Bisnis

Yuk Jualan Online dari Kanal Belajar Bisnis Online Lazada

Sempat merasa useless karena harus resign dari pekerjaan sebagai dosen di Pulau Kalimantan. Apalagi passion mengajar masih terasa kuat dalam diri. Namun, keinginan untuk tetap stay at home mendampingi tumbuh kembang anak-anak saya yang masih sangat membutuhkan orang tuanya juga tinggi. Bahkan harus mengalahkan ego demi masa depan mereka.

“Di rumah bisa ngajar kok. Buka saja kursus online.

Ucap suami saya waktu awal-awal memutuskan resign. Namun, mengajar online tidak semudah dibayangkan. Banyak persiapan dan rasanya menyita lebih banyak waktu.

“Bunda, yuk jualan online! Bantuin ayah sambil belajar untuk memasarkan ke dunia maya.”

Ya, akhirnya memutuskan untuk bisnis online dengan membantu suami optimasi konten-konten produk percetakan dan menyebarkan layanan jasa cetak seperti undangan fisik, e-invitation, kalender dan apa saja yang bisa dilakukan dengan mesin cetaknya. Semuanya memanfaatkan jaringan internet yang ada di rumah.

Sebelum Memulai Bisnis Online, Lakukan Ini Dulu!

Mudah memang saya mengajak yuk jualan online karena sudah menjalaninya beberapa tahun sebelumnya. Untuk itu, ibu-ibu rumah tangga seperti saya perlu memerhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskannya:

Tentukan Produk Andalan

Kemudahan menjalani bisnis online bukan berarti harus menjual sembarang produk. Kita harus bisa menentukan produk andalan agar bisa me-maintenance dengan baik ketika mengalami pasang surut. Ya, jualan tentu tidak akan laris terus-menerus dan akan menghadapi problematika persaingan bisnis. Produk andalan penting untuk dipikirkan agar semua orang tidak berhenti berlangganan dan selalu membutuhkannya. Dan pasti produk rumah tangga banyak yang bisa jadi bahan jualan.

Riset Pasar 

Siapa yang ingin terjun ke dunia bisnis tentunya harus memiliki kemampuan riset pasar. Jangan pernah meninggalkan step ini karena dengan begitu kita bisa menentukan jenis dan kategori produk yang akan ditawarkan. Meskipun jualan online, tetap harus ada riset dengan melihat kebiasaan pelanggan membeli barang apa saja dengan mudah via online. 

Cari Platform Seller yang Support bagi Pemula

Banyak dari ibu-ibu rumah tangga yang mungkin kebingungan mau jualan di mana. Media sosial memang bagus tetapi alangkah lebih baik lagi jika media sosial sebagai optimizer konten-konten produk yang ada di platform e-commerce. Nah, calon seller harus memahami platform jualan yang akan dipinang untuk menjalankan bisnis online.

yuk jualan online aja dari rumah

Jualan di Lazada bisa jadi platform pilihan karena memberikan kemudahan bagi seller pemula, khususnya ibu-ibu yang baru resign kerja misalnya, agar bisa benar-benar mengembangkan diri dengan produk yang dijual dan tentunya mendapatkan keuntungan sesuai harapan.

Jangan Malas Menambah Wawasan dengan Belajar tentang Bisnis Online 

Ngomongin soal belajar sebelum menjalankan bisnis, e-commerce Lazada bisa jadi pilihan. Sebagaimana yang sebut sebelumnya sebagai platform jualan online ternyata memberikan fasilitas untuk mendukung seller-seller pemula sebelum terjun lebih dalam. Jadi, tidak dibiarkan begitu berjualan begitu saja tetapi juga diedukasi. Inilah salah satu kelebihan jualan di Lazada karena ada kanal belajar dengan berbagai informasi dan fitur bermanfaat. Salah satunya website Yuk Jualan Online dari Lazada yang menyediakan banyak artikel tips dan trik berjualan online. Untuk lebih detailnya, coba deh baca artikel bisnis online dan dapatkan banyak pengetahuan baru dalam berbisnis.

Yuk Jualan Online dengan Skill dan Wawasan agar Naik Level 

Seperti yang sudah dibahas di atas, seller bisa mengembangkan pengetahuan dan menambah wawasan serta skill berjualan melalui edukasi dari kanal belajar Lazada, seperti:

Lazada University

Nah, tempat ini cocok sekali untuk seller yang memiliki produk skala UMKM. Di universitas ini terdapat kurikulum yang mengajak seller untuk memahami cara:

  • memaksimalkan berbagai fasilitas di Lazada
  • mengembangkan usaha
  • meningkatkan penghasilan karena transaksi penjualan yang melejit
  • mengikuti online training yang diselenggarakan

dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan seller untuk memaksimalkan potensinya karena secara berkala selalu ada informasi mengenai program atau fitur-fitur agar sukses berjualan di Lazada.

kanal belajar untuk jualan di Lazada

Lazada Club

Di sini, seller bisa memperluas networking antar sesama seller aktif Lazada. Saling bertukar informasi, inpirasi bahkan motivasi bisa dilakukan di sini. Manfaat lainnya adalah seller bisa ikut setiap acara yang diselenggarakan Lazada meski dikemas secara eksklusif demi meningkatkan kesuksesan berjualan.

Lazada Service Marketplace

Tidak semua seller yang membangun bisnis online memiliki kemampuan untuk mendesain toko dan foto produknya dengan baik. Nah, di sini seller bisa mendapatkan layanan tersebut saat memulai membangun toko online. Bahkan jasa pengelolaan pelanggan, perpajakan hingga manajemen konten juga tersedia di sini. Jadi, masih ragu mengambil kesempatan menjadi seller dan jualan di Lazada?

FBL atau Fulfilled by Lazada

Lagi-lagi Lazada memanjakan seller bahkan pemula sekalipun. Layanan FBL ini memberikan kemudahan bagi seller dalam hal penyimpanan dan pengiriman barang ke buyer agar tepat waktu dan barang jualan tetap dalam keadaan aman. Jadi, barang yang dipesan oleh pembeli diambil di warehouse Lazada kemudian dikemas dengan rapi lalu mengirimkannya. Jika ada kesalahan pengiriman, layanan FBL ini pula yang melakukan proses refund sampai semuanya selesai dan pembeli mendapatkan sesuai dengan yang diinginkannya. Pastinya sebagai seller jauh lebih tenang karena bantuan layanan ini benar-benar penting untuk pemula dalam bisnis online.

Begini Cara Jadi Seller di Lazada

Nah, setelah tahu bagaimana memulai bisnis di Lazada, pastinya ingin tahu juga dong cara menjadi seller-nya agar segera bisa menjalankan bisnis mulai dari sekarang. Yuk jualan online di Lazada dengan mengikuti langkah berikut:

jadi seller dan jualan di Lazada dengan mudah

  • Silakan buka halaman pencarian dan ketik “lazada.co.id”
  • Klik pilihan “Menjadi Seller”.
  • Cari “Daftar Sekarang” dengan Pilihan Penjual Lazada atau Penjual Lazmall.
  • Masukkan data diri dengan benar (sebelumnya pastikan sudah membaca syarat dan ketentuan dengan saksama)
  • Lakukan verifikasi diri dan pastikan dokumen yang dilampirkan benar adanya
  • Tunggu Lazada memverifikasi
  • Jika sudah disetujui, jualan online bisa dimulai
  • Upload produk di Lazada

Nah, mudah sekali bukan? Hanya butuh waktu 1 menit dan kita sudah bisa jualan di Lazada.

Kesimpulan

Well, saya mengajak ibu-ibu rumah tangga di mana pun berada, yuk jualan online memang bukan sekadar ajakan tetapi benar-benar perlu eksekusi yang baik dan sesuai prosedur. Jangan lupa untuk terus belajar menjadi seller yang baik karena bisnis online sudah sedemikian mudah dilakukan bahkan hanya dari rumah. Salah satunya adalah penjelasan saya di atas dengan jualan di Lazada.

Calon pembeli tidak akan kebingungan karena bisa dengan mudah berbelanja di toko yang sudah kita punya di Lazada. Banyak promo dan pasti sangat memanjakan customer dan tentunya kita sebagai seller. So, semua akan merasakan benefit baik di saat menjadi seller atau pun buyer. 

belajar bisnis online di Lazada

25 Comments

  1. Dessy Achieriny October 26, 2022
  2. Shafira-ceritamamah.com October 26, 2022
  3. Nanik Nara October 27, 2022
  4. Istiana Sutanti October 28, 2022
  5. Lisdha www.daily-wife.com October 28, 2022
  6. Myra (Keke Naima) October 28, 2022
  7. Jiah Al Jafara October 29, 2022
  8. Lintang October 29, 2022
  9. Nia Haryanto October 29, 2022
  10. Idah Ceris October 29, 2022
  11. Bibi Titi Teliti October 29, 2022
  12. antung apriana October 29, 2022
  13. Nurul Rahma October 29, 2022
  14. Eri Udiyawati October 29, 2022
  15. andiyani achmad October 29, 2022
  16. RAch Alida October 29, 2022
  17. Uniek Kaswarganti October 29, 2022
  18. Ugik Madyo October 29, 2022
  19. April Hamsa | Mom Blogger October 29, 2022
  20. Okti Li October 29, 2022
  21. lendyagassi October 29, 2022
  22. Lia Yuliani October 30, 2022
  23. Siti Hairul October 30, 2022
  24. Dian Farida Ismyama October 31, 2022
  25. Adriana Dian November 3, 2022

Leave a Reply