Parenting

7 Alasan Penting bagi Orang Tua Harus Ikut Popmama Parenting Academy 2021

“Ma, anak saya kok jadi lebih condong megang hape sejak PJJ ya?”

“Ma, bagaimana ya mengatur waktu ajarin dua anak dan mengurus pekerjaan rumah tangga?”

“Tips supaya anak main aman di luar rumah selama pandemi gimana ya, Ma?”

“Ma, cara menghilangkan bosen WFH gimana ya?”

“Apa solusinya supaya bisa konsentrasi kerja selama WFH ya, Ma?

“Ma, katanya ngelahirin SC itu enak ya? Kok aku sakit banget rasanya…”

Dan serentetan kalimat serupa yang bermunculan di masa pandemi seperti ini. Orang tua yang harus berjibaku dengan urusan rumah tangga, pengasuhan anak dan pekerjaan kantoran memang akan mengalami kompleksitas situasi. Belum lagi yang memang mengalami permasalahan inner child yang belum terselesaikan, sangat riweuh pasti.

Orang Tua Cerdas bersama Popmama.com

Permasalahan di atas sebenarnya tidak perlu ada jika orang tua yang bersangkutan senantiasa terus belajar menjadi orang tua yang baik. Tidak puas dengan pola pengasuhan turun-temurun yang sebagian sudah tidak relevan dengan kondisi anak millenial saat ini. Nah, beruntung di era digital ini informasi seputar parenting bisa diperoleh hanya dengan duduk santai di rumah.

Situs parenting Popmama.com adalah salah satu situs parenting yang berisi ragam informasi dan pastinya dibutuhkan oleh orang tua, apalagi di masa pandemi seperti ini. Nah, kebetulan lagi bahas Popmama.com saya jadi ingat kalau akan ada agenda keren dan luar biasa untuk orang tua yang disebut dengan Popmama Parenting Academy 2021.

Popmama Parenting Academy 2021, Apa Itu?

Tenang, Ma. Keep reading till the end, ya!

Popmama Parenting Academy 2021 adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Popmama.com sebagai solusi tak terbatas bagi keluarga yang mencari informasi pengasuhan anak (parenting), hiburan, belanja, kesehatan dan berbagai lomba yang menyertai hadirnya kegiatan ini.

Kegiatan ini akan berlangsung 1-31 Desember 2021 mendatang, meskipun beberapa acara pendukung sudah mulai berjalan sejak bulan November. Selama sebulan, para orang tua diajak untuk saling mendukung dengan orang tua lain, Parents Support Parents sebagaimana tagline yang sangat memberikan aura positif ini.

popmama parenting academy 2021

7 Alasan Orang Tua Harus Ikut POPAC 2021

Nah, dari penjelasan singkat mengenai POPAC 2021 ini, pastinya sudah bisa mendapatkan gambaran pentingnya ikut serta. Berikut saya jabarkan lebih detail lagi, 7 alasan mengapa setiap orang tua millenial sangat disayangkan jika tidak terdaftar sebagai peserta:

#1. Belajar Parenting alias Pengasuhan Anak

Dengan mengikuti POPAC 2021, seluruh orang tua akan mendapatkan kesempatan belajar secara online, baik itu melalui kelas seperti webinar, kuliah WhatsApp, bahkan bisa belajar dari content series yang diberikan selama POPAC 2021 berlangsung. Seru sekali pastinya karena orang tua tidak perlu meninggalkan rumah untuk mengikuti kegiatan ini. Bisa sambil bercengkerama dengan anak sambil mendengarkan materi saat kelas berlangsung.

#2. Banyak Ilmu Terkini soal Parenting

Namanya saja Popmama Parenting Academy, sudah pasti selama sebulan ini para orang tua yang ikut meluangkan waktunya, menyediakan gelas kosong untuk mendengarkan materi seputar parenting akan dipenuhi dengan ilmu-ilmu berkualitas mengenai pola pengasuhan. Masalah-masalah yang menjadi pertanyaan di awal artikel ini akan terjawab satu per satu.

Tidak percaya? Buktikan sendiri, yuk!

#3. Dapat Guidance Book for Pandemic Generation

Kabar bahagia lagi dan menjadi salah satu alasan untuk ikutan adalah akan hadir Popmama Guidance Book for Pandemic Generation yang bisa diperoleh GRATIS hanya di situs popmama.com. Buku ini kabarnya akan berisi informasi dan tips mengasuh anak yang masa tumbuh kembangnya harus menghadapi kondisi yang namanya pandemi.

Bisa dibayangkan proses struggling dari para orang tua yang pastinya shock dengan kondisi mengasuh anak yang tak sebebas anak-anak lainnya di masa sebelum pandemi. Banyak hal yang harus diwaspadai dan dilakukan agar mereka tetap tumbuh dan berkembang optimal, apalagi di hadapan mereka adalah zaman transformasi digital yang sangat dahsyat.

Buku ini dibuat berdasarkan penelitian, pengalaman para anggota komunitas WAG Popmama. Dikemas dan disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami. Tidak perlu khawatir mengenai teori dan fakta di dalam buku ini, karena proses pembuatannya melinatkan beberapa ahli seperti:

  • Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, M.Psi, psikolog dari Tiga Generasi
  • Psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHP.Ed,
  • Ni Luh Putu Maitra Agastya, peneliti dari Puskapa Universitas Indonesia
  • dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.Adokter spesialis anak dari RSPI Puri Indah
  • Rista Zwestika S.Sos AWP CFPPenasihat keuangan dari Finansialku 

Bagaimana? Masih butuh alasan lagi? Lanjut baca ya, parents!

