Wisata

4 Tips yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Staycation agar Lebih Berkesan

Siapa yang tidak suka dengan liburan? Tentunya, aktivitas yang satu ini menjadi momen paling ditunggu. Terlebih, bagi yang sudah melewati hari-hari dengan cukup pelik, ditambah dengan pekerjaan yang tak pernah selesai. Tentunya, liburan bisa menjadi momen paling tepat, untuk mengistirahatkan pikiran dan membuat otak menjadi segar kembali.

Liburan tak melulu tentang jalan-jalan. Beberapa waktu belakang, istilah staycation kerap kali kita dengar, yang merujuk ke suatu aktivitas berlibur, namun hanya berdiam diri di tempat penginapan yang telah disewa sebelumnya. Staycation sendiri tidak hanya dapat dilakukan di hotel, dengan sewa apartemen di Bandung pun, kamu juga bisa, baik seorang diri atau pun bersama keluarga dan teman terdekat.

Tips Staycation Berkesan

Sebelum merencanakan staycation, terdapat beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar menjadi lebih berwarna dan tentunya memberikan kesan yang indah. Salah satunya dengan Holiday Stays yang disediakan oleh Traveloka. Berikut ini tips-tips yang perlu kamu ketahui diantaranya:

1. Mencari Akomodasi Penginapan Terbaik

Bisa dibilang, bahwa persiapan staycation sebaik apapun tidak akan berguna apabila penginapan yang disewa tidak dapat mendukung suasana serta memiliki fasilitas terbatas. Oleh karena itu, sangat penting mencari penginapan yang tentunya memiliki fasilitas mumpuni, serta dari segi kualitas pun dapat mendukung aktivitas liburan menyenangkan yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Menyeleksi penginapan dengan mencari ulasan terkait penginapan yang telah jadi sasaran harus hati-hati. Perhatikan beberapa aspek penting seperti kebersihan, keramahan, makanan, fasilitas, lokasi, dan masih banyak lagi. Kini, semua bisa menjadi lebih mudah dengan produk terbaru Traveloka, yaitu Holiday Stays. Holiday Stays merupakan produk terbaru dari Traveloka, yang sebelumnya bernama villa, apartemen, penginapan, guest house atau homestay, glamping, dan resort. Buka Aplikasi Traveloka dan temukan produk Holiday Stays pilihan yang sesuai kebutuhan dan keinginan!

tips staycation berkesan

2. Waktu untuk Staycation

Entah kapan pun ingin staycation, pastikan satu hal yang paling penting, yaitu jangan membawa pekerjaan selama melakukannya. Staycation memiliki tujuan untuk menyegarkan hati dan pikiran, dari hiruk pikuk pekerjaan dan aktivitas melelahkan. Kalau membawa pekerjaan selama staycation, tentunya itu menjadi tidak berarti. Bahkan bisa jadi malah terlalu fokus kepada pekerjaan ketimbang melakukan penetralan diri dan mengevaluasi kehidupan beberapa waktu sebelumnya.

Apabila memang ingin pergi ketika high season, memesan penginapan untuk staycation jauh-jauh hari wajib dilakukan. Hal ini mengingat semua yang berbau tempat rekreasi atau liburan, akan menaikkan harga berkali-kali lipat pada saat musim liburan tiba. Oleh karena itu, untuk menghindari mengeluarkan biaya berlebih untuk tempat penginapan, persiapan yang matang harus benar-benar ada.

3. Persiapkan Aktivitas yang Hendak Dilakukan

Untuk menghindari kegiatan staycation yang membosankan, bisa mempersiapkan beberapa aktivitas yang sekiranya tidak bisa dilakukan pada saat masa-masa sibuk. Beberapa rekomendasi aktivitas tersebut antara lain seperti membaca buku, menonton film, tidur, relaksasi diri, menghabiskan waktu sembari bersantai, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal paling penting, usahakan apapun aktivitas yang dilakukan, itu dapat menyegarkan kembali pikiranmu seperti sedia kali. Hal ini berguna agar dapat menghadapi kehidupan dengan perasaan yang lebih ringan dan tidak terbebani

4. Persiapkan Budget yang Cukup

Semua tidak akan berarti apabila tidak ada bujet yang mencukupi. Sebelum berniat untuk merencanakan staycation, kamu wajib untuk mengecek keuangan, apakah bujet yang kamu miliki dapat memenuhi kebutuhan staycation. Selama staycation, tentunya kamu perlu membeli makanan, minuman, cemilan, atau mungkin jalan-jalan santai apabila bosan selama di tempat penginapan. Oleh karena itu, penting untuk menelaah satu-satu kebutuhan staycation yang sekiranya perlu kamu penuhi.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai pedoman, agar kegiatan staycation dapat berjalan dengan lancar, dan tentunya dapat menyegarkan kembali pikiran, tubuh, serta mentalmu. Bahkan, ketika kamu tidak melakukan aktivitas apapun sekalipun, itu bukanlah hal yang masalah jika itu memang bisa membantumu untuk merilekskan pikiran dan tubuh, sehingga dapat kembali ke performa tertingginya.

Traveloka dapat kamu jadikan tempat untuk mencari tempat penginapan staycation yang memiliki kualitas, dan terdiri dari promo serta diskon menarik lainnya. Jadi, jangan lupa untuk cek Traveloka sekarang juga, atau kamu dapat mengunduh Traveloka melalui AppStore ataupun PlayStore di ponselmu. Traveloka, #TemanHidup untuk lifestyle-mu yang menyediakan clean accommodation, bisa bayar saat check-in, dan hotel online check-in.

Leave a Reply