Bedah Buku

Review Buku CID: Inspirasi CSR yang Diperlukan untuk Setiap Perusahaan

Review Buku CID: Inspirasi CSR yang Diperlukan untuk Setiap Perusahaan yang sepertinya masih banyak mengalami miskonespsi keberadaan CSR. Karena saya sendiri ketika mendengar kata CSR, pikiran saya selalu pada kegiatan amal atau apapun yang berhubungan dengan duit duit duit. 

Setelah sekian lama membaca dan hasil review buku yang kebanyakan fiksi tidak tertuliskan di blog ini, saatnya memulai kembali menghidupkan kategori bedah buku supaya tetap banyak yang bisa mengambil hikmahnya. Apalagi buku di tangan saya saat ini punya ilmu luar biasa.

Yuk, disimak!

Lebih Dekat dengan Buku CID a la Ditto Santoso

Bertemu dengan sosok yang memberikan saya kesempatan untuk me-review buku CID yang ditulis oleh Ditto Santoso ini, saya pun kemudian membuka mata bahwa CSR tidak selamanya berfungsi sebagai “uang”. Dan review buku ini lahir dari pemahaman sederhana saya setelah membaca buku plus ikut menyimak vidio LiFE Book Review via rekaman aplikasi  Zoom. 

review buku tentang csr dan cid yang serupa tapi tak sama

Di awal pembicaraan buku ini, langsung mengajak kita untuk mengetahui adanya miskonsepsi CSR yang masih diikuti oleh berbagai perusahaan di luar sana. Di dalam buku Ditto, ada juga dituliskan ada 13 Miskonsepsi CSR yang beliau kutip dari referensi saat mengikuti presentasi CSR Workshop Series. Teman-teman bisa baca bukunya di halaman 6. 

Ditto mengatakan bahwa hadirnya buku ini adalah untuk menjadikan miskonsespsi bisa berangsur hilang. Selain itu, ada 3 alasan utama buku ini hadir di tengah masyarakat, yaitu:

  1. Masyarakat bisa paham makna CSR (Corporate Social Responsibility
  2. Semua yang membaca bisa membedakan CSR dan CID (Community Involvement and Development)
  3. Dinamika bekerja di bidang CID di bawah perusahaan sehingga tidak kehilangan arah

Dari buku ini saya bisa meluruskan pemahaman saya di awal yang selalu menghubungkan CSR = uang kegiatan berlebih dengan aksi sosial di lingkungan masyarakat. Justru CSR memiliki tanggung jawab terhadap masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat yang diwujudkan dalam program operasional atau pembinaan relasi. Dan jika memungkinkan, mengajak kerjasama dengan pemerintah setempat sesuai dengan aturan yang ada. 

Buku ini juga memiliki visi misi sebagai bentuk motivasi dengan sharing pengalaman dan pembelajaran dengan tim CID internal perusahaan. Ya, membaca buku ini diharapkan sebagai sarana agar perusahaan apapun yang sedang berjalan saat ini tetap kuat, selalu mendapatkan inspirasi dan motivasi serta mendengar pengalaman orang lain untuk melakukan pembanding dalam mengambil langkah tertentu ke depannya.

Suatu kerangka proses menyeluruh untuk memecahkan permasalahan tertentu di tengah rakyat sehingga bia juga diartikan sebagai suatu cara pendekatan bersengaja dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu dalam rangka memecahkan berbagai masalah masyarakat tersebut. (Hal. 83)

Intinya, jangan sampai terjadi CSR Washing yaitu kegiatan dan kebijakan yang dilakukan justru memberikan dampak negatif pada masyarakat sekitar. Sebab CSR dan CID saling bersinergi untuk melakukan pengembangan masyarakat dengan jalur yang sesuai dan bersinergi.

Siapa Ditto Santoso?

Dari tadi saya menulis nama Ditto Santoso sebagai penulis buku CID ini. Lalu, sebenarnya siapa sih lelaki ini? 

Dari profil singkatnya, saya terkejut ketika membaca bahwa beliau adalah kelahiran Surabaya dan kini berdomisili di Cimanggis. Sudah terjun mengamalkan ilmu dari Fakultas Ekonomi, tempatnya mengenyam pendidikan. 

Sejak saat itu beliau pun menjadi profesional di bidang tanggung jawab sosial perusahaan yang juga memiliki pengalaman berkarya di LSM skala nasional dan internasional. 

Fisik Buku

Yang saya suka dengan buku dengan bahasan di luar latar belakang pendidikan saya ini adalah bahasanya yang ringan dan sederhana. Kalau pun ada kata-kata asing karena baru saya temui pertama kali, saya jadi semangat untuk mencari tahu maknanya untuk menambah kosakata. Apalagi soal perusahaan, pembangunan masyarakat dan segala macam istilah yang berkaitan dengan CSR sekarang menjadi hal menarik untuk segera mengetahuinya.

contoh halaman yang berisi ilustrasi buku cid

Tata letak dalam buku ini juga sudah menarik visual mata saya selaku pembaca. Ada quote menarik yang sengaja dibuat dengan jenis font berbeda sehingga mudah menangkap inti yang disampaikan penulis pada halaman tersebut seperti apa. 

So, jika kamu penasaran bagaiman Ditto Santoso meramu hal-hal yang berkaitan dengan CSR dan CID, maka buku ini wajib jadi pegangan. Setidaknya wawasan terbuka bahwa CSR dan CID itu saling bersinergi meski serupa tapi tak sama.

Keterangan Buku

ditto santoso penulis buku cid untuk semua perusahaan

Judul: CID, Catatan Inspiratif Praksis CSR dalam Pengembangan Masyarakat

Penulis: Ditto Santoso

Editor: Tim Rumah Bangga

Penerbit: Rumah Bangga

Terbit: 2020

Tebal: 166 Halaman

ISBN: 978-623-91309-5-4

16 Comments

  1. winda - dajourneys.com Juli 24, 2020
  2. Miyosi Juli 25, 2020
  3. riawani elyta Juli 25, 2020
  4. Rach Alida Juli 25, 2020
  5. Mugniar Juli 25, 2020
  6. Andy Hardiyanti Juli 26, 2020
  7. Desri Desri Juli 26, 2020
  8. Ujame Gaja Juli 26, 2020
  9. indah nuria Juli 26, 2020
  10. Uniek Kaswarganti Juli 26, 2020
  11. Lidya Juli 26, 2020
  12. lendyagasshi Juli 26, 2020
  13. Gina Juli 26, 2020
    • Chemist Rahmah Juli 27, 2020
  14. Mpo Ratne Juli 26, 2020

Leave a Reply

Instagram