#4. Banyak Lomba

Ya, di POPAC 2021 ini ada lomba menarik yang bisa diikuti oleh orang tua, khususnya Mama yang suka menulis, dan juga anak. Lomba untuk anak adalah Popmama Little Star 2021 yang mengajak anak-anak untuk unjuk kebolehan sesuai dengan bakat dan minat anak. Jadi, dalam kompetisi ini, anak-anak diberikan kesempatan untuk show up kebolehannya, baik itu di bidang menari, menyanyi, berakting, modelling, olahraga, dan lain sebagainya. Lomba ini masih berlangsung hingga 4 Desember 2021. Seru kan, parents!

lomba popmama parenting academy 2021

Bagaimana dengan Lomba Menulis Blog untuk Mama? Untuk kompetisi ini, setiap mama diharuskan menuliskan mengenai Popmama Parenting Academy 2021 ini di blog. Jadi, pastikan sudah memiliki blog dan mengikuti persyaratan yang sudah dituliskan oleh panitia POPAC 2021. Hadiahnya lumayan banget, lho!

Selain lomba untuk anak dan lomba menulis untuk Mama, Popmama juga memberikan penghargaan spesial kepada komunitas yang di dalamnya menjunjung tinggi supportive dan educative system. Ya, istilah penghargaan ini adalah Community Award yang nantinya akan mendapatkan bantuan operasional sebesar Rp 5.000.000,- rupiah. Gimana, keren kan POPAC 2021?

#5. Bisa Ikut Berdonasi

Berbagi dan menyisihkan rezeki yang kita miliki adalah kebaikan yang tak ternilai. Senangnya karena ajakan untuk berbuat kebaikan tidak luput dari agenda POPAC 2021 ini. Melalui program #KawalMasaDepan kita bisa berdonasi untuk anak-anak yatim hingga tanggal 31 Desember 2021. Yuk, jangan lewatkan kesempatan baik ini, belajar dan dapat ilmu serta ikut membantu anak yatim!

#6. Menambah Parents Networking

Nah, ini pastinya yang menjadi alasan lain dan sekaligus bonus mengikuti rangkaian agenda Popmama Parenting Academy 2021. Kita akan makin banyak mengenal orang tua dari wilayah mana saja dan saling mendukung satu sama lain. Bahkan kita bisa saja mendapatkan ide, manfaat dan juga pengalaman berbeda dengan permasalahan pola pengasuhan yang kita alami.

Kalau sudah seperti ini tidak akan ada lagi orang tua yang merasa sendiri mengalami permasalahan dalam mengasuh dan mendidik anak, bukan?

#7. Bisa Belanja di Bazaar

Ini juga menjadi media yang sengaja dihadirkan POPAC 2021 untuk memfasilitasi orang tua dengan berbagai kebutuhan anak dan tentunya kebutuhan Mama sendiri. Banyak brand yang akan memberikan diskon dengan berbagai bentuk. Hmm, pastinya sangat sayang dilewatkan nih ya apalagi masa pandemi seperti ini sebisa mungkin mengatur bujet pengeluaran.

agenda popac 2021

7 alasan di atas apakah masih sangat meragukan untuk ikut serta? Saya yakin nih sudah sangat tidak sabar pastinya, bukan?

Keseruan POPAC Tahun Sebelumnya

Supaya lebih meyakinkan nih, berikut sedikit gambaran keseruan agenda POPAC dari tahun 2018 hingga tahun 2020 lalu. Sekadar informasi bahwa POPAC 2021 ini adalah kegiatan kedua yang berlangsung virtual karena kondisi pandemi. Namun, dipastikan tidak akan mengurangi keseruan seperti tahun-tahun sebelumnya.

POPAC 2020

Pertama kalinya Popmama Parenting Academy diselenggarakan virtual. Namun, keseruannya sangat terasa. Berlangsung dari 28 September – 3 Oktober 2021 dimeriahkan dengan agenda seperti kompetisi online, meet expert, meet up community, online bazaar dan lainnya.

POPAC 2019

Agenda ini hanya berlangsung selama 3 hari dan belum banyak sponsor seperti POPAC 2021 mendatang. Kegiatannya berupa talskhow, workshop dan ada juga kompetisi untuk anak-anak.

Popmama Expo 2018

Acara ini sebenarnya tidak dengan nama POPAC tetapi Popmama Expo 2018. Kegiatannya hanya fokus pada kompetisi anak-anak dan bazaar produk kebutuhan mama dan anak. Acaranya juga hanya berlangsung selama 2 hari.

So parents, jangan sia-siakan waktu Desember 2021 terlewat percuma tanpa mengikuti seluruh rangkaian acara POPAC 2021 ya. Saya sudah jelaskan panjang lebar juga alasannya di atas.

Info Lebih Lanjut

popac 2021

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini, bisa langsung cuss ke:

  • Instagram Popmama di @popmama.parenting.academy
  • Wesbite di https://popac.popmama.com/

***

Well, sudah saatnya semua orang tua saling mendukung, bukan menjatuhkan. Dan manfaatkan bulan Desember dengan rangkaian kegiatan Popmama Parenting Academy 2021 untuk mendapatkan insight, motivasi, inspirasi bahkan koneksi untuk tetap bahagia menjalankan peran sebagai orang tua idaman.

Leave a Reply