Surabaya

Mall Favorit Surabaya Tak Sekadar Belanja

Mall Surabaya sebagai pusat perbelanjaan di Surabaya memang tidak hanya satu. Saya yang mulai pindah domisili ke Surabaya sejak 2013, sempat merasakan kaget karena ternyata ada banyak mall yang perlu saya tahu. Mengapa? Karena pekerjaan sebagai blogger harus mencari tahu agar tidak dikenal sebagai blogger cupu, haha.

Yuk, kita jalan-jalan virtual sejenak melalui tulisan saya ini! Tujuannya adalah mall favorit di Surabaya sejak dahulu hingga kini. Nostalgia tipis-tipis juga bisa nih karena pandemi seperti ini masih menahan diri untuk have fun di mall demi keselamatan bersama.

Mall Favorit Surabaya Dari Dulu hingga Kini

Kalau ditanya mana yang menjadi mall favorit, sepertinya memang sulit saya jawab dengan satu nama. Soalnya semua memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing. Namun di antara semuanya yang punya kesan tersendiri hingga menjadi mall suka dikunjungi meskipun sendirian ada 5 dari 15 mall yang ada di Surabaya, yaitu:

1. Tunjungan Plaza

Pertama kali ke Tunjungan Plaza itu kalau tidak salah ingat karena ada event blogger. Mall ini sangat besar karena ada Tunjungan Plaza (kemudian disebut TP) 1 hingga 6. Tersesat di sini pun pernah tetapi tidak membuat jera bahkan selalu kembali dengan berbagai event blogger dan tentunya ketika ada informasi seru lainnya.

mall favorit surabaya tunjungan plaza

Source: Safiratransport

2. BG Junction

Ini mall Surabaya yang dekat dari rumah. Bisa naik becak saking dekatnya. Bersebelahan dengan pasar tradisional Blauran tidak membuat kapok berkunjung di mall dengan nama lantai yang membingungkan bagi saya pribadi. Ya, nama lantai tidak dengan angka tetapi huruf. Bahkan saya pernah hanya berputar-putar pada dua lantai yang sama karena bingung letak store yang akan saya kunjungi.

Eits, dan Mbak Rey (sapaan akrab Reyne Raea) pun senang kesini ternyata karena termasuk mall untuk kalangan menengah ke bawah alias tidak membuat rekening jebol karena sering digesek, haha. Sepakat banget. 

3. Pakuwon Mall

Berada di Pakuwon sebagai salah satu mall terbesar di Surabaya ini memang nyaris sama membingungkan ketika di TP. Namun, yang selalu jadi favorit di sini adalah food court yang memanjakan lidah. Memang beberapa ada yang membuka cabang di mall lain, tetapi tetap saja ambience di Pakuwon lebih nyaman saja bagi saya.

Ssst… di mall Surabaya Timur inilah saya sempat memenangkan dua bantal dengan harga fantastis lo, haha.

4. Surabaya Town Square

Nah, mall yang juga tidak jauh dari rumah saya ini menjadi tempat kencan saya dengan suami sebelum anak-anak lahir dan memberikan rem kontrol untuk sering keluar rumah. Ya, Surabaya Town Square atau sering disebut dengan SUTOS memiliki bioskop yang membuat kami selalu menghabiskan weekend dengan menonton film-film terbaru dengan 0 rupiah.

Waktu itu ada promo poin Telkomsel yang ditukar dengan tiket nonton dan senangnya selalu mendapatkan kesempatan itu berturut-turut hingga masa promo habis. Lumayan kami bisa kencan meskipun di dalam bioskop sama-sama serius dengan cerita film, haha. Ya memang harus seperti itu ‘kan? Memang mau ngapain selain nonton? Haha…

5. Grand City

mall favorit surabaya grand city surabaya

Source: Yukpigi

Mall ini saya masukkan ke dalam mall favorit juga meskipun intensitas mengunjunginya tidak sebanyak 4 mall di atas. Alasan paling utamanya adalah karena di mall ini saya pertama kali sharing soal blog di depan umum. Waktu itu diajak kerja sama dengan salah satu brand majalah ibu dan anak untuk berbagi soal pengalaman blogging. 

Saya semangat sekali meskipun sebagai pendatang memang adarasa sungkan karena di Surabaya toh banyak blogger keren yang juga memiliki banyak pengalaman menang lomba blog hingga bisa keluar negeri karena blog. Sejak saat itu, saya dan suami pun terus bersungguh-sungguh merawat blog dan akhirnya bisa seperti sekarang.

5 Alasan ke Mall Surabaya selain Belanja

Mall Favorit Surabaya Tak Sekadar Belanja

Di atas saya sudah menyebutkan mall favorit Surabaya bersi saya, maka berikut beberapa alasan ke mall yang tersebar merata di Surabaya dengan jumlah yang lebih banyak dibanding Makassar, kampung halaman yang selalu dirindukan di tengah pandemi.

1.  Cari Playgorund untuk Anak Bermain

Mall di Surabaya yang paling sering dituju untuk mencari playground ini adalah Tunjungan Plaza 1 di lantai dasar dan BG Junction di lantai paling atas. Dengan membayar tidak lebih dari IDR 50K, anak-anak sudah bisa main dengan puas. Bagaimana dengan saya? Ya, saya bisa makan dengan puas juga di samping playground, haha. Soalnya menerapkan mindful eating itu ternyata perlu untuk menciptakan kebahagiaan saya sebagai ibu dua anak aktif.

2.  Cari Tempat Makan

Kalau ini sih saya banget ke mall selalu paling utama direncanakan, “Mau makan apa dan di food court mana?” Makanya suami saya tuh sering mengijinkan me time ke mall ketika saya ajukan izin karena sudah paham bahwa pasti ada menu atau tempat makan yang akan dituju. Dan kalau pulang pasti bawa oleh-oleh berupa bungkusan makanan kalau bujetnya cukup, haha.

3. Ada Event Blogger

Ya, sebagai penulis blog yang sering bekerja sama dengan berbagai brand, tidak jarang diundang untuk ikut kegiatan di mall. Baik itu berupa launching sebuah produk atau sekadar talkshow yang menghadirkan public figure yang tentunya menarik pengunjung berdatangan. Paling senang diundang kalau ada wahana anak yang diperkenalkan karena selain bisa menyenangkan diri sendiri, pastinya juga memberikan pengalaman sosial dan hiburan buat anak.

4. Tempat Bertemu Teman Lama

Rumah saya memang tidak menjadi tempat pertemuan yang nyaman dengan teman lama. Soalnya di rumah terlalu penuh dengan peralatan cetak dan juga barang-barang pribadi yang tidak muat lagi ada di dalam kamar. Akhirnya ketika ada yang ingin bertemu, saya selalu menyarankan bertemu di mall, sekalian saya juga refreshing maksudnya.

Nah, teman-teman saya di bangku SMA ataupun kuliah pasti paham soal ini sehingga ketika mereka berkunjung ke Surabaya dan ingin bertemu, maka daftar mall di Surabaya akan saya keluarkan untuk dipilih berdasarkan jarak terdekat dari lokasi teman tersebut. Di sini pun membuat hati senang karena ada mall yang tadinya tidak pernah saya kunjungi akhirnya bisa juga karena ada janji dengan teman.

5. Nonton

Ya. Klasik dan ini menjadi alasan orang ke mall yang berada di urutan kedua setelah jawaban nongkrong. Setiap mall di Surabaya punya daya tarik untuk film-film terbaru, salah satunya harga tiket. Pilih mahal atau murah, maka pilih mall yang memberikan pelayanan tersebut.

***

Well, apapun mall favorit yang ada di Surabaya menurut teman-teman, pastikan tetap menjaga protokol kesehatan ketika terpaksa harus kesana. Dunia kita sudah tak lagi sama dengan dulu. So, keep your health and people around you! 

4 Comments

  1. Reyne Raea March 14, 2021
  2. Yuniari Nukti March 15, 2021
  3. duniamasak March 16, 2021
  4. Munasyaroh March 18, 2021

Leave a Reply