Blogging

Investasi yang Bisa Dilakukan dari Bisnis Jasa Foto Produk

Investasi yang Bisa Dilakukan dari Bisnis Jasa Foto Produk mungkin bisa menjadi alternatif selain berinvestasi emas. Memang sih waktunya tidak secepat yang dirasakan saat “panen emas” atau lainnya saat waktunya sudah pas.

Namun, setelah beberapa tahun menekuni hobi yang saat ini sudah terbilang jadi profesi, investasi ternyata bisa dilakukan dengan bisnis jasa foto produk. Meskipun saya belum menghasilkan milyaran rupiah dari sekali jepret, setidaknya bisa membuat saya sedikit lega bernapas.

Ya, di tengah tuntunan kebutuhan kian banyak dan pendapatan yang terombang-ambing pandemi, bisnis jasa foto produk saya jadikan salah satu media investasi.

Adapun bentuk investasi tersebut adalah

Menyediakan Properti Foto dengan Berbagai Genre dalam Fotografi

Saat ini memang mayoritas yang menggunakan jasa foto saya adalah genre makanan. Namun, bukan berarti tidak punya properti untuk genre lain. Nah, di sinilah yang saya maksud sebagai investasi.

Jika sewaktu-waktu ada yang butuh jasa foto di luar food photography, saya tidak lagi kelimpungan untuk membeli dulu atau cari-cari di e-commerce. Karena itu akan membutuhkan waktu sementara pihak klien biasanya tidak mau menunggu lama.

Jual Hasil Foto di Internet

Hal ini juga salah satu investasi. Ketika melakukan jepret foto pastinya tidak sekali dua kali dan pasti dengan angle berbeda. Nah, di sini jadi kesempatan untuk foto yang tidak diminta klien, bisa dijual asalkan tidak sama persis dengan yang diambil klien.

Hasilnya bagaimana? Sampai saat ini masih terus berproses. Tetapi saya yakin dan percaya suatu saat akan menghasilkan. Tinggal butuh ketekunan saja untuk mengunggah foto-foto tersebut.

Kolaborasi

Saat ini memang bukan lagi untuk berkompetisi karena sesuatu yang dilakukan bersama, hasilnya cepat diperoleh. Nah, bisnis jasa foto produk akan cepat berjalan dengan baik jika berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya bisa dengan studio foto.

Nah, investasi apa yang diperoleh di sini? Tentunya relasi yang semakin luas dan banyak. Personal branding juga cepat terlihat karena makin banyak orang yang mengetahui keberadaan kita karena berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Jual Properti Foto

Terkadang ada masa di mana uang dalam wujud fisik dan non fisik itu tak dimiliki (baca: bokek). Nah, sebagai orang yang buka jasa foto produk dengan berbagai properti, menjual salah satu koleksi properti itu juga bisa.

Nah, sesuai dengan poin 1 di atas bahwa properti foto bisa jadi investasi itu tidaklah sekadar teori. Apakah ada yang membeli? Pastinya ada apalagi jika yang dijual memang limited edition atau properti yang paling banyak dibutuhkan dalam fotografi.

Investasi pada Lembaga Terpercaya

Nah, ini juga penting. Hasil dari menjual jasa foto jangan dihabiskan begitu saja. Sisihkan untuk investasi pada lembaga investor yang terpecaya. Sudah banyak referensi. Beberapa lembaga tersebut juga sudah saya bahas di blog ini. Silakan search aja dengan kata investasi.

***

Well, bagi yang senang fotografi dan masih muda, alangkah baiknya untuk memikirkan masa depan hobi tersebut dan dikelola lebih serius. Saya sendiri mengaku menyesal karena terlambat mengelola passion yang sejak 15 tahun lalu.

5 Comments

  1. Yuniari Nukti August 30, 2020
  2. Nining August 30, 2020
  3. Ria Rochma August 30, 2020
  4. Reyne Raea August 31, 2020
  5. Tatit August 31, 2020

Leave a Reply

Instagram