Kuliner

Masak Mudah dengan House Kari ala Jepang

Masakan Jepang memang punya nilai tersendiri bagi lidah orang Indonesia. Menyukainya bukan berarti tidak mencintai berbagai jenis masakan yang begitu unik dan berbeda dari Sabang sampai Merauke pastinya.

Pasangan saya yang tadi mengambil sastra Jepang pun mengaku bahwa ada taste yang tidak biasanya. Meskipun sulit digambarkan dengan kata-kata, bukan berarti tidak enak dan tidak suka.

Nah, menjelang hari Ibu kemarin plus persiapan liburan panjang, saya mengikuti sebuah acara Live Cooking with @dapurkarialajepang yang menghadirkan Chef Chandra dan Chef Putri Habibie. Keduanya memberikan insight mengenai pengolahan bahan makanan dan bumbu masakan Jepang yang praktis dan mudah dicari.

Adapun menu yang dimasak adalah Japanese Curry Taco. Chef Putri memperkenalkan bahwa saat ini ada varian baru dari House Kari ala Jepang  yaitu Spicy Curry yang nikmat disantap bareng Taco.

Hmm, gimana saya melakukan re-cook resep di atas? Yuk, ikutai sampai akhir ya!

Re-Cook “Japanese Curry Taco” ala Putri Habibie

Setelah bumbu House Kari ala Jepang dalam bentuk roux sudah di tangan, maka saya mempersiapkan bahan lainnya. Kebetulan sekali semua bahan yang dipakai Chef Putri mudah diperoleh dan bujet juga aman terkendali pastinya.

Bahan seperti taco, menurut Chef Putri sendiri bisa digantikan dengan yang lain, seperti roti tawar, kulit tortilla atau mungkin mau coba dengan kulit lumpia. Pastikan dari kalangan tinggi karbohidrat sehingga tak hanya nikmat, gizi seimbang juga terjaga.

 

Resep “Japanese Curry Taco” 

Nah, berikut adalah resep yang saya pakai untuk re-cook masakan Chef Putri:

house kari ala jepang

Bahan:

  • 1 siung Bawang Bombay
  • 300 gram Daging Sapi
  • 125 gram Wortel
  • 2 blok Kari Jepang Halal
  • Selada
  • 5 lembar Kulit Tortilla
  • Air secukupnya
  • 2 sdm Minyak Goreng

Cara Membuat: 

  • Bawang bombay dipotong kecil-kecil. Wortel dipotong kecil sesuai selera.
  • Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan wortel hingga harum
  • Masukkan bumbu kari dan tambahkan air, masak sampai mengental
  • Siapkan kulit tortilla
  • Letakkan selada di atasnya, masukkan curry yang sudah matang tadi
  • Siap disajikan

japanese curry taco

Masak mudah dengan House Kari ala Jepang Spicy memang bukan sekadar teori karena saya sendiri sudah mempraktikkannya. Bagaimana dengan rasanya? Pastinya enak dong! Apalagi tidak perlu ada tambahan penyedap rasa lainnya sehingga benar-benar memudahkan dalam memasak bagi saya yang masih memiliki balita.

house kari ala jepang

Selain memasak menu di atas, saya juga membuat camilan dengan menggoreng kulit tortilla agar bisa dicocol dengan Kari Jepang Pedas karena suami dan anak pertama saya suka dengan kriuk-kriuk. Belum lagi ada tambahan wortel dalam menu utama di atas, membuat anak pertama saya bisa habis semangkuk.

house kari ala jepang

Mengapa Harus Bumbu House Kari ala Jepang?

Pertanyaan ini yang saya terima dari beberapa teman yang melihat postingan foto hasil masakan saya di media sosial. Memang sekarang semuanya mencari kemudahan di dapur untuk mengefisienkan waktu dan bagi saya sendiri, waktu bersama anak tidak terganggu dengan hal-hal yang sejatinya bisa dibuat dengan mudah dan tidak mahal.

