Blogging Info Properti

Mengadopsi Konsep Desain Yacht untuk Membangun Rumah

Mendesain rumah di zaman sekarang tidak mesti harus berpatokan pada konsep minimalis, maksimalis, atau skandinavian. Misalnya saja menggunakan desain bangunan serupa dengan yacht yang saat ini dikatakan menjadi trend desain hunian mewah yang paling banyak diadopsi di dunia. Bagi beberapa orang yang mendesain rumahnya dengan desain yacht, mengatakan alasan mereka memilih desain tersebut dikarenakan ingin memindahkan kesan yang mereka dapatkan di yacht atau saat mengarungi lautan ke dataran tempat mereka tinggal.

Desain yacht sendiri di sini adalah desain yang menyerupai kapal pesiar. Pasti sudah ada yang pernah melihat rumah dengan desain ini, bukan? Konsep ini dikatakan menjadi trend disebabkan pengaplikasiannya yang bukan hanya terbatas pada pola bangunan namun juga dari visi pengalaman yang dihadirkan mirip seperti menaiki Yacht. Hal tersebut yang membuat konsep ini tidak hanya hadir khusus untuk hunian dengan luasan tertentu, namun juga dapat berada pada hunian vertikal.

Untuk hunian vertikal, konsep yacht yang dihadirkan lebih kepada suasana interior yang mirip seperti di dalam dek kapal. Tidak terlepas dari hunian mewah, sebenarnya konsep ini pun dapat dihadirkan untuk rumah-rumah biasa yang memiliki luas tanah cukup besar maupun sewa apartemen. Jika tertarik menjadikan hunian berkonsep seperti ini, pastikan sudah mengaplikasikan poin-poin di bawah ini:

Dekat dengan Perairan

Letak hunian yang berdekatan dengan wilayah perairan merupakan hal yang memudahkan untuk diaplikasikannya konsep yacht ini. Pada dasarnya desain yacht ini sangat mengedepankan pandangan yang luas seperti berada di atas laut, namun bukan berarti harus memiliki pandangan penuh atau 360 view dari hunian kita. Semakin dekat pandangan dari hunian dengan perairan, konsep pengalaman di atas yacht ini akan semakin terasa.

Selain itu, berdekatan dengan perairan bukan berarti hanya hunian sejajar yang dapat mengaplikasikan desain yacht ini. Bagi siapa saja yang memiliki apartemen atau hunian vertikal sejenisnya, kita juga dapat merasakan pengalaman berada di atas yacht dari pandangan ketinggian hunian kita.

Komposisi Bangunan

Berbicara komposisi bangunan, tentu khusus bagi kita yang bermukim di hunian tapak. Sebenarnya, tidak harus yang berada dekat perairan. Jika memiliki luas tanah besar di bagian belakang hunian, itu bisa menggunakan konsep desain yacht. Komposisikan hunian sekitar 35% untuk bangunan dan 65 % untuk wilayah terbuka. Dari wilayah terbuka ini, kita dapat membuat bagian dalam dek dengan menambahkan kolam renang kecil atau jacuzzi dengan lantai kayu yang mengitari area tersebut.

Jika area rumah dikelilingi oleh rumah tetangga atau berada di wilayah padat penduduk, dapat membatasi bagian samping dan belakang rumah dengan sebuah tembok yang tinggi untuk memunculkan suasana pada dek kapal. Untuk hasil yang lebih maksimal, hunian yang bertingkat lebih disarankan.

Memiliki 2 lantai saja sudah cukup untuk melihat desain dek yacht pada wilayah terbuka dari area hunian kita. Posisikan juga ruang berkumpul atau ruang tamu di bagian yang menghadap area terbuka (menghadap belakang) dengan dinding dari kaca. Desain pada ruang tamu tersebut juga dapat diaplikasikan untuk siapa saja yang tinggal di hunian vertikal guna menampilkan pemandangan perairan yang luas.

Fasilitas dan Aksesoris

Untuk membuat kesan yang sangat mirip seperti yacht, buat dua buah akses tangga menuju ke lantai atas di bagian samping. Jika memiliki budget yang besar, kita juga dapat membuat tangga sweeping staircases di bagian tengah untuk membuat nuansa super yacht yang mewah.

Sebagai aksesoris tambahan, bisa juga membuat sebuah dapur berkonsep bar pada bagian tengah hunian untuk meng-copy ide yacht modern. Usahakan untuk memberi warna yang terang dan natural untuk memunculkan nuansa ruang yang luas atau warna-warna elegan untuk kesan yang lux sebagaimana kapal pesiar yang sesungguhnya.

15 Comments

  1. Ridwan Januari 22, 2019
  2. Didno Januari 22, 2019
  3. Krisna Januari 22, 2019
  4. dekcrayon tata Januari 23, 2019
  5. Dian Januari 23, 2019
  6. Reni Dwi Astuti Januari 23, 2019
  7. Dede Abdurahman Januari 23, 2019
  8. adeuny Januari 23, 2019
  9. Ubay Januari 23, 2019
  10. Tikha Januari 23, 2019
  11. Sugi Siswiyanti Januari 24, 2019
  12. Sapti nurul hidayati Januari 25, 2019
  13. Miss Riana Januari 26, 2019
  14. Nia K. Haryanto Januari 29, 2019
  15. Irra Octaviany Januari 29, 2019

Leave a Reply

Instagram