Blogging

Cara Membuat Giveaway di Media Sosial

Saat menuliskan ini, saya sudah beberapa kali mengikuti program giveaway dari berbagai tema. Seringnya menjadi sponsor karena menjadi pelaksana event yang ditunggu banyak orang ini harus teliti. Bukan karena saya tidak teliti sih, hanya saja ada prioritas lain yang harus saya cermati. 

Namun, di sini saya akan berbagi cara membuat giveaway di media sosial yang pernah saya lakukan sebelumnya. Apalagi sudah mendapatkan tambah insight dari materi follower gaining dari salah satu coach Kelas Growthing yang baik budinya. 

Mengapa Harus di Media Sosial?

Pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu muncul jika sudah memahami bahwa kondisi masyarakat saat ini semua serba digital. Tentunya yang mengandalkan arisan dengan bertemu fisik, pelan-pelan juga berubah menjadi arisan online karena alasan lebih personal. 

Lagipula, siapa sih saat ini yang tidak punya media sosial di ponselnya? Kalau angkatan bapak/ibu saya (kelahiran tahun 50an) sangat wajar jika tidak punya. Mereka bisa mengoperasikan smartphone saja sudah merasa jauh lebih bahagia. 

giveaway untuk menaikkan follower

Nah, media sosial saat ini menjadi sesuatu yang sering dibuka, dibaca, di-copy bahkan di-share meskipun tanpa melalui filterisasi terlebih dahulu. Dan bagusnya, media sosial bisa menjadi salah satu jalan untuk membentuk personal branding. 

Bahkan media sosial sudah menjadi kiblat kedua karena nyaris setiap waktu lebih banyak untuk scrolling up, bahkan berselancar karena adanya trending topic yang sayang dilewatkan. Meskipun hanya sekadar membaca dan tidak ikut euforia yang sedang trending, setidaknya media sosial sudah sudah jarang dilupakan. 

Media Sosial yang Tepat untuk Giveaway

Secara umum, giveaway dilakukan untuk memancing respon khalayak media sosial untuk muncul dan membuatnya ramai diikuti. Selain itu, hadiah yang ditawarkan pun selalu dicari. Apalagi dalam bentuk uang atau materi. 

Lalu, media sosial mana yang tepat untuk membuat giveaway?

Jawabannya adalah tergantung target giveaway kita siapa dan tujuan akhirnya apa.

Di satu sisi memang tidak semua pengguna media sosial menyukai giveaway. Saya pernah menerima respon soal ketidakikutsertaan dalam giveaway karena menganggap seperti judi anyway. Di situ saya kemudian tertegun dan langsung mencari tahu dalil agar tidak berada di wrong way. 

Yup, secara kasat mata memang terlihat seperti demikian karena akan ada yang rugi, tetapi tidak sesederhana itu. Banyak aspek yang harus diperhatikan, akhirnya tetap harus mengedepankan positive thinking terlebih dahulu. 

Facebook

Cara membuat giveaway di Facebook saat ini jauh lebih jarang ditemui meskipun media sosial satu ini berada di peringkat atas setelah WhatsApp dan Youtube karena sekarang paling laris memang youtuber

user media sosial untuk ikut giveaway

Hal ini dikarenakan Facebook paling nyaman untuk dijadikan tempat curhat terselubung, informasi terkini, memancing opini hingga ada yang menggunakannya untuk menuai perdebatan antara dua kubu.

Jadi, menurut saya Facebook paling tepat digunakan untuk personal branding dalam berbagi opini dan ide tentang sesuatu yang pastinya kita punya kapasitas di dalamnya. 

Twitter

Ini seperti yang saya lakukan dua hari lalu. Awalnya ragu karena harus memenuhi target dalam mengadakan giveaway tersebut. Namun, karena sudah menerima materinya dari kak Ilham Sadli maka saya mencoba tantangan meskipun dengan hati galau. 

Hasilnya? Sukses dong! 

membuat giveaway di twitter

Rahasinya? Cara membuat giveaway di Twitter memang sedikit lebih tricky bagi saya. Karena selain tidak pernah, saya juga jarang ngetwit karena waktu habis di media sosial lainnya. Namun, karena tidak akan berhasil tanpa usaha, maka saya pun memaksimalkan diri dengan cara:

  • Share link Giveway ke teman-teman seprofesi yang akrab
  • Cari teman-teman yang sering mendapat job trending topic
  • Share ke grup alumni 
  • Share ke status WA

Memang tidak semua orang akan melakukan giveaway untuk senang-senang karena ada yang ingin feedback sederhana yaitu di-follow tanpa harus unfollow ketika kegiatan telah usai. Dan hal ini sah-sah saja karena semua orang juga bertanggung jawab dengan media sosialnya sendiri. 

Instagram

Sebagai platform media sosial keempat terbesar setelah FB, Instagram mencuri perhatian masyarakat karena media sosial satu ini lebih mengedepankan foto atau video momen penting dalam hidup. Bahkan bisa saja hal yang sederhana tetapi bentuk visualnya berbeda dari sebelumnya. 

Kalau untuk media sosial ini, saya hanya sekali dua kali menjadi penyelenggara giveaway. Itupun karena berhubungan dengan gambar/foto. Seringnya, saya ikutan giveaway dari orang-orang menyelenggarakannya. Cara membuat giveaway di Instagram yang pernah saya buat juga syarat dan ketentuan sangat karena hanya share dan komen akan sebuah pengalaman berdasarkan fakta nyata.

Follower Gaining untuk follower Instagram memang terbilang susah-susah gampang. Namun, saat ini sudah bermunculan banyak influencer yang pengikutnya banyak dan bisa dijadikan salah satu partner saat membuat giveaway. 

Bahkan sekarang juga ada, meraih follower hanya dengan ikutan giveaway yang sistemnya patungan membayar sejumlah uang untuk nominal sponsor. Lumayan menaikkan follower tetapi tetap mostly human bukan robot yang langsung diinjeksi ke akun kita. 

Persiapan Sebelum Giveaway

Nah, ini penting karena tidak mungkin juga melakukan giveaway tanpa persiapan apa-apa. Paling utama adalah hadiahnya. Bisa berupa barang atau uang dengan sejumlah nominal saja. 

Perhatikan lalu-lintas keramaian media sosial. Jika sudah tahu prime time media sosial,pastinya dengan seketika akan ada yang langsung ikutan meskipun tidak berteman awalnya. 

Cari teman untuk kolaborasi jika dirasa masih berat untuk menggandeng brand atau agensi. Pastikan sama-sama menguntungkan sehingga giveaway punya makna berarti.

Pastikan dulu target pasar. Maksudnya di sini bukan pasar buat belanja deh ya. Tetapi platform media sosial yang kita pakai itu kira-kira berada di rentang usia berapa, jenis kelamin pengikutnya mayoritas laki-laki atau perempuan, minatnya kemana dan masih banyak lagi yang perlu diperhatikan.

Lakukan secara berkala jika memang memungkinkan. Misal sebagai rasa syukur karena telah mendapatkan rezeki tak terduga atau mungkin dirasa perlu untuk sedekah dikeluarkan. 

*** 

Well, cara membuat giveaway di media sosial memang membutuhkan kesiapan mental dan materi. Keduanya harus ada agar lebih menarik orang lain untuk ikut menikmati. Sesekali dilakukan untuk mencapai target itu manusiawi. Jadi, selamat mencoba cara membuat giveaway dan saya mungkin bisa berkolaborasi.

14 Comments

  1. 3835info September 26, 2020
  2. sarahjalan_ September 26, 2020
  3. tukang jalan jajan September 26, 2020
  4. Wiwin | Pratiwanggini.net September 26, 2020
  5. Akarui Cha September 27, 2020
  6. Siska Dwyta September 27, 2020
  7. Rozi September 27, 2020
  8. Euisry Noor September 27, 2020
  9. Iim Rohimah September 27, 2020
  10. Rani Yulianty September 27, 2020
  11. Sitatur Rohmah September 27, 2020
  12. Ari Santosa Pamungkas September 27, 2020
  13. Monica Anggen September 27, 2020
  14. Nurul Fitri Fatkhani September 27, 2020

Leave a Reply

Instagram