengan Berjualan Frozen Food di Surabaya

Waktu itu saya tidak sengaja melihat status milik teman yang tadinya berada di komunitas parenting di Surabaya. Statusnya membuka lowongan sebagai reseller produk yang dibuatnya. Karena sebelumnya saya sudah paham dengan cita rasa kue hasil buatan tangannya, saya tidak berpikir dua kali dan langsung mengatak “ya”.

Padahal, harusnya sebagai pelaku bisnis, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan bisnis apalagi di kota besar seperti Surabaya. Sebab, pertimbangan untuk melakukan bisnis dalam hal makanan, itu lebih kompleks dibandingkan dengan fashion, kata suami saya. Namun, ada satu kalimat yang membuat saya mantap untuk melangkah berjualan frozen food adalah kondisi pandemi membuat semua orang butuh sesuatu yang praktis untuk keluarganya.

daftar gofood untuk mengembangkan bisnis yang bisa dilakukan dengan online

Tips Mengembangkan Usaha Kuliner dengan Daftar GoFood

Namun, sebagai pelaku bisnis yang baik, tetap harus memperhatikan beberapa tips mengembangkan usaha kuliner, khususnya frozen food, yaitu:

Bahan yang Digunakan

Meskipun yang dijual adalah produk jadi dari owner, reseller juga harus mempelajari juga produknya. Setidaknya paham bahan yang digunakan oleh owner dari frozen food tersebut. 

Hal ini untuk memastikan saat dikembangkan menjadi usaha kuliner dengan cara daftar gofood, produk tetap laku di pasaran dan customer merasa tetap aman saat menerimanya. Soalnya, proses penghantaran dari rumah reseller ke rumah customer, butuh diperhatikan juga jaraknya. Jangan sampai terlalu lama di jalan membuat produk malah jadi rusak semuanya.

Apalagi kalau punya customer dengan tingkat insekuritas tinggi, pastikan sebagai reseller harus memilih proses pengiriman terbaik juga. Karena sangat disayangkan sudah ikuti prosedur, meskipun daftar gofood online dimana tidak harus keluar rumah, tetapi produk terkendala dalam proses pengirimannya dalam hal kondisi produknya.

Mental Pantang Menyerah

Kalau menjual produk lalu baperan, sepertinya tips mengembangkan usaha kuliner satu ini harus dipegang dengan baik. Soalnya, ketika terjadi penolakan dengan alasan berbagai macam, pastikan tidak baper hingga kemudian menyerah dan tidak mau menjual lagi dengan alasan-alasan klasik.

Ingat, menjalankan usaha jual-beli tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi ada sisi edukasi yang dititipkan pada setiap produk yang dijual. Apalagi sudah punya kelebihan usaha karena customer bisa pakai aplikasi pesan antar makanan, kita pun bisa hanya diam di rumah, menunggu kurir tanpa harus keluar rumah, hanya sedikit modal.

Pastikan Kehalalan Produk

Tips mengembangkan usaha dengan daftar gofood satu ini sebenarnya hal utama. Karena mengambil jasa food delivery, pastikan semua prosesnya juga halal semua. Bahkan sebagai reseller pun harus memastikan kalau produk yang dijual demikian halal adanya. 

Jangan sampai memikul dosa jariyah bersama karena ada proses yang tidak halal di dalamnya. Untuk itu kembali juga memperhatikan dengan seksama tips pada poin sebelumnya

cara daftar gofood online yang bisa dilakukan di mana saja

Strategi Pemasaran yang Terstruktur

Karena saat ini yang bergabung sebagai reseller sudah semakin banyak, maka saya harus punya strategi pemasaran yang terstruktur. Sebab, setiap reseller pasti punya lingkaran pertemanan  dan target market yang berbeda-beda, sehingga harus mampu memanfaatkannya asalkan tetap berperilaku jujur.

