Bisnis

Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula


Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula memang perlu diketahui sebelum terjun mengelola bisnis. Apalagi jika produk yang ingin dipasarkan memiliki value tinggi dan dibutuhkan banyak orang. Kalau ikut dengan metode pemasaran konvensional sebenarnya masih bisa tetapi akan kalah jauh bersaing apalagi di era teknologi saat ini.

Peran orang-orang yang melakukan bisnis tentunya harus dibarengi dengan kemampuan memasarkan secara digital. Tidak terbatas jenis produk atau jasa karena kini semua bisa ditemui di media digital di manapun berada.

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum mengetahui cara belajar digital marketing yang baik seperti apa, harus paham betul dulu digital marketing dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Digital marketing secara sederhana diartikan sebagai proses pemasaran dengan bantuan internet dan media digital. Jadi, proses menjajakan produk dan jasa yang menjadi bisnis kita itu melalui fasilitas digital yang ada.

Apa Saja Media Digital Marketing yang Bisa Digunakan?

Banyak. Saat ini yang diperlukan adalah kemauan dan kesanggupan dalam manajemen waktu sehingga media digital yang bertebaran bisa dimanfaatkan dalam proses pemasaran digital.

Berikut beberapa media digital yang bisa digunakan dalam digital marketing:

WhatsApp for Businness

Banyak yang memiliki media satu ini tetapi belum dimaksimalkan dengan baik. Padahal banyak sekali fitur dalam WhatsApp for Businness yang bisa digunakan untuk lebih meluaskan pasar produk.

Selain itu, penggunannya cukup mudah bahkan bisa dioperasikan melalui ponsel pintar dimanapun berada.

Aplikasinya pun gratis jadi tidak perlu khawatir membayar biaya mahal untuk menggunakannya.

Google My Businness 

Sepanjang pengalaman menggunakan tools media digital ini, sangat menguntungkan karena bisa bertahan lama. Bahkan profil bisnis kita pun memiliki jejak yang akurat. Soalnya perangkat Google satu ini banyak diminati sehingga pelaku bisnis dengan produk atau jasa mudah memasarkan.

Di dalam Google My Businness atau Google Bisnisku, para calon konsumen bisa melihat detail profil bisnis kita seperti apa. Tidak heran jika mereka mencari produk atau jasa yang kita pasarkan di mesin pencari, profil bisnis kita akan keluar sesuai dengan upaya kita memanfaatkan tools Google Bisnisku ini.

Website atau Blog

Tidak sedikit orang yang saya kenal terjun dalam digital marketing memanfaatkan website atau blog dengan landing page untuk pemasaran.

Namun, tidak hanya dibangun, diisi konten, update dan disebarkan kemudian langsung bisa menghasilkan.

Butuh upaya untuk meng-optimize website atau blog tersebut agar tetap bisa bersaing dengan yang lainnya, khususnya di mesin pencari.

Nah, kemampuan SEO dan SEM sangat diperlukan di sini. Itulah mengapa harus benar-benar belajar digital marketing agar tetap punya wawasan dan semakin melariskan bisnis.

Langkah dalam Belajar Digital Marketing 

tips belajar digital marketing bagi pemula agar tidak salah langkah

Bagi pemula, memang harus mencari tahu seputar pengelolaan tools digital marketing agar tidak salah langkah.

Berikut hal yang perlu diperhatikan:

Jenis Produk atau Jasa

Namanya juga berdagang tentu harus memastikan jenis produk atau jasa yang dijajakan. Seberapa butuh masyarakat digital saat ini. Perlu riset mendalam dengan memperhatikan pola hidup manusia pastinya.

Target Pasar dari Produk atau Jasa yang Dibisniskan 

Tentu saja harus bisa melihat siapa saja audience atau target sasaran penjualan produk atau jasa yang kita geluti.

Harus paham segmen siapa dan kapan kita harus menggencarkan metode digital marketing agar penghasilan tetap ada dan terus berkembang.

Upgrade Ilmu tentang SEO dan SEM Media Digital Marketing

Ini penting untuk menentukan langkah terbaik dalam optimalisasai tools yang ada. Karena setiap media memiliki trik dan tips khusus agar bisa tampil beda dan jauh ke depan.

Belajar Digital Marketing di Tempat Terbaik

Kemarin aaya dikenalkan dengan marketingdigital.id sebagai salah satu wadah untuk belajar. Bisa langsung cek ke situsnya manfaat apa saja yang diterima ketika menimba ilmu di sana.

Bisa lihat testimoni yang sudah merasakan bagaimana didik menjadi digitial marketer yang baik dan mampu menembus target pasar.

***

Well, tidak ada kata terlambat untuk memulai apalagi bagi generasi milenial karena makin banyak membaca, mencoba dan mengambil manfaat akan semakin mahir dalam menentukan bisnis ke depannya akan seperti apa.

Hal terpenting adalah lakukan saat ini dan jangan tunggu nanti.

Leave a Reply