Parenting

Cara Merawat Kulit Bayi agar Tetap Lembut dan Sehat

“Aduh, Bun. Anak saya rewel banget kalau dipakaikan diapers.”

“Kulit bayi saya sensitif, jadinya suka rewel kalau lagi berkeringat banyak.”

“Sabun bayinya bikin kulit bayi saya kering.”

Dan masih banyak lagi permasalahan terkait dengan kulit bayi. Ya, namanya juga bayi kulitnya memang masih sangat sensitif sehingga perlu memilih produk skincare yang tepat agar bayi tak hanya nyaman tetapi juga sehat. Hal ini bisa berpengaruh dengan tumbuh kembangnya secara tidak langsung, lho. 

Bayi yang selalu merasa tidak nyaman setiap hari pastinya akan tantrum dengan banyak gaya. Ada yang tidak bisa tidur nyenyak, ada yang menangis terus bahkan ada yang menunjukkan tanda pada kulitnya. Nah, penting sekali untuk memastikan bahwa cara merawat kulit bayi sudah kita lakukan dengan baik dan benar. 

Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Benar? 

Bayi tidak memerlukan perawatan yang njlimet karena memang kulitnya masih sangat sensitif. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara merawat kulit bayi:

1. Bayi Dimandikan dengan Suhu Air yang Tepat

Mandi air hangat. Itu yang selalu dilakukan pada bayi setiap pagi dan sore hari. Namun, hangat air tersebut juga bervariasi. Pastikan suhunya benar-benar tidak membuat bayi merasa kaget yang ditandai dengan menangis, ekspresi kaget atau semisalnya. 

cara merawat kulit bayi dengan cetaphil baby skincare

2. Pastikan Bahan Handuk yang Dipakai Nyaman untuk Bayi

Kulit bayi yang sensitif membutuhkan perlengkapan seperti baju dan lainnya dengan bahan lembut. Handuk pun tidak kalah penting harus memilih dengan bahan yang nyaman dan tidak kasar. Gesekan kulit saat mengeringkan tubuh bayi sehabis mandi pasti akan terjadi sehingga dibutuhkan handuk yang nyaman. 

3. Memilih Detergen Khusus untuk Pakaian Bayi

Ini juga penting karena detergen khusus bisa menjadikan pakaian bayi tetap nyaman digunakan. Apalagi jika bayinya aktif dan sering mengeluarkan keringat. Keringat yang bereaksi dengan serat kain biasanya akan memberikan efek ke kulit. Untuk itu perlu memerhatikan jenis sabun untuk mencuci pakaian bayi. 

4. Suhu Ruangan yang Aman

Suhu ruangan terlalu dingin atau panas membuat kulit bayi juga mendapatkan efek sampingnya. Jadi, sebaiknya suhu ruangan diatur sehingga tidak menimbulkan kekeringan pada kulit atau sering berkeringat sehingga membuat bayi jadi tidak nyaman.

5. Memilih Rangkaian Perawatan Skincare dengan Bahan yang Aman

Aktivitas dimulai dari bangun pagi sebenarnya harus senantiasa memberikan suasana aman, nyaman dan ceria untuk bayi. Mandi dan tidur adalah dua aktivitas utama bayi pastinya. Nah, mandi tentunya perlu menggunakan sabun atau baby wash dengan bahan lembut, aman dan halal. Bagaimana dengan saat tidur? Bayi harus dipastikan tidur dengan nyenyak tanpa merasakan kedinginan apalagi ruam popok. Ini adalah cara merawat kulit bayi yang paling utama sebenarnya sehingga perlu diperhatikan. Solusinya adalah memilih produk skincare yang memenuhi kebutuhan dan menutrisi kulit bayi juga. 

Beruntung sekali karena dikenalkan dengan Cetaphil Baby oleh seorang teman yang sudah lebih dahulu berpengalaman dengan bayi. Ternyata produk Cetaphil hanya untuk orang dewasa saja. Saya pun mencoba dan menikmati hasilnya, bayi jarang rewel di malam hari, kulit tetap lembut dan pastinya wangi sabun yang memang khas untuk bayi. 

Berkenalan Lebih Dekat dengan Cetaphil Baby Skincare

Bayi saya memasuki usia 4 bulan dan gerakannya makin banyak. Tubuhnya sering berkeringat dan sesekali mengalami ruam popok. Tentunya sebagai ibu saya tidak tinggal diam. Selalu mencari cara agar bayi saya tetap nyaman meski makin besar makin banyak gerakan yang artinya sedang berinteraksi dengan sekitarnya. 

Pengalaman Mandi dengan Cetaphil Baby Wash & Shampoo

review cetaphil baby wash & shampoo

Mandi menjadi aktivitas wajib bayi dan merupakan salah satu momen mengikat bonding antara saya dan si bayi. Momen mandi bisa menjadi hal menyenangkan bagi bayi jika menggunakan sabun yang tepat karena kulit bayi sangat sensitif. Beruntung sekali mengenal Cetaphil Baby Wash & Shampoo, satu produk yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh bayi hingga rambutnya. 

