Blogging Suara Hati

Ini Dia 5 Hal yang Saya Peroleh dari Traveling

Ini Dia 5 Hal yang Saya Peroleh dari Traveling – Jalan-jalan mengelilingi Indonesia plus dunia adalah impian saya dan pasti semua orang, bukan? Ada yang jawab dengan kata “tidak”? Wow, sangat langka jika benar ada yang demikian. Namun, tidak semua orang kemudian “mendapatkan sesuatu” dari hasil perjalanan traveling selain lelah dan kantong bolong. Ya, saya bisa berasumsi seperti itu karena di sekitar saya banyak yang berargumen demikian. Padahal kalau dipikir sepintas lalu, orang-orang yang melakukan traveling kesana-kemari adalah salah satu manusia beruntung. Hmm… setidaknya menurut saya pribadi.

Betapa tidak, mngunjungi tempat-tempat baru, baik itu destinasi wisata atau bukan (baca: belum), pasti akan meninggalkan bekas tersendiri. Entah itu pengalaman selama bernafas di tempat tersebut, suasananya, budaya orang sekitar hingga pada kuliner yang bisa jadi tidak ditemukan selain di tempat tersebut. Semuanya jika dilukiskan dengan kata-kata pasti tidak akan cukup satu halaman saja.

Begitupun dengan saya. Impian menjadi traveler saat masih kuliah dulu memang sepenuhnya belum terwujud. Ada prioritas yang kemudian harus menyita waktu, tenaga dan pikiran saya. Ya, apalagi kalau bukan keluarga kecil saya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, aktivitas “traveling tipis-tipis” pun bisa terlaksana.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitulah mungkin yang sedikit menggambarkan kondisi saya. Mudik ke kampung halaman, ternyata bisa sejenak melipir ke tempat lain yang lumayan jauh dari rumah. Kalau kata adik saya sih, jalan-jalan tak terencana. Ya, kami bisa menjangkau sebuah lokasi yang menjadi destinasi wisata kekinian juga lho. Terwujud karena rencana yang mendadak.

Back to the topic…

Dari traveling tipis-tipis yang pernah saya lakukan sampai saat ini, ini dia 5 hal yang saya peroleh dari traveling tersebut:

  • Teman Baru; mengunjungi tempat baru selalu membuat saya menambah banyak kenalan baru. Laki-laki maupun perempuan, tua atau muda, semuanya menambah deretan orang-orang yang bisa saya sambungkan silaturahim jika kembali ke tempat tersebut. Dari sinilah saya semakin percaya akan kekuatan silaturahim menambah rezeki.
  • Ide Menulis; meskipun tidak semuanya perjalanan saya kemudian tertuang dalam tulisan, tetapi hampir sebagian besar menjadi bahan saya menulis. Jangankan keluar kota, di kota domisili saya saat ini begitu banyak hal yang bisa ditulis setelah mengunjunginya
  • Pikiran Fresh; jika ada perjalanan yang menyisakan kepala pusing dan stress, itu bukan traveling yang sebenarnya. Toh tujuan kita traveling ingin sejenak melepaskan penat setelah berkutat dengan pekerjaan harian yang sangat melelahkan. Kalau kembali dari traveling semakin menambah penat, traveling seperti apakah itu? Karena setahu saya, meskipun traveling dilakukan dengan berjalan kaki, menyusuri lokasi yang jauh, dan semisalnya tidak akan pernah meninggalkan lelah tetapi bahagia. Betul, tidak? Jadi, sepulang traveling pasti pikiran lebih Apalagi jika destinasi adalah kawasan yang memang masih sangat alami dan sejuk, raga akan merasakan sensasi kesegaran.
  • Galeri Foto Bertambah; karena sekarang senang ikut uji kemampuan jepret di beberapa akun pepotoan di Instagram, maka mendapatkan objek serta angle yang pas saat traveling itu bagi saya adalah oleh-oleh yang menyemangati. Syukur-syukur bisa masuk dalam kategori grid, senangnya bukan kepalang. Kalau pun belum, tetap semangat jepret untuk tema berikutnya. Pastinya gallery di laptop atau hape makin bertambah.
  • Kekayaan; memang sih kekayaan di sini bukanlah materi semata, tetapi “kaya batin”. Dengan traveling saya bisa menunjukkan pada keluarga saya di kampung bahwa keputusan tidak bekerja di ranah publik ternyata mampu membawa saya kemana-mana tanpa harus menunggu surat tugas atasan untuk jalan-jalan (demi tugas).

Hmm… semoga saja 5 hal yang saya peroleh dari traveling bisa menjadi referensi juga bagi teman-teman dan pembaca setia saya. Karena traveling tak harus menunggu kita kaya dulu, haha…

6 Comments

  1. dekcrayon tata Juli 18, 2017
  2. Dama Vara Juli 19, 2017
  3. Pekalonganku Juli 19, 2017
  4. siswonesia Juli 20, 2017
  5. feriza mia Juli 21, 2017
  6. syuhada Juli 21, 2017

Leave a Reply

Instagram