Tidak Berhenti Belajar Soal Bisnis, Khususnya Bisnis Kuliner dengan Jasa Pesan Antar Makanan

Belajar di sini maksudnya adalah mencari ilmu tambahan sebagai salah satu tips mengembangkan usaha. Apalagi kuliner frozen food adalah jenis usaha yang banyak dijalankan orang di luar sana. Untuk itu, perlu menambah pemahaman ilmu yang terkait tips mengembangkan usaha kuliner dengan daftar GoFood.

Daftar GoFood agar Produk Lebih Mudah Dijangkau

Cita-cita punya usaha kuliner ini bisa saya daftarkan di GoFood, bisa dimulai saat ini. Meskipun masih dalam tahap perkenalan agar lebih dikenal tak hanya dari lingkungan sendiri. 

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah cara daftar GoFood online itu seperti apa dan bagaimana yang harus diketahui sebelumnya. Pastinya harus tahu dulu persyaratan daftar GoFood dan berapa lama proses pendaftaran GoFood-nya. Kalau teman saya sebelum daftar GoFood di tahun 2020 ini, dia harus tahu dulu biaya daftar GoFood sehingga bisa memaksimalkan jumlah produk yang harus dijual habis supaya modal untuk daftar tidak mengeluarkan modal baru, tetapi dari keuntungan penjualan produknya.

Mengapa Harus Daftar GoFood?

Ini jadi salah satu pertanyaan suami saya ketika diskusi soal upgrading strategi pemasaran produk frozen food Virto. Maka saya pun menjawab manfaat daftar GoFood antara lain:

cara daftar gofood online

  • Bisnis GoFood sudah menjangkau area yang lebih luas. Nah, ketika menjalankan bisnis dengan cara daftar GoFood pastinya akan menjangkau banyak pelanggan di seluruh area Surabaya. Kalau perlu antar kota selain Sidoarjo dan Surabaya (domisili saya saat ini di Surabaya).
  • Transaksi pembelian aman karena cashless. Diatur dengan baik oleh sistem GoFood sendiri.
  • Waktu operasional sangat fleksibel. Mau buka 24 jam, selalu saja ada kurir yang siap untuk melakukan tugasnya dengan baik. Hal ini juga pernah disampaikan teman ketika saya tanya soal daftar GoFood
  • Harga jual bisa dinaikkan 20% lebih tinggi untuk bagi hasil dengan GoFood. Tidak perlu ragu karena produk frozen food Virto yang saya jual pun sangat layak dengan harga tinggi akibat bahan premium yang digunakan dan rasa yang tidak bisa dianggap remeh.
  • Ada layanan pengaturan produk yang dijual dengan free biaya. Jadi, tidak perlu ada tambahan biaya setting seperti halnya jika memiliki website pribadi.

Cara Daftar GoFood Online

Nah, dari manfaat daftar GoFood di atas, pasti ada yang bertanya-tanya soal step atau langkahnya. Sama, saya juga demikian kala itu. Dalam artikel tips usaha kuliner frozen food kali ini, saya akan memberikan informasi cara daftar GoFood dengan online agar bisa dijadikan referensi:

  • Pastinya harus Download aplikasi GoBiz lalu pilih daftar GoFood dengan alur sebagai berikut:

Klik buka restoran baru milik pribadi –> pilih kota tempat Anda membuka restoran tersebut –> masukkan nama pemilik usaha di kolom pengguna email dan nomor ponsel yang masih aktif –> klik buat akun.