Bahan yang digunakan dalam sabun sekaligus shampoo ini adalah glycerin dan panthenol untuk membersihkan dan menjaga kehalusan rambut serta kelembapan kulit bayi. Bahan ini kemudian membentuk emolien yaitu melindungi kulit dengan kelembapan optimal. 

Pengalaman menggunakannya sejauh ini aman. Wanginya tidak menyengat tetapi harum untuk kulit bayi dan pastinya tidak menghasilkan busa yang terlalu banyak sehingga aman memandikan bayi yang masih di bawah usia 1 tahun.

Bye Bye Ruam Popok dengan Cetaphil Baby Diaper Cream with Organic Calendula

Cetaphil Baby  Diaper Cream  with Organic Calendula

Saat ini menggunakan popok bayi sudah bukan hal tabu. Memudahkan dan membuat bayi juga nyaman karena selalu kering area bawahnya. Namun, namanya kulit bayi yang sensitif, bergesekan dengan popok kadang menyebabkan ruam. Nah, saya tidak lagi khawatir karena sejak anak pertama sudah memiliki cara mengatasi dan merawat kulit bayi, yaitu dengan Cetaphil Baby Diaper Cream with Organic Calendula. 

Saya senang menggunakan produk anti ruam dari Cetaphil Baby satu ini karena cepat sekali memberikan hasilnya. Saat saya kelupaan untuk mengganti popok karena tertidur atau bayi dalam keadaan tidur lama dan khawatir membangunkannya, otomatis durasi pemakaian popok menjadi lebih lama. Meski tidak mengganti sesuai jam yang seharusnya, kulit bayi tetap aman setelah diolesi Cetaphil Baby Diaper Cream ini. 

Warna krimnya yang putih kental dan pekat serta wangi tak mengganggu ini dikemas dengan ukuran 70 gr pun aman dibawa kemana-mana bahkan tidak mengambil banyak space dalam tas. Kelebihan lainnya yaitu:

  • Bisa untuk jenis kulit bayi apa pun
  • Dibuat dengan bahan calendula organik, sunflower seed oil, glycerin dan almond oil yang memberikan efek tenang pada kulit bayi
  • Mengurangi kekeringan pada kulit bayi.
    Melindungi kulit bayi dan menghidrasinya sepanjang hari.
  • Mengandung formula hipoalergenik.
  • Bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir.
  • Sudah teruji secara dermatologi.
  • Testimoni penggunanya banyak yang setuju bahwa Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream mengatasi masalah ruam atau kemerahan pada kulit bayi di area pemakaian popok. 

Untuk harga juga terbilang terjangkau dengan khasit produk yang optimal pada kulit bayi.

Kulit Lembap Sepanjang Hari dengan Cetaphil Baby Advanced Protection Cream with Organic Calendula

Cetaphil Baby  Advanced Protection Cream  with Organic Calendula

Senang sekali karena produk Cetaphil Baby Advanced Protection Cream dengan bahan Organic Calendula ini bisa dibawa kemana saja. Waktu itu ada urusan penting harus keluar kota dan menggunakan transportasi kereta. Selama di kereta pendingin ruangan memberikan efek ke kulit apalagi jika perjalanan dalam waktu lama. Kulit bayi yang masih sensitif pastinya butuh perlindungan. 

Pastinya krim pelindung dari Cetaphil Baby saya bawa selalu untuk perlindungan kulit bayi. Kelebihan dari krim ini yaitu:

  • Bahan calendula organik, shea butter, dan glycerin mampu memberikan efek menenangkan pada kulit yang sangat kering.
  • Kulit bayi aman dari kekeringan dan iritasi
  • Melindungi kulit bayi (terhidrasi dengan baik) dengan pemakaian 2x sehari
  • Menutrisi kulit bayi hingga 8 jam
  • Mengandung formulanya hipoalergenik.
    Bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir, seperti bayi saya yang saat lahir kulitnya di beberapa bagian terkelupas dan sejak menggunakan produk krim pelindung Cetaphil Baby ini, kulit kering bayi saya pulih lebih cepat 
  • Sudah teruji secara dermatologi

Untuk harganya sejauh ini aman dengan kemasan 85 gr bisa dipakai lama karena dioles tipis-tipis ke kulit bayi dan packaging aman dibawa kemana-mana. 

*** 

testimoni review cetaphil babyi skincare

Well, pastikan kulit bayi tetap dalam keadaan lembut dan sehat agar bayi tetap nyaman dalam menjalani masa-masa tumbuh kembangnya. Kulit bayi yang lembut dan sehat membuat bayi tumbuh ceria dan bahagia tanpa drama. 

Leave a Reply