Blogging

Cara Mencari Ide Menulis Artikel di Blog

Kalau tahu cara mencari ide menulis artikel di blog, pastinya tidak akan ada yang namanya buntu untuk update blog secara berkala. Namun, kembali lagi sih bagi setiap orang karena berbeda juga faktor sekitarnya yang akan berpengaruh pada waktunya.

Manfaat Menulis di Blog

Rasanya sudah sering saya menuliskan manfaatnya sebagai salah satu alasan menulis. Namun balik lagi bahwa masing-masing manfaat akan kembali pada diri sendiri, sejauh mana mau berupaya dengan lebih keras lagi.

Sebab, ide akan selalu muncul jika diasah terus-menerus dengan menulis. Apapun temanya, asalkan kita punya kapasitas di bidang tersebut, maka jangan pernah menunda untuk menuliskannya lagi.

Dan sejauh ini manfaat paling utama saya menulis blog tidak lain adalah self-healing. Saya yang harus mengeluarkan 20.000 kata perhari menjadi bingung sendiri alias I have to do that writing.

tipc mencari ide untuk menulis artikel di blog

Nah, berikut adalah cara mencari ide bagi siapa saja yang mengaku bloggeragar tidak lagi membiarkan blog menjalani hari tanpa artikel baru. Dan ini reminder keras juga buat saya supaya ke depannya tidak lagi banyak alasan jika blog tidak update apalagi alasan klasik yang membuat malu.

1. Banyak Membaca

Membaca di sini pun tidak diartikan hanya dengan mengamati kisah atau cerita dalam sebuah buku. Membaca diartikan lebih luas, seperti banyak membaca situasi yang sekarang terjadi. Tidak perlu memikirkan sesuatu yang rumit dulu. Apa yang menjadi perasaan saat ini saja itu bisa jadi satu artikel yang menarik untuk dikunjungi.

Kalau malas membaca, wawasan juga tidak bertambah apalagi jika hanya sekadar melewatkan hari tanpa mengambil makna yang terjadi. Karena ide yang berangkat dari hal sederhana justru sesuatu yang unik untuk dinikmati.

2. Nonton TV atau Streaming

Karena di rumah TV bukan sesuatu yang harus ada, maka streaming menjadi salah satu jalan untuk menonton. Namun, karena lama tidak menonton TV, streaming juga hanya untuk keperluan pekerjaan yang harus segera dilakukan.

Kebiasaan saya yang suka menonton drama Korea on going bisa menjadi tips mencari ide menulis artikel. Cara ini sudah banyak dilakukan orang lain juga sehingga blog tetap update artikel.

3. Diskusi Sama Pasangan

Ini yang saya lakukan kalau lagi buntu menulis. Meskipun lebih banyak akhirnya tidak dieksekusi karena pekerjaan utama sebagai ibu sudah memanggil, belum lagi si kecil menangis.

Hasil diskusi dengan pasangan menjadi salah satu jalan untuk brainstroming buat saya. Tidak hanya untuk soal ide menulis sih sebenarnya tetapi juga untuk masalah yang saya hadapi ketika menemani anak-anak sepanjang waktunya.

4. Buat Tulisan dari Judul Artikel Orang Lain

Eits, ini bukan berarti copy paste keseluruhan isi. Judulnya saja tidak mengapa sama sebagai ide jika benar-benar sudah tidak ada yang nyantol di kepala.

Judul boleh sama, tetapi isi haruslah beda. Di sini juga bisa jadi bahan permainan apakah kekuatan blog kita baik atau sedang sakit karena menulis judul yang sama tetapi hasilnya pada search engine tentu juga akan berbeda.

5. Cek yang Sedang Trending Topic

Seperti yang sudah saya tuliskan pada poin nomor 1 bahwa membaca apa yang terjadi di sekitar, menulis trending topic juga bisa jadi bagian dalam mencari ide. Jangan malu menulis yang sedang trending karena opini setiap orang akan berbeda meskipun punya garis besar yang sama.

***

Well, itulah tips mencari ide menulis artikel di blog. Semoga tidak ada lagi yang mandeg untuk update artikelnya setelah membaca tips di atas.

One Response

  1. cicifera September 20, 2020

Leave a Reply

Instagram