Bisnis Blogging Info Suara Hati

5 Hal yang Harus Diperhatikan bagi Blogger Pemula

5 Hal yang Harus Diperhatikan bagi Blogger Pemula – Kemarin saya dan suami sedang diskusi. Ringan sih, hanya membahas soal fenomena blogging saat ini. Makin banyak yang terjun ke dunia blogging dengan segala macam background keilmuan pun profesi.

Lalu saya pun flashback dengan masa dimana jari saya mulai berkarir sebagai blogger. Suami sih merasa gimana gitu soalnya saya tidak menyebutkan namanya sebagai salah seorang guru nge-blog. Ya iyalah, saya nge-blog belum bertemu makhluk sepertinya, haha.

Saya pun kemudian berbincang tentang saat ini banyak yang menjadi blogger tetapi kualitas blog tidak diperhatikan. Asal nulis saja, template blog yang semrawut bahkan hanya update jika ada event (suami pas banget nih sama yang ini, haha). Kalau yang terakhir suami pasti berdalih kalau saat ini fokusnya bukan lagi ke blog tetapi media lain. Hmm… iya sih sekarang suami fokus ke aplikasi demi ngasih makan anak dan istrinya yang suka makan.

Saya pun baru-baru ini mendapat chat WA dari beberapa orang yang tadinya saya fasilitasi di salah satu komunitas parenting, mereka menanyakan bagaimana membuat blog, apa yang harus mereka tulis, judul blog harus seperti apa, dan bla bla bla… Kemudian saya memberikan informasi seputar 5 hal yang harus diperhatikan bagi blogger pemula:

Niat

Ya, niat ini nih yang paling penting kata suami. Niatnya nge-blog buat apa dulu. Dari niat akan menentukan langkah selanjutnya. Kalau niatnya untuk mendapatkan gratisan dari berbagai brand, maka perlu memperhatikan prosedur blog seperti apa yang bisa seperti itu.

Jika ingin sekadar berbagi informasi, yaa jangan iri dengan blogger yang hampir tiap hari pasang status dapat ini itu dari brand.

Jadi, niat nge-blog buat apa, guys?

Tentukan Passion

Duh, kalau bahas ini mah suka baper saya. Soalnya sampai sekarang belum benar-benar fokus passion kemana. Nulis parenting, oke. Kesehatan, bisa. Suka jeprat-jepret, iya. Review makan, pastinya suka. Hmm… bingung.

Nah, menurut para ahli di dunia blogging nih kalau mau nge-branding diri, passion harus jelas jadi orang bisa kenal, “Ooo itu Mba Vika si travel blogger Surabaya.

Bagaimana dengan saya? Selama ini cukup bertahan disebut sebagai lifestyle blogger.

Buat Blog

Ingin jadi blogger ya pastinya harus punya blog. Setelah niat dan passion sudah diketahui, selanjutnya membuat blog.

Pastinya bingung mau membeli domain dan hosting dimana. Bagi yang