Catatan: Kode konfirmasi akun akan dikirim ke nomor ponsel yang telah didaftarkan saat melakukan langkah awal di atas

  • Setelah mendapatkan kode konfirmasi, masukan nama restoran –> pilih informasi restoran dengan mengatur titik lokasi restoran secara akurat
  • Jangan lupa menggunakan bantuan google maps untuk mencari titik lokasi yang paling mendekati.
  • Lanjut dengan memasukkan identitas pemilik –> masukkan nomor telepon pemilik usaha –> klik upload dan foto KTP (pastikan ini sudah disiapkan sejak awal)
  • Masukkan nomor KTP di kolom yang sudah disediakan –> centang di kolom NPWP –> klik upload foto kartu NPWP –> Masukkan nomor dan nama yang ada pada NPWP –> klik simpan
  • Langkah selanjutnya adalah pilih informasi rekening bank –> klik panah di kolom nama bank dan pilihlah bank yang digunakan –> masukkan nomor rekening juga nama pemilik rekening –> klik verifikasi jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran.
  • Lalu, masukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank –> klik centang dan upload surat kuasa –> klik simpan. 
  • Langkah terakhir, masukkan info tarif pajak PB1, tarif pelayanan dengan maksimal 10% –> klik simpan.

Catatan: Jika semua data sudah lengkap, lakukan klik lanjut –> klik kirim data usaha. Nah, pendaftaran yang dilakukan sudah selesai dan sekarang hanya perlu menunggu data diproses oleh pihak GOJEK.

Well, cara daftar GoFood online di atas bisa diikuti selama tidak ada perubahan signifikan dari pihak GOJEK. Dan pastinya untuk tips mengembangkan usaha kuliner frozen food akan sangat membutuhkan banyak dukungan dari orang-orang terdekat. Jangan lupa untuk evaluasi bisnis yang harus rutin dilakukan, khususnya setelah daftar GoFood. Hal ini sebagai bagian untuk memutuskan bisnis kuliner frozen food bisa berjalan terus atau tidak.

48 Comments

  1. Tatit Juni 16, 2020
  2. Jarwadi MJ Juni 19, 2020
  3. NurulRahma Juni 22, 2020
    • Dedew Juni 24, 2020
  4. Erin Juni 22, 2020
  5. Uniek Kaswarganti Juni 22, 2020
  6. Lina Sophy Juni 22, 2020
    • Gina Juni 23, 2020
  7. Nurul Sufitri Juni 22, 2020
  8. Reyne Raea Juni 22, 2020
  9. Jiah Al Jafara Juni 23, 2020
  10. Uniek Kaswarganti Juni 23, 2020
  11. Eryvia Maronie Juni 23, 2020
  12. winda - dajourneys.com Juni 23, 2020
  13. Mechta Juni 23, 2020
  14. Ade UFi Juni 23, 2020
  15. Juliastri Sn Juni 23, 2020
  16. Idah Ceris Juni 23, 2020
  17. iidYanie Juni 24, 2020
  18. Sri Al Hidayati Juni 24, 2020
  19. lendyagasshi Juni 24, 2020
  20. Farida Pane Juni 24, 2020
  21. Rani Yulianty Juni 24, 2020
  22. Siti Hairul Juni 24, 2020
  23. Diyanika Juni 24, 2020
  24. Yuniari Nukti Juni 24, 2020
    • Idah Ceris Juni 24, 2020
  25. Dian Restu Agustina Juni 24, 2020
  26. Milda Ini Juni 24, 2020
  27. Inda Chakim Juni 24, 2020
  28. Dawiah Juni 24, 2020
  29. Husnul Juni 24, 2020
  30. Herva yulyanti Juni 24, 2020
  31. Rizka Edmanda Juni 24, 2020
  32. Diah Kusumastuti Juni 24, 2020
  33. HM Zwan Juni 24, 2020
  34. Sapti nurul hidayati Juni 24, 2020
  35. Dawiah Juni 24, 2020
  36. Nathalia DP Juni 24, 2020
  37. Puspita Juni 24, 2020
  38. RACHMANITA Juni 24, 2020
  39. Aswinda Utari Juni 24, 2020
  40. indah nuria Juni 24, 2020
  41. Bundabiya.com Juni 26, 2020
  42. Ikrom Juni 27, 2020
  43. Hanifah Nila Juli 4, 2020

Leave a Reply

Instagram