Meneropong Tren Blog Indonesia 2016

Meneropong Tren Blog Indonesia 2016 – Yap! Pekan pertama Liga Blogger Indonesia (LBI) 2016 sudah dimulai. Sebagai peserta, saya kemudian diwajibkan untuk membuat tulisan dengan tema “Tren Blogger Indonesia 2016”. Hmmm… sangat menguras otak untuk tema kali ini. Sebab, saya harus melakukan pengamatan secara lebih mendalam (guaya tenan…) agar tidak keliru dalam memberikan informasi.

Meneropong Tren Blog Indonesia 2016

Bicara soal blogging, rasanya hampir semua orang sedikit demi sedikit mengenal salah satu hobi (kemudian dijadikan profesi) yang secara kasat mata, hanya duduk berlama-lama di depan laptop atau komputer ditemani dengan koneksi internet. Bahkan beberapa orang di lingkungan saya pun tahu kalau profesi saya sebagai blogger rumahan (karena “berpenghasilan” meskipun setiap harinya hanya di rumah). Nah, di kalangan blogger pun kini sudah mulai terbagi-bagi “aliran”. Mengapa saya sebut aliran? Karena kesenangan seorang blogger dalam menulis pun beragam. Ada banyak niche yang saat ini sedang “bergulat” untuk mendapat tempat dan posisi eksklusif di search engine. Diantaranya, traveling, foods, parenting, healthy dan juga personal blog tidak mau ketinggalan unjuk gigi, eh maksudnya unjuk blog.

Namun, sejauh ini saya sepakat jika Tren Blog Indonesia 2016 ditempati travel blog sebagai posisi pertama. Hal ini lahir dari hasil diskusi dengan beberapa senior blogger yang ikut menyumbangkan pendapatnya (tentunya berdasarkan hasil pengamatan mereka masing-masing). Dan mayoritas menyebutkan travel blog atau blog yang membahas tentang traveling akan lebih bersinar di tahun 2016 ini. Salah satu alasan saya pribadi yang sepakat dengan travel blog adalah semakin dikembangkannya sector-sektor pariwisata yang ada di Indonesia ini. Bahkan orang-orang pemerintahan yang bekerja di bidang pariwisata pun ikut menggalakkan promosi “Visit Wonderful Indonesia” dan mengajak para blogger untuk sama-sama ikut menuliskan konten-konten positif mengenai pariwisata Indonesia, khususnya yang belum populer.

Belum lagi semakin menjamurnya bisnis agen travel yang memberikan harga murah untuk tiket perjalanan PP dari satu kota ke kota lain, bahkan dari Indonesia ke Negara-negara yang sudah terkenal dengan objek menarik dan sayang jika tidak dikunjungi. Dengan begitu, para pecinta traveling semakin dimanjakan dan lagi-lagi akan percuma jika hanya menjadi kenangan tanpa diabadikan melalui tulisan-tulisan di blog. Platform blog sejuta ummat seperti blogspot dan wordpress pun masih selalu menjadi pilihan akan kemudahannya.

Bagaimana dengan niche yang lain? Sebagaimana yang terdapat pada ilustrasi di bawah ini, niche selain travel blog juga tidak bisa dikesampingkan. Seperti food blog, lifestyle blog, fashion blog, healthy blog memiliki daya tarik masing-masing. Apalagi jika berurusan dengan endorsement. Kebanyakan undangan acara/event melirik para personal blogger atau lifestyle blogger untuk ikut sumbang ide dan konten positif di dunia maya. Tak hanya di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, luar pulau Jawa pun sekarang ini sudah mulai dilirik karena blogger sudah menjamur dari Sabang-Merauke. Alasannya sederhana, para personal blogger memiliki gaya penulisan yang unik satu sama lain. Dengan menjadi buzzer di berbagai akun media sosial akan semakin membuka mata masyarakat luas akan hal-hal baru meski terkadang tidak menyadari sedang berada di dunia promosi.

5 Niche Tren Blog Indonesia 2016

Indonesia  memang punya banyak warga Negara multi talenta dan mampu memanfaatkan perkembangan internet yang semakin canggih. Tak heran jika beragam komunitas pun bermunculan dengan visi dan misi yang mengusung skill tertentu. Blogger juga tidak ketinggalan. Komunitas menjadi sarana untuk saling berbagi dan memberi masukan satu sama lain. Tidak jarang menjadi media motivasi secara tidak langsung untuk terus maju menghadapi persaingan hidup yang semakin tidak mudah ini. Meskipun ada-ada saja gesekan yang kemudian menjadi trending topic. Yeah, that’s a life…!

So, let’s we see next… Tren Blog Indonesia 2016 versi kacamata saya ini bisa menjadi bahan referensi. Jikalau pun selama tahun 2016 mendatang ternyata ada pergeseran atau bahkan keliru, kembali lagi bahwa ini hanyalah prediksi. Dan yang terpenting adalah bagaimana kita berusaha fokus, tekun dan semangat mengembangkan diri terhadap blog yang dimiliki dengan berbagai kemajuan informasi dan teknologi saat ini, apapun niche-nya.

Nah, kalau menurut kamu Tren Blog Indonesia 2016 itu apa? Share, yuk!

32 Responses to “Meneropong Tren Blog Indonesia 2016”
  1. tyaseta says:
  2. tesyasblog says:
  3. Ade anita says:
  4. Pakde Cholik says:
    • Mak edith says:
  5. Dini Febia says:
  6. Tatit Ujiani says:
  7. Waya Komala says:
  8. adibriza.com says:
  9. Lidya says:
  10. Jade Ayu says:
  11. febriyan says:
  12. Okti says:
  13. Rudi Hartoyo says:
  14. @nurulrahma says:
  15. Alris says:
  16. ahliah citra says:
  17. adibriza.com says:
  18. Ristin says:
  19. Elisa says:
  20. damarojat says:
  21. Lindati says:
  22. aleks dejavu says:
  23. F.Nugroho says:
  24. Awfa Sehat says:
  25. Bung Rudhy says:
  26. robert says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *