Blogging

Virtual Tour ke Seoul, Nikmati 8 Spot Menyenangkan

Sebenarnya saya sudah pernah mengikuti virtual tour sebelumnya meskipun dengan spot berbeda. Namun, tujuan wisata pada saat itu bukan negara Asia. Dan kebetulan sekali ada kesempatan untuk virtual tour ke Seoul dari ISB, maka saya sangat berminat apalagi dipandu oleh Wisata Kreatif Jakarta.

Definisi Virtual Tour 

Mungkin ada yang bertanya virtual tour itu seperti apa dan bagaimana? Hmm, virtual tour ini adalah sebuah pertemuan yang dilakukan secara online sebagai salah satu bentuk transformasi digital dalam industri wisata.

Dalam virtual tour ini, pihak penyelenggara akan menyediakan satu orang juru bicara sebagai pemandu wisata. Tidak hanya itu, pemandu wisata akan memberikan informasi detail seputar spot yang akan dikunjungi bersama lewat foto, video dan media 360 sebagai panduan perjalanan wisata.

virtual tour

8 Tempat Menarik di Seoul, Korea Selatan

Dalam virtual tour ke Seoul kali ini, ada 8 tempat menarik yang kami diajak untuk menikmatinya. Bahkan menjadi itinerary yang selalu jadi favorit wisatawan manca negara.

Yuk, kita mulai virtual tour ke Seoul bersama lewat postingan ini, sebagai oleh-oleh cerita setelah ikut wisata ini!

Istana Gyeongbok

Kalau suka lihat film drama Korea dengan setting kerajaan Joseon, pasti pemandangan istana Gyeongbok sudah tidak asing lagi. Istana ini sangat besar dan area wilayahnya yang luas sekali.

Bayangkan saja di istana ini ada 7.000 kamar dan bisa dibayangkan sekuat apa kaki akan menyusuri setiap ruangannya. Sebenarnya istana ini sempat dihancurkan pada Perang Dunia, namun pemerintah Korea Selatan kembali membangunnya. Dan sekarang wisatawan bisa menikmati keindahannya.

Raja Sejong

Nah dari istana ini pasti teman-teman pecinta apa saja berbau Korea pasti tahu dong tentang Raja Sejong. Raja yang bijaksana dan satu-satunya yang tetap menjalankan pemerintahan sementara dua kakaknya beralih pada pekerjaan di luar istana yang juga dikenal dengan nama Gyeongbokgung. 

Cheonggyecheon Stream

Kalau di Surabaya ada kali yang dipakai untuk objek wisata di tengah kota, maka Seoul juga punya. Bahkan lokasi ini pernah dijadikan inspirasi oleh pemimpin Jakarta dalam membangun Kota Tua yang juga sebagai sektor wisata.

Nama kali ini disebut juga Cheongye Stream. Keberadaan kali ini dijadikan tujuan wisata meskipun hanya sekadar tempat untuk cuci kaki. Namun, keindahan arsitekturnya bisa menjadi spot foto saat jalan-jalan ke Seoul pastinya. Apalagi kalau di malam hari, lampu-lampu yang indah akan menambah manisnya.

Desa Hanok

Sering juga terdengar disebut dengan Hanok Village. Tempat ini bagi saya sungguh eksotis karena bangunannya dipertahankan tidak mengikuti mordernitas perkembangan industri properti. Sejumlah rumah di kawasan ini menyewakan kamar-kamarnya untuk turis asing yang melancong ke Seoul.

Senangnya karena di sini kita bisa benar-benar menikmati suasana masyarakat Korea. Aktivitas masyarakatnya bisa kita lihat tanpa dibuat-buat. Bahkan bisa kita ambil pelajaran dari setiap pemandangan keseharian.

Harga per kamar pun terbilang murah, start from IDR 600K menurut kak Ira Lathief, selaku pemandu wisata dari Wisata Kreatif Jakarta.

Kawasan Jalan Gangnam

Kalau semua orang sering menyebutnya dengan Gangnam Street. Kawasan ini memang terdapat deretan toko-toko dengan produk branded dan pastinya mahal. Namun, tak akan mahal bagi yang punya uang banyak, haha.

Banyak manajemen artis dan aktor Korea yang tinggal di sini, salah satunya pasti tahu dengan SM Management. Itu lo yang membawahi K-Pop seperti BTS dan lainnya.

Gangnam akhirnya semakin terkenal karena lagunya booming banget yang Gangnam Style itu. Dan menurut informasi, nilai nominal kawasan ini tuh sama dengan kota Busan jika dijual keseluruhan wilayahnya. Wow banget!

Selain itu, ada satu makanan yang belum lama ini viral di Indonesia dan asalnya dari Gangnam area ini. Tahu dong pasti. Ya, Korean Garlic Bread. Dan saya beruntung sudah mencoba jajanan ini meskipun tidak langsung dari Korea melainkan buatan teman yang menurut saya enak karena full cream cheese and garlic.

Hmm, orang Korea ternyata suka sekali dengan bawang putih…

Myeongdong Street

Kalau keluar negeri dan pulang ke tanah air tanpa bawa oleh-oleh tuh rasanya kurang. Nah, di Seoul ada tempat belanja souvenir yang murah. Bahkan di sepanjang jalan Myeongdong pengunjung bisa dapat beberapa kosmetik sebagai perkenalan tanpa harus beli lo. 

Dongdaeumun

Kalau jalan-jalan ke tempat ini, turis khususnya yang datang dari Indonesia lebih banyak ke mall khususnya yang berada di lantai 5. Di lantai ini turis Indonesia paling bisa menghabiskan waktu paling lama 3 jam ketika ikut wisata bersama rombongan agen perjalanan.

Ditambah lagi karyawan dan owner dari toko sudah fasih berbahasa Indonesia. Jadi, memang wajar kalau dijadikan tempat shopping saat di Korea Selatan, khususnya kota Seoul.

Menara Namsan

Saya tuh kalau memang ada rezeki ke Korea Selatan secara nyata, saya ingin sekali naik ke Namsan Tower. Bisa lihat keindahan kota Seoul dari ketinggian itu sesuatu yang menantang buat saya yang takut ketinggian.

Di menara ini, ada sejumlah gembok cinta yang dipasang para wisatawan dan kuncinya dibuang di area ini. Namun, pemerintah Korea Selatan akhirnya tidak lagi mengizinkan karena menjadi masalah baru yaitu tumpukan sampah kunci.

Pulau Nami

Terkenal dengan sebutan Nami Island. Nah, di pulau ini sangat terkenal karena salah satu drama Korea yang berkisah cinta dua anak manusia yang mengahru-biru itu berlokasi di pulau ini.

Ya, betul! Winter Sonata yang salah satu pemera utamanya sayang sekali di kehidupan nyata harus mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Namun, kisah Winter Sonata tetap abadi bahkan saking disukainya saat itu, ada patung yang mengabadikan kisah cinta dalam Winter Sonata tersebut.

Kalau ingin ke Nami Island dan mengejar kondisi dimana tak banyak orang agar foto lebih cakep, bisa datang ke sana dengan naik kapal paling pertama.

Huhu, saya yang ikut virtual tour ini berasa seolah sudah di sana. Indah sekali apalagi saat empat musim berganti.

***

Well, itulah cerita saya virtual tour ke Seoul meskip pandemi. Untuk ikutan virtual tour lainnya bisa cek akun media sosial ersama Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta

Leave a Reply

Instagram