Kuliner

Tips Membuat Nasi Kebuli yang Praktis dan Enak

Siapa sih yang tidak suka dengan Nasi Kebuli? Bahkan belakangan ini banyak restoran yang menawarkan Nasi Kebuli sebagai menu spesial dan menarik perhatian. Apalagi bulan Ramadan kemarin, menu khas Arab satu ini paling dicari sebagai menu berbuka puasa yang menyenangkan. Alasannya karena bumbu Nasi Kebuli memang memiliki aroma yang kuat untuk dicicipi bersama keluarga kesayangan.

Perlu diingat bahwa Nasi Kebuli berbeda dengan Nasi Biryani. Perbedaannya terletak pada bumbu dan aroma yang dihasilkan. Nasi Kebuli sendiri sangat terasa aroma seperti kari dan kapulaga, sedangkan Nasi Biryani lebih kepada aroma kunyit.

Di Surabaya sendiri, beberapa hotel menjadikan menu masakan ala Timur Tengah sebagai menu utama bagi pengunjung yang sudah reservasi tempat berbuka. Beragam macam, mulai dari Nasi Kebuli, Chicken Shawarma dan masih banyak lagi yang bisa menjadi pilihan bersama keluarga. Ramadan tahun ini diundang  oleh sebuah hotel untuk berbuka puasa dengan menu khas Arab, salah satunya nasi Kebuli sebagai menu spesial untuk saya.

Namun, tidak sedikit yang akhirnya mencoba membuatnya di rumah karena berpikir untuk menghemat biaya pengeluaran. Lagipula kalau dibuat di rumah, bisa jadi media untuk ajak anak-anak mengenal jenis masakan. Ya, bisa jadi jalan untuk memperkuat bonding juga dengan anak perempuan.

Tips Membuat Nasi Kebuli

Lalu, jika ingin membuat Nasi Kebuli yang praktis dan enak, bisa nih ikuti dulu tips-nya sebelum saya share resep yang sudah terbukti dengan rasanya yang mantap.

bumbu nasi kebuli yang praktis dan enak disantap

1. Perhatikan Karakter Beras yang Digunakan

Hal ini penting karena membuat Nasi Kebuli artinya sebisa mungkin nasi tidak pulen. Takaran air harus tepat yang disesuaikan dengan jenis beras juga. Jangan sampai niatnya bikin Nasi Kebuli tetapi yang terjadi malah Nasi Kuning, hehe.

2. Beras Brasmati Direndam Dulu

Jika menggunakan beras khas satu ini, memang perlu direndam dulu. Namun, jika tidak mendapati beras ini dengan mudah, coba dengan beras biasa digunakan memasak. Ingat saja takaran airnya agar sesuai dengan tips nomor satu di atas. Lama perendaman sekitar 5-10 menit.

3. Bisa Tambahkan Susu atau Santan ke Dalam Air

Untuk mendapatkan rasa gurih yang lebih nikmat, bisa ditambahkan dengan susu atau santan pada air yang digunakan untuk membuat Nasi Kebuli ini. Takarannya juga sesuai dengan resep atau bisa dimodifikasi sesuai selera.

4. Gunakan Bumbu Nasi Kebuli Cairo Food

Nah, karena banyaknya bumbu dapur yang akan digunakan untuk memasak Nasi Kebuli, sudah ada bumbu Kebuli yang siap pakai sehingga praktis dan tidak memerlukan waktu lama. Dan memang yang namanya memasak perlu ada alokasi waktu khusus apalagi menu yang akan disajikan berbeda dari menu sehari-hari.

Bumbu ini terbuat dari 100% rempah alami. Jadi, bahannya asli dan bukan sejenis perisa. Aman dikonsumsi seluruh anggota keluarga dengan porsi yang wajar pastinya.

Mengapa Harus Bumbu Kebuli dari Cairo Food?

bumbu nasi kebuli cairo food

Saya sudah menduga pastinya akan banyak yang bertanya alasan menggunakan bumbu instan dari Cairo Food ini. Berikut beberapa alasan yang bisa dijadikan referensi:

  • Halal pastinya
  • Harganya terjangkau
  • Ada dua varian kemasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, 100gr dan 1 kg
  • Tanpa pengawet
  • Tanpa pewarna
  • Tidak menggunakan MSG
  • Tanpa garam
  • Tanpa gula
  • Anti kempal meskipun kemasan sudah terbuka
  • Bisa bertahan 18-24 bulan asalkan sesuai dengan petunjuk penyimpanan
  • Punya logo P – IRT No. 7.11.3173.03.0049-24 artinya terdaftar di BPOM
  • Dan yang pastinya dibuat di Indonesia

Beli Di mana?

Menurut informasi, mendapatkan Bumbu Kebuli dari Cairo Food bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia & Shopee atau di situs https://cairofood.id. Jika merasa kesulitan, bisa langsungWhatsApp ke 081218222610 saja untuk pemesanan.

Resep Nasi Kebuli

Berikut adalah resep yang saya adaptasi dari situs Cairo Food sendiri.

Bahan:

  • 1 kg daging Kambing
  • 1 liter beras Basmati atau Beras Pera IR 42
  • 250 gram bawang Bombay yang nantinya dipotong dadu kecil
  • 6 siung Bawang Putih yang juga dipotong kecil
  • 4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
  • 3 sdm Mentega
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Mengolah Bahan:

  1. Tumis bawang bombay di dalam panci dengan mentega hingga layu, lalu masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna.
  2. Masukkan bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food, tumis hingga aroma tercium kuat.
  3. Masukkan Air secukupnya sekitar 1.2 liter tergantung jenis beras yang digunakan.
    • Beras Pera IR 42 = air sebanyak 1.2 Liter.
    • Beras Basmati = air sebanyak 1.4 Liter air.
  4. Masukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk, kurang lebih 45 menit hingga 2 jam. Tergantung jenis kambing.
  5. Jika daging sudah empuk, cuci beras hingga bersih lalu masukkan ke dalam panci.
  6. Masak hingga matang.
  7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng atau tambahan lainnya sesuai selera dan pastinya yang mudah diperoleh.

Resep di atas bisa dimodifikasi sesuai selera setelah mencoba membuatnya. Pastinya ada yang ingin ditambah atau dikurangi disesuaikan dengan selera keluarga.

***

Well, sudah tidak sabar ingin mencoba bumbu Nasi Kebuli yang saya sebutkan di atas? Hmm, semoga bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri untuk keluarga dan juga diri sendiri karena memasak masakan ini.

18 Comments

  1. Nursini Rais May 23, 2021
  2. Nursini Rais May 23, 2021
  3. nurulrahma May 24, 2021
  4. Mugniar May 25, 2021
  5. Lia Yuliani May 26, 2021
  6. antung apriana May 26, 2021
  7. Okti Li May 26, 2021
  8. lendyagasshi May 28, 2021
  9. Rindang Yuliani May 28, 2021
  10. Dian May 28, 2021
  11. Hana Aina May 29, 2021
  12. Era Sapamama May 29, 2021
  13. Aisyah Dian May 29, 2021
  14. Alfa Kurnia May 29, 2021
  15. Mugniar May 30, 2021
  16. Enni Kurniasih June 5, 2021

Leave a Reply