Kesehatan

Tips Aman Bersepeda di Saat Pandemi

Sudah nyari setahun kita dihadapkan pada kondisi pandemi. Setiap aktivitas pun harus mengikuti protokol kesehatan saat ini. Jika dulu keluar rumah, hanya langsung keluar tanpa persiapan apapun, sekarang semua perlengkapan protokol kesehatan pun harus yakin semuanya sudah ada di dalam tas sebelum pergi.

Bagaimana dengan aktivitas olahraga outdoor? Ya, pastinya harus mengikuti kebiasaan kehidupan normal baru karena semangat berolahraga juga tidak boleh kendor. Nah, salah satu olahraga yang sedang booming di era pandemi adalah bersepeda. Bahkan tidak sedikit pun masyarakat berlomba-lomba untuk menunjukkan sepeda mereka. Terlepas dari kondisi tersebut, para pecinta olahraga sepeda harus megetahui berbagai hal mengenai tips aman bersepeda.

Kebetulan sekali tanggal 7 November 2020 saya mengikuti sebuah webinar bersama dengan Komunitas Bersepeda, “Yuk Sepedaan Sehat dan Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”. Dari webinar tersebut saya mendapatkan banyak insight soal bersepeda apalagi di tengah pandemi yang selesainya tidak ada yang tahu.

Ada  dr. Riskiyana S. Putra, M.Kes selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan RI menyatakan dalam sabutannya bahwa banyak masyarakat yangmenganggap enteng protokol kesehatan sehingga saat menjalankan kegiatan berolahraga sehari-hari, termasuk bersepeda,  malah menjadi sumber timbulnya penyebaran Covid-19 dengan angka yang sangat tinggi. Mereka tidak menyadari akan hal tersebut, sehingga secara sengaja abai dan tidak peduli.

tips aman bersepeda saat pandemi yang perlu diperhatikan oleh setiap orang agar terhindar dari corona

Dalam webinar ini pula, saya mendapatkan informasi berupa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan olahraga bersepeda selama pandemi.

Tips Aman Bersepeda

Senangnya karena webinar ini juga menghadirkan Founder Indonesia Folding Bike Community, bapak Azwar Hadi Kusuma. Beliau memberikan beberapa tips saat bersepeda yang dibagi ke dalam 3 tahapan. Adapun 3 tahapan tersebut sangat diharapkan untuk diikuti oleh seluruh pecinta olahraga bersepeda dimana pun berada.

1. Sebelum Bersepeda

  • Pastikan dahulu kalau tubuh kita sehat dan bugar. Kalau kurang enak badan jangan dipaksakan keluar.
  • Pastikan rute gowes supaya lebih terarah
  • Atur waktu bersepeda
  • Pakai pakaian yang lebih tertutup.
  • Pastikan perlengkapan keamanan sepeda dan siapkan alat-alat protokol kesehatan 3M, masker cadangan, hand sanitizer, air minum dengan botol bersih dan pastikan tidak digunakan juga oleh orang lain.

2. Sewaktu bersepeda:

Pada saat sudah berada di atas sepeda dan menyusuri rute gowes:

  • Usahakan gowes mandiri kelompok kecil maksimal 5 orang
  • Gunakan helm, kacamata, masker
  • Jaga jarak aman, baik dari depan belakang maupun samping
  • Lakukan olahraga intensitas ringan sampai sedang, jangan diporsir
  • Patuhi rambu-rambu lalu lintas
  • Hindari sosialisasi atau istirahat makan minum bersama apalagi di tempat makan/resto

3. Setelah bersepeda

Nah, kalau sudah sampai di rumah jangan lupa segera lakukan tindakan:

  • Hindari kontak fisik dengan orang rumah
  • Segera lepas masker, kacamata, sarung tangan, sepatu, helm topi dll di luar rumah.
  • Semprot desinfektan.
  • Segera bersihkan diri.

Semua tips di atas kemudian senada dengan yang selama ini dijalani oleh bapak Poetoet Soedarjanto selaku Ketua Bike to Work Indonesia. Beliau menambahkan bahwa saat bersepeda, sangat penting untuk mengetahui tempat-tempat keperluan umum, seperti bengkel, kantor polisi, pos kesehatan dan sarana umum lainnya.

Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama bersepeda. Misalnya saja, jika tahu lokasi bengkel maka ketika ada masalah pada sepeda, langsung berpikir mencari cara agar bisa segera tiba di bengkel tersebut tanpa kendala. Begitu pun dengan kondisi lainnya, tetapi sangat diharapkan agar tidak seperti dan bersepeda tetap aman dan bahagia.

***

Well, memang terlihat sederhana atau sepele sekali olahraga bersepeda ini, tetapi jika tidak diikuti dengan pemahaman wawasan yang bagus, bukannya mendapatkan kesehatan malah sebaliknya. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, harus benar-benar selalu waspada. Virus yang tak kasat mata ini jangan sampai menghalangi kita berolahraga. Melakukan tips aman bersepeda di atas, pastinya semua akan baik-baik saja.

Leave a Reply

Instagram