Bisnis Blogging Event K-Link Indonesia

Tips Bisnis Online Syariah untuk Pemula

Tips Bisnis Online Syariah untuk Pemula – Menjalani kehidupan yang saat ini serba mudah, pastinya tidak boleh luput dari nilai agama. Meskipun banyak yang “alergi” dengan agama karena dikhawatirkan akan menyinggung SARA dan semacamnya, tetapi sebagai ummat manusia yang beragama, pedoman kehidupan sudah tertulis dengan rapi untuk diikuti.

Apalagi jika bicara soal perdagangan, baik itu skala besar maupun kecil. Tentunya masing-masing memiliki tingkat keteraturan yang jika dilanggar, tentu akan menimbulkan efek samping. Dan dalam dunia dagang atau bisnis, untung rugi terkadang menjadi pemicu untuk rentan terhadap adanya gesekan.

Saat ini pun banyak sekali praktek bisnis bermunculan, diantaranya bisnis online. Nah, bicara soal bisnis online pun sangat menarik karena ternyata belum semua masyarakat Indonesia memahaminya dengan baik. Sekalipun berlatar pendidikan tinggi, terkadang enggan bersentuhan dengan jual beli online karena memikirkan bahaya dan sekaligus kekhawatiran yang amat sangat tinggi. Sehingga, belanja di toko langsung masih menjadi pilihan bagi mereka.

Namun, hal tersebut tak bisa disalahkan karena toh memang masih banyak pelaku bisnis online yang tidak berada dalam prosedur yang semestinya. Untuk itu, muncul istilah bisnis online syariah yang diharapkan mengedepankan nilai-nilai agama (khususnya Islam) dalam prosedur jual beli, seperti akad di awal dan seterusnya.

Bagaimana Tips Bisnis Online Syariah untuk Pemula?

Lalu, pertanyaan yang muncul ketika saat berbicara soal bisnis online syariah adalah soal tips menjalankannya. Apalagi bagi pemula, tentu membutuhkan langkah tepat agar tidak “tersesat” dalam berbisnis. Dan kebetulan sekali saya pun sedang berusaha menjalaninya saat ini. Berikut tips bisnis online syariah yang bisa diikuti:

Niat

Ya, kata mentor bisnis saya, semua yang kita lakukan harus kembali dilihat niat awalnya dulu. Jika niat baik dan benar-benar lurus (tanpa ada gangguan untuk melakukan kecurangan dan lain-lain), insya Allah bisnis online syariah yang dijalankan akan baik.

Ilmu tentang Bisnis dalam Islam

Karena bicara syariah, maka sudah pasti harus paham bagaimana berdagang yang sudah ditulis dalam kitab suci maupun hadits. Seperti tidak melakukan penipuan, menjual barang-barang haram dan lainnya. Pastikan semuanya halal baik fisik maupun proses. Jadilah bisnis online terpercaya dari segi product knowledge agar masyarakat pun teredukasi secara tidak langsung.   

Jaringan Internet yang Memadai

Ya namanya berbisnis online, tentu membutuhkan koneksi internet yang cukup bagus dan pastinya tidak membuat customer merasa kita tidak profesional.

Tools Bisnis yang Mumpuni

Smartphone atau laptop adalah perangkat yang harus memiliki keunggulan dalam menjalankan bisnis online syariah. Apalagi jika harus terus update stok, memberikan edukasi kepada customer, baik berupa gambar atau tulisan (copy writing). Hal ini untuk menghindari customer merasa kita lamban atau kurang update.

Pilih Bidang yang Banyak Dicari

Banyak bidang dalam bisnis yang bisa dikerjakan. Contohnya bisnis makanan, jasa perjalanan atau mungkin produk kesehatan seperti K-Link. Nah, pastikan produk-produk tersebut sudah berstandar halal dan juga banyak dibutuhkan oleh siapapun di penjuru dunia. Karena jika banyak butuh berarti perputaran bisnis online syariah yang kita inginkan juga semakin cepat dan mudah. Jadi tak ada istilah modal tidak kembali.

Sabar dan Percaya akan Rezeki

Saya memang pebisnis yang boleh dibilang seringkali di-PHP-in sama customer. Sudah berusaha sebaik mungkin melayani customer, tetap saja ada yang namanya “rintangan” dalam berbisnis. Namun, selama kita tetap melakukan langkah-langkah bisnis online syariah yang sesuai petunjuk yang dianjurkan oleh agama, kesabaran menjadi penenangnya. Dan percaya bahwa rezeki sudah ada yang atur. Jadi, no baper        

K-Link Hadir sebagai Bisnis Online Syariah yang Terpercaya

Mendengar bisnis online syariah, saya pun teringat dengan salah satu brand yang sampai saat ini  masih tetap eksis dan menjalankan bisnis offline dan online. Ya, yang saya maksud adalah K-Link.

Sejak 2002, K-link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan dan terbukti memberikan peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi  anak-anak muda yang memiliki ide bisnis kreatif.

Nah, brand sebesar K-Link pun tetap berusaha menjalankan bisnis online syariah dengan baik agar visi misi tercapai dan tak hanya sekadar keuntungan. Dan sampai saat ini saya masih mengakui keunggulan beberapa produk K-Link hingga saya mengkonsumsinya secara rutin. Bahkan sangat nyaman ikut berbisnis dengan K-Link. Bagi yang ingin bisnis online syariah tanpa modal banyak, bisa juga mencoba bergabung.   

Well… itulah tips bisnis online syariah untuk pemula yang bisa saya bagikan. Jika teman-teman yang sudah berkecimpung dalam bisnis dan memiliki tips lain, sangat senang jika sharing.

27 Comments

  1. Hidayah Sulistyowati Oktober 12, 2018
  2. Inda Chakim Oktober 12, 2018
  3. Indah Nuria Oktober 12, 2018
    • Rahmah Oktober 12, 2018
  4. Eryvia Maronie Oktober 12, 2018
  5. Rani Yulianty Oktober 12, 2018
  6. Echi mustika Oktober 12, 2018
  7. Ira Hamid Oktober 13, 2018
  8. Mechta Oktober 13, 2018
  9. Diah Oktober 13, 2018
  10. Leyla Imtichanah Oktober 13, 2018
  11. Yoanna Fayza Oktober 13, 2018
  12. Nurul Fitri Fatkhani Oktober 13, 2018
  13. Jiah Oktober 13, 2018
  14. Mugniar Oktober 13, 2018
  15. Helena Oktober 13, 2018
  16. Rach Alida Bahaweres Oktober 13, 2018
  17. Diyanika Oktober 14, 2018
  18. Lidya Oktober 14, 2018
  19. Arinta Adiningtyas Oktober 14, 2018
  20. lendyagasshi Oktober 14, 2018
  21. Siti hairul Oktober 14, 2018
  22. Dwi Septiani Oktober 14, 2018
  23. Rosanna Simanjuntak Oktober 14, 2018
  24. ZILQIAH Oktober 14, 2018
  25. Dian Farida Ismyama Oktober 15, 2018
  26. AchiKuchi Oktober 19, 2018

Leave a Reply

Instagram