Artikel Blogging Event Pendidikan

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi kalimat sakti yang saat ini didengungkan oleh para civitas akademika di Kalimantan Barat. Ya, UNTAN atau Universitas Tanjungpura menjadi salah satu kiblat yang dianggap mampu untuk melahirkan pentolan-pentolan baru dengan kemampuan yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Berada jauh dari Pulau Jawa bukan berarti UNTAN tidak mendapatkan akses untuk pemenuhan kebutuhan informasi dan teknologi. Keberadaannya di ibu kota Kalimantan Barat, Pontianak, memberikan oase bangkitnya peradaban yang lebih baik. Meskipun dialek Bahasa sedikit berbeda dengan penduduk Borneo pada umumnya, tetapi tetap saja jika sudah berkuliah di UNTAN maka tak hanya dialek khas Pontianak yang akan muncul.

Sejarah Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Tak pernah menyangka jika UNTAN adalah singkatan dari Universitas Tanjungpura. Nama “Tanjungpura” sebenarnya malah mengingatkan akan sebuah kota di ujung timur Indonesia sana, tetapi ternyata di jantung Kalimantan Barat, nama ini sangat populer.

Nama kampus ini ternyata beberapa kali berganti nama. Awalnya nama kampus ini adalah Universitas Daya Nasional yang didirikan pada tahun 1959. Namun, berubah nama menjadi Universitas Negeri Pontianak pada tahun 1963. Tak selang beberapa lama, tahun 1965 berganti nama menjadi Universitas Dwikora. Dan akhirnya di tahun 1967 berubah nama yang terakhir kalinya menjadi Universitas Tanjungpura yang disingkat UNTAN.

bersama untan membangun negeri

Sejarah berdirinya kampus ini menjadi landasan Bersama UNTAN Membangun Negeri. Jika melihat lambang kampus UNTAN pun sangat kental khas Borneo dengan senjata khas-nya, yaitu Mandau. Namun, menurut salah seorang pendiri Universitas Tanjungpura ini, lambang kampus disesuaikan memiliki masing-masing makna mendalam. Dengan lambang ini, para pendiri UNTAN berharap bahwa adanya kampus ini maka berkewajiban ikut mengejar ketertinggalan daerah di segala bidang, terutama pada bidang-bidang yang berkaitan dengan disiplin ilmu, khususnya yang diajarkan di lingkungan UNTAN itu sendiri.

Visi dan Misi UNTAN

Dalam mendirikan lembaga akademik, tentu ada tujuan dan harapan yang hendak dicapai. Nah, hal ini pun berlaku di UNTAN. Demi mewujudkan Bersama UNTAN Membangun Negeri, maka sudah disahkan visi misi kampus yang sangat populer ini, yaitu:

Visi: Pada tahun 2020, UNTAN menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi: Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Dengan melihat visi misi di atas, maka sudah sangat wajar gerakan Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi salah satu tujuan jangka panjang yang wajib dilestarikan. Dan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU), maka UNTAN mengedepankan Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing UNTAN.

Program Akademik UNTAN

Karena menjadi kampus yang dicintai oleh hampir sebagian besar penduduk Pontianak, maka Program Akademik-nya pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada 5 (lima) Program Akademik UNTAN yang sudah mampu mewakili kebutuhan para civitas akademika di Pontianak yaitu:

  • Program Sarjana
  • Program Pascasarjana
  • Program Diploma
  • Program Internasional
  • E-Learning

Masing-masing program tinggal disesuaikan dengan kalender akademik yang sudah disusun oleh pihak administrasi UNTAN sendiri.

Fakultas yang Ada di Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Bersama UNTAN Membangun Negeri yang ingin diwujudkan tentu dimulai pula dari jenis ilmu pengetahuan yang perlu dikembangkan. Di UNTAN sendiri sudah ada 9 (Sembilan) fakultas yang bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang hendak menuntut ilmu di perguruan tinggi satu ini. Tidak perlu lagi bingung untuk keluar pulau Kalimantan hanya untuk mengejar bidang ilmu bergengsi seperti hukum, kedokteran, MIPA, teknik bahkan ilmu keguruan pun sudah bisa diperoleh di Universitas Tanjungpura (UNTAN) ini.

Daftar fakultas yang ada di UNTAN, yaitu:

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas MIPA
  • Faklutas Kedokteran
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Bagaimana menjadi Mahasiswa untuk Bersama UNTAN Membangun Negeri?

Sebelum menjadi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN), tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, bukan? Pastinya harus mengetahui Jalur Masuk UNTAN agar tidak salah prosedur. Untuk lebih jelasnya bisa terus stay tune pada informasi di laman situs UNTAN sendiri yaitu di http://scmb.untan.ac.id/

Informasi Lebih Lanjut tentang UNTAN

Alamat :Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124)

Telepon: (0561) 739630

Email: untan_59@untan.ac.id

Fax: (0561) 739637

***

Well… menjadi mahasiswa UNTAN memang ada kebanggaan tersendiri bagi pemuda-pemudi Pontianak khususnya, dan Kalimantan Barat pada umumnya. Semboyan Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi semangat untuk terus meng-upgrade diri dan memberikan yang terbaik pada diri dan negeri. Borneo tak lagi tertinggal seperti dulu. Kini harapan hidup sejahtera di Pontianak dan sekitarnya. Karena membangun negeri dimulai dari tekad bulat para pencari ilmu.

7 Comments

  1. Nadella April 1, 2018
  2. BlogDokter.ID April 16, 2018
  3. abi April 23, 2018
  4. Wulan Dalu Mei 12, 2018
  5. indah nuria Mei 28, 2018
  6. Badrul Mozila Juni 22, 2018
  7. yosefpedia Agustus 18, 2018

Leave a Reply

Instagram