Blogging

Tips Memilih Hotel untuk Staycation Bersama Keluarga

Tips Memilih Hotel untuk Staycation Bersama Keluarga ini penting agar liburan tetap berjalan sesuai dengan ekspektasi. Apalagi jika bujet yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak, tentu hasil yang maksimal selalu dicari.

Nah, karena sekarang masih pandemi, mungkin staycation di hotel masih perlu ditunda jika tidak penting sekali. Namun, yang namanya stress harus dicegah agar imun tubuh tetap fit setiap hari. Staycation pun menjadi salah satu jalan untuk meredakan shock, stress atau mungkin bosan karena hanya di rumah saja bersama anak-anak, istri atau suami.

Berikut adalah tips memilih hotel untuk tetap bisa staycation bersama keluarga dengan aman, yaitu:

Cek Bujet

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa bujet menentukan juga akan liburan atau staycation dimana. Mau hotel yang biasa saja atau bintang lima. Pastikan semuanya tertera pada pilihan hotel yang diinginkan.

Cek Kesehatan Keluarga

Karena ini pandemi, maka staycation kali ini akan sangat berbeda apalagi dalam hal persiapan sebelumnya. Selain cek bujet, pastikan keluarga semuanya sehat dan tidak ada yang berstatus sakit. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan dan di hotel.

Fasilitas Hotel

Nah ini juga penting karena fasilitas sangat menjamin kenyamanan seluruh anggota keluarga yang ikut staycation. Contohnya adalah fasilitas untuk bayi dan anak di bawah lima tahun. Jika disediakan, tentunya orang tua tidak akan repot selama staycation.

Gunakan Aplikasi Booking Hotel

Kalau saya dan keluarga selalu mencari aplikasi booking hotel termurah setiap akan staycation. Alasannya, selain dapat biaya terjangkau, kami bisa sedikit lebih lama berada di hotel. Hal ini ditujukan agar keluarga merasa liburan tidak lelah hanya karena lama di jalan juga.

Booking Minimal H-3

Sebenarnya untuk booking hotel sebaiknya tidak mendesak atau mendekati hari H. Hal ini akan membuat kita kerepotan jika status hotel yang diinginkan dalam kondisi full booked. Jangan sampai staycation batal hanya karena hal kecil seperti ini.

Minimal sepekan sebelumnya juga bisa. Bahkan biasanya ada potongan harga tertentu jika memesan hotel jauh-jauh hari sebelumnya.

Lokasi Strategis

Hotel yang dipilih untuk staycation sebaiknya juga berada di lokasi strategis. Maksudnya di sini adalah tidak jauh dari pusat-pusat umum alias public area. Jadi, untuk makan atau belanja bisa di luar hotel. Hal ini juga ada hubungannya dengan bujet saat staycation.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Karena akan staycation di masa pandemi, maka sudah sebaiknya kita memilih hotel yang menerapkan pemakaian masker, cek suhut tubuh, ada tempat cuci tangan, dan berbagai protokol kesehatan lainnya.

Jangan sampai pulang dari staycation malah sakit. Na’udzubillah ya! Untuk itu, siapapun anggota keluarga yang ikut staycation agar selalu menggunakan masker dan lainnya.

Buat Itinerary

Ini penting setelah menentukan hotel yang akan ditempati staycation sehingga tidak hanya berdiam diri di hotel saja. Perjalanan liburan lebih menyenangkan jika kemudian dilakukan dengan menyusun itinerary sehingga waktu tidak terbuang percuma tanpa kenangan yang berkesan.

Pastikan juga susunannya tidak terlalu melelahkan anggota keluarga karena alasan aji mumpung liburan.

***

Well, pastikan aplikasi booking hotel selalu ada di ponsel karena ini akan memberikan kemudahan untuk mengecek status hotel yang kita inginkan. Bahkan notifikasi informasi seputar promo pun selalu ada dan bisa kita dapatkan hanya dengan ponsel.

Sudah siap staycation bersama keluarga? Jangan lupa protokol kesehatan ya, teman-teman!

Leave a Reply

Instagram