Wisata

Kilau Digital FLOBAMORA, Gernas BBI Majukan UMKM NTT

Kilau Digital FLOBAMORA sebagai Bentuk Gernas BBI di NTT – Kalau bicara soal NTT atau Nusa Tenggara Timur, jadi teringat dengan mahasiswa (i) yang pernah saya ajar dulu pada salah satu kampus di Makassar. Mayoritas mahasiswa (i) berasal dari NTT yang menimba ilmu untuk mengejar profesi guru.

Ya, mereka dari NTT ke Sulawesi untuk menjadi sarjana pendidikan agar bisa kembali ke kampung halaman dengan membawa bekal ilmu. Dan tak sedikit dari mereka kini sudah menjadi bapak dan ibu guru. Meskipun ada juga yang memilih bekerja dalam bidang bisnis karena dianggap lebih menjanjikan.

kilau digital flobamora

NTT dan Gernas BBI 

Ngomongin soal bisnis, NTT memang punya potensi untuk kemudian dieksplor dan dijadikan sebagai sumber pendapatan. Banyak produk-produk UMKM yang perlu diangkat dan disebarluaskan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sana, khususnya pada daerah Flores, Sumba, Timor dan Alor. Dan beruntung sekali karena sekarang ada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia disingkat Gernas BBI yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020, mampu menyelamatkan UMKM untuk bangkit di masa sulit pandemi Covid-19 ini.

Lewat gerakan tersebut, UMKM terus diperkenalkan lewat berbagai platform digital. Maka muncullah Kilau Digital Permata Flobamora sebagai bentuk acara puncak dari Gernas BBI itu sendiri. Mengingat kondisi masih pandemi, maka acara puncak dilakukan secara hybrid, yaitu tatap muka daring dan luring.

Saya yang di Surabaya bisa menyaksikannya lewat Zoom. Bagi yang berhalangan bisa melihatnya di akun Youtube Ditjen IKP Kominfo bahkan disiarkan live juga di radio RRI, TVRI, iNews TV dan Metro TV. Maka wajar sekali saat zoom kemarin itu jumlah yang hadir sampai dengan 1000 participants. Jumlah fantastis bagi saya yang selama ini mengikuti seminar atau sejenisnya tidak melebihi angka 200 participants.

Hal Menarik dalam Kilau Digital Flobamora di NTT

Mengikuti sebuah event pastinya akan ada kesan tersendiri yang bisa menjadi tambahan wawasan. Nah, bagi saya yang menyaksikan dari awal sampai akhir acara puncak Kilau Digital Flobamora 18 Juni 2021 lalu Labuan Bajo, NTT ini ada banyak informasi dan kesan tersendiri, diantaranya:

Taat Protokol Kesehatan 

Senang karena meskipun acara ini berlangsung offline di Labuan Bajo, mereka yang ada di lokasi taat dengan protokol kesehatan. Masker tetap melekat selama acara. Satu sama lain menjaga jarak. Saya yang ikut menyaksikan secara daring pun jadi termotivasi untuk tidak lengah dan kendor akan protokol kesehatan.

Lebih Dekat dengan Budaya NTT 

Saat melihat beberapa orang menggunakan penutup kepala dengan bentuk khas NTT, bisa jadi ajang informasi ke anak mengenai apa saja yang khas dari sana. Kebetulan saat menyaksikannya, anak-anak juga sesekali ikut duduk menyaksikan acara Kilau Digital Flobamora ini. Ti’i Langga adalah nama topi khusus tersebut. Sekilas seperti topi Meksiko, bukan?

Selan topi, saya juga melihat beberapa orang menggunakan kain khas dari NTT. Kain tenun yang memiliki corak yang sangat khas. Kalau lihat, pikiran saya juga langsung terlempar pada jenis kain yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Serupa tetapi tak sama. Masing-masing punya penekanan khusus pada motif.

Ada Pameran Virtual Produk Lokal NTT

Sambil rebahan bisa menyaksikan pameran virtual produk lokal yang ada di NTT. Lebih kurang ada 1.000 produk lokal yang ditampilkan dan bisa disaksikan cukup mengakses situs kilaudigitalflobamora.id. Isi data diri yang diminta dan klik “Join” untuk masuk dan menikmati pameran tanpa harus keluar rumah.

kilau digital flobamora ntt

Jika ingin melakukan pembelian produk yang bisa jadi memikat hati, bisa langsung memilih icon e-commerce. Bahkan sebelumnya bisa melakukan live chat dengan penjual jika ingin mengetahui banyak hal mengenai sepsifikasi produk yang akan dibeli.

Launching Situs dan Aplikasi

Selain situs dan adanya pameran virtual, event ini juga memperkenalkan situs dan aplikasi yang berkaitan dengan kelanjutan digitalisasi produk UMKM NTT diantaranya:

1. JP Hub

Jaringan Pariwisata Hub ini merupakan kolaborasi antara Kemenkominfo, Telkom Indonesia dan Kemenparekraf untuk memberikan kemudahan bagi pelaku wisata dalam memasarkan produk sehingga mudah ditemukan oleh siapa saja wisatawan berkunjung. Caranya pun mudah, cukup melakukan langkah berikut:

  • Kunjungi wonderin.id
  • Klik “Daftar”
  • Pilih Pengaturan Inventory
  • Lalu Aktifkan

2. Pil Kampung

Buka situs www.pilkampung.com jika ingin menjelajah kampung adat sehingga dengan adanya situs ini diharapkan makin tergerak untuk melestarikan kampung adat.

3. Pasar Online BUMDES

Tak hanya hasil craft yang bisa ditemukan, hasil bumi pun melimpah di NTT. Belanja di pasar daring pun bisa karena ada beberapa produk yang bisa dikirim keluar NTT.

4. Go NTT

Bisa diunduh di playstore untuk mendapatkan layanan belanja dan transportasi NTT pastinya.

Nah, seru sekali ya acara puncak Kilau Digital Permata Flobamora ini. Pastinya saya takjub bahwa NTT tidak seperti yang ada di pikiran saya dahulu.

***

Well, Kilau Digital Flobamora memang menjadi acara yang diharapkan mampu mendulang banyak manfaat bagi UMKM yang ada di NTT. Di era pandemi seperti sekarang tidak harus ke NTT untuk mendapatkan produk-produk unggulan dari sana. Bisa ikut berbelanja online tanpa harus ke NTT secara langsung adalah salah satu harapan masyarakat UMKM NTT untuk menciptakan masyarakat Bangga Buatan Indonesia yang pasti keren.

23 Comments

  1. nurulrahma June 24, 2021
  2. lianny June 24, 2021
  3. Rach Alida June 25, 2021
  4. Nchie Hanie June 25, 2021
  5. Dian June 25, 2021
  6. Dian Restu Agustina June 25, 2021
  7. Dzulkhulaifah June 25, 2021
  8. Caroline Adenan June 25, 2021
  9. Dawiah June 25, 2021
  10. Mpo Ratne June 26, 2021
  11. Era Sapamama June 26, 2021
  12. Nurul Fitri Fatkhani June 26, 2021
  13. Juliastri Sn June 26, 2021
  14. lendyagasshi June 26, 2021
  15. Alfa Kurnia June 26, 2021
  16. Sri Widiyastuti June 26, 2021
  17. Idah Ceris June 26, 2021
  18. Wiwied Widya June 26, 2021
  19. Uniek Kaswarganti June 26, 2021
  20. Wian June 26, 2021
  21. Lia Yuliani June 26, 2021
  22. Adriana Dian June 27, 2021
  23. @hm_zwan June 27, 2021

Leave a Reply