Halal

Ini hal penting utama yang perlu diperhatikan. Karena pada umumnya penganut agama yang sama dengan saya sangat berhati-hati dengan masakan Jepang sebelum mengetahui dengan benar status halal atau tidaknya karena menyangkut keyakinan. Beruntunglah karena bumbu roux yang saya gunakan ini adalah Kari Jepang Halal dan aman.

Harga Terjangkau

Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya bahwa melakukan sesuatu di dapur sebisa mungkin tidak merogoh saku terlalu dalam. Nah, Bumbu Praktis Kari Jepang ini harganya terjangkau untuk memasak beberapa porsi.

Tidak Perlu Tambahan Penyedap Rasa

Masak menu makanan Jepang dengan bumbu praktis ini, tidak perlu lagi tambahan apapun. Bagi saya, rasanya sudah pas dan mau dimasak dengan bahan daging, ayam atau mungkin hanya berisi sayuran pun sangat bisa dilakukan. Dan untuk menu yang saya masak ulang dari Chef ini sama sekali tidak ada penyedap tambahan.

Porsi Banyak

Kemasan yang saya gunakan di sini pun tertulis bahwa bisa menyediakan makanan hingga 16 porsi. Bahkan ketika roux bumbu sebagiannya tidak digunakan, masih bisa disimpan dengan jangka waktu yang cukup lama. Pastikan saja disimpan pada kondisi suhu yang tidak terlalu panas, karena seperti cokelat yang mudah meleleh karena panas, bumbu roux kari Jepang ini juga demikian.

Tentang House Kari ala Jepang

Saat mengikuti live ccoking di Instagram @dapurkarialajepang, rasa penasaran saya terjawab mengenai produk bumbu praktis satu ini. Pada acara tersebut juga hadir Takahiro Kuramochi selaku President Director PT. House and Vox Indonesia. Beliau mengatakan bahwa rasa kari Jepang yang enak akan cocok dengan lidah orang Indonesia.

House Kari ala Jepang ini sudah ada sejak 2016 dan statusnya sudah halal. Nah, diujung tahun 2020 ini dihadirkan varian baru yang pastinya diharapkan semakin menggoda selera akan masakan Jepang, yaitu Spicy Curry. Rasa pedas yang ditimbulkan ini benar-benar masih sangat aman untuk dikonsumsi.

***

Well, masak mudah sudah di depan mata. Jangan sampai kita lupa menghadiahkan diri sendiri dengan sebuah kepraktisan meskipun hanya di rumah saja. Menyajikan menu masakan Jepang di rumah pun sudah bukan hal sulit pastinya. Selamat menyajikan hidangan kari Jepang di tengah keluarga. Abadikan momen kebersamaan yang mungkin tidak akan terulang di waktu berikutnya.

32 Comments

  1. Yuniari Nukti December 30, 2020
  2. Ria Rochma December 30, 2020
  3. HM Zwan December 30, 2020
  4. Inge December 30, 2020
  5. Nining December 30, 2020
    • Chemist Rahmah December 30, 2020
  6. Helena December 31, 2020
  7. Tanti Amelia January 4, 2021
  8. TIAN LUSTIANA January 4, 2021
  9. Lidya January 4, 2021
  10. Andiyani Achmad January 4, 2021
  11. astin January 4, 2021
  12. nurulrahma January 5, 2021
  13. Nanik Nara January 5, 2021
  14. Dian Restu Agustina January 5, 2021
  15. Dedew January 5, 2021
  16. Nurul Dwi Larasati January 6, 2021
  17. Liza January 6, 2021
  18. Juliastri Sn January 6, 2021
  19. Dian January 6, 2021
  20. Nathalia DP January 6, 2021
  21. Ira Sufa January 6, 2021
  22. Naqiyyah Syam January 6, 2021
  23. Liswanti January 6, 2021
  24. Yurmawita January 6, 2021
  25. Ima satrianto January 6, 2021
  26. Uniek Kaswarganti January 6, 2021
  27. lendyagasshi January 6, 2021
  28. Hanifa January 7, 2021
  29. Ade UFi January 7, 2021
  30. Alfa Kurnia January 7, 2021

Leave a Reply