Bisnis Blogging Info Jawa Timur Suara Hati Surabaya Wisata

Belajar Smartphone Videography di PrimeBiz Hotel Surabaya

Belajar Smartphone Videography di PrimeBiz Hotel Surabaya – Bicara soal videografi, saya teringat suatu pagi pernah berdiskusi ringan dengan ayahnya Salfa:

Ayah: “Bunda, Salfa jadi youtuber tidak masalah kah?”

Bunda: “Eh, ini nanya apa sudah keputusan?”

Ayah: “Ya bertanya. Pingin tahu pendapat Bunda.”

Bunda: “Hmm… Bunda sih nggak ada masalah asal anaknya enjoy dan tidak dipaksa.”

Ayah: “Kalau gitu, Bunda harus upgrade diri untuk belajar buat video.”

Bunda: “Lha, kebetulan ada teman yang info kalau ada “jagoan video” ke Surabaya. Namanya Pak Teguh Sudarisman. Bunda ikut belajar sama beliau berarti boleh dong?”

Ayah: “Nggak masalah asal Salfa “aman”.

Bunda: “Oke, insya Allah.”

***

Keinginan saya dan suami tentang satu hal ini kepada Salfa bukan berarti keputusan mutlak. Kami tidak akan paksa. Seiring dengan perjalanan waktunya, Salfa akan menentukan kembali keputusan terbaik untuk dirinya.

Back to Learning Videography…

Beruntung sekali bisa masuk di antara nama-nama yang bisa ikut belajar smartphone videography bareng Mas Teguh Sudarisman. Saya baru mengenal beliau di jagad maya tepat beberapa hari sebelum acara ini dilaksanakan. Dengan bekal semangat, saya pun berusaha mengosongkan pikiran kembali untuk menimba ilmu sebanyak-banyak tentang video, khususnya menggunakan smartphone.

Penjelasan awal, saya sudah sangat ketinggalan karena di depan mata, Mas Teguh memperlihatkan beragam perangkat yang harus dimiliki ketika akan “bersentuhan dengan dunia videografi”. Deegghh… di situ saya langsung merasa kecil, kecil sekali. Apalagi yang hadir saya sudah tahu pasti bagaimana sepak terjang mereka di dunia yang masih sangat baru dalam hidup saya ini. Duh… kok jadi curhat, haha…

Sebagai informasi untuk teman-teman yang setia membaca tulisan saya, berikut beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum menyentuh dunia videografi dengan smartphone,

  • Pastikan smartphone sudah memenuhi kriteria, seperti resolusi, RAM, Internal Memory, Ukuran Layar, 4G hingga pada memori tambahan.
  • Sediakan tripod, karena dengan alat satu ini, kita bisa memanfaatkan dengan banyak kegunaan, salah satu diantaranya adalah menstabilkan syut.
  • Aplikasi yang akan dipakai untuk editing video, dan dalam workshop kali ini menggunakan Power Director Video Editor Apps 
  • Sebisa mungkin sudah klop dengan alat-alat yang akan dipakai plus aplikasi editing tadi
  • Buat konsep video. Alasannya adalah supaya metode pengambilan potongan video menjadi terkontrol dan terarah.
  • Siapkan fisik untuk mengambil video.

Karena belajar smartphone videography kali ini dilakukan di PrimeBiz Hotel Surabaya, yaitu salah satu hotel bisnis paling baru di Surabaya (baru launching bulan Agustus 2017 lalu), maka Mas Teguh pun menjelaskan bagaimana video saat ini menjadi lahan bisnis yang paling seksi dan menjanjikan. Namun, bukan berarti tidak ada usaha dan rintangan untuk menggapai keberhasilan sehingga beliau pun selalu mengingatkan untuk tetap memaksimalkan usaha dan potensi yang ada di sekeliling. Karena hal sederhana di sekitar kita, bisa menjadi peluang.

 

Belajar Videography bareng Om @teguhsudarisman #smartphonevideography #primebizhotelsurabaya

A post shared by Rahmah – Mommy Blogger (@ammachemist) on

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengambil Video

Sebelum melakukan atau menghasilkan video yang cetar membahana (eciee…), saat shooting objek perlu memperhatikan hal-hal berikut juga:

  • Mengambil shooting objek per 10 detik. Jadi tidak full diambil sekaligus semua. Setiap 10 detik, stop. lanjut lagi 10 detik. Begitu seterusnya.
  • Merekam apa yang ada di sekitar, termasuk manusianya juga. Karena ini akan memberikan video tampak lebih hidup.
  • Memegang kamera dengan baik dan benar. Jika tidak menggunakan tripod atau stabilizer, sebaiknya kedua tangan harus didekatkan ke dada untuk menghindari shacking
  • Kalau perlu tahan nafas dan pastinya sabar untuk mengumpulkan dari satu shoot ke shoot yang lain.
  • Maksimal potongan video setelah digabungkan, durasinya menjadi lebih kurang 2-3 menit. Karena jika sudah di atas 5 menit, konsentrasi penonton ada di range waktu tersebut.

Praktek Editing Video dengan Power Director

Namanya sebuah workshop tidak akan lengkap tanpa praktek langsung, bukan? Maka pihak PrimeBiz Hotel Surabaya pun bekerja sama untuk membantu kami (peserta) dengan memberikan penjelasan setiap ruangan yang ada. Kami pun dibagi ke dalam tiga kelompok untuk mengambil angle yang sesuai untuk kemudian dijadikan potongan video. Potongan video ini akan diedit menggunakan Power Director, aplikasi yang bisa diunduh di smartphone (khusus pengguna Android).

Keberuntungan pun semakin datang pada diri saya, ternyata Mas Teguh menjelaskan dengan detail satu persatu tahap untuk melakukan video editing. Saya yang tadinya sangat kaku mengedit video dengan smartphone jadi semangat untuk bisa. Maklum, jari tangan saya ukurannya besar sehingga khawatir selalu keliru ketika mengutak-atik setiap tombol yang ada di aplikasi Power Director tersebut. Dan Alhamdulillah akhirnya bisa memahami. Semakin semangat dan rasanya dari pagi sampai sore itu belum cukup.

Nah, jika teman-teman ingin lihat hasil belajar smartphone videography saya kemarin, silakan lihat video di bawah ini:

Hmm… masih butuh banyak perbaikan dan insyaa Allah akan belajar terus untuk memperbaikinya supaya lebih baik lagi.

Sekilas Tentang PrimeBiz Hotel Surabaya

Hotel ini termasuk hotel bisnis dengan mengusung tema maskulin. Bisa terlihat dari desain dan arsitektur interior hotel plus kamar yang ditawarkan. Dengan harga yang terjangka dan fasilitas yang sangat memadai, sangat cocok untuk pebisnis yang sekadar ingin melepaskan penatnya di hotel ini. Selain itu, city view dan work desk yang ada dalam setiap ruangan hotel ini sudah sangat menunjukkan betapa pihak hotel mengerti akan kebutuhan pebisnis, terlebih lagi bagi yang berpedoman pada time is money.

Meskipun terbilang baru di dunia perhotelan, launching bulan Agustus 2017 lalu, PrimeBiz Hotel Surabaya selalu berusaha selangkah lebih di depan dalam melayani kebutuhan para pengunjung, khususnya pebisnis yang menjadikan Surabaya sebagai kota untuk mengembangkan usaha.

More info. Just check it out:

PrimeBiz Hotel Surabaya

Jl. Gayung Kebonsari No 30, Surabaya

Telp: 031-82518899

***

Selalu setia nemenin Bunda yang lagi belajar #smartphonevideography di #primebizhotelsurabaya hari ini…

A post shared by Rahmah – Mommy Blogger (@ammachemist) on

Bunda: “Ayah, Bunda sudah memahami sedikit tentang salah satu aplikasi video editing. Semoga bisa memaksimalkannya.”

Ayah: “Semangat! Insyaa Allah harus lebih baik dari hari kemarin. Semoga Salfa bisa diajak kerja sama.”

Bunda: “Bismillah…!”

Note: I will write about PrimeBiz Hotel Surabaya, soon. Stay tune!

10 Comments

  1. Alvin Tio Deghi Areana Oktober 14, 2017
  2. anne lesmana Oktober 17, 2017
  3. Lidya Oktober 18, 2017
  4. Indah nuria Oktober 18, 2017
  5. Uniek Kaswarganti Oktober 18, 2017
  6. ade anita Oktober 18, 2017
  7. Idah Ceris Oktober 18, 2017
  8. lianny hendrawati Oktober 18, 2017
  9. cputriarty Oktober 18, 2017
  10. Noe Oktober 18, 2017

Leave a Reply

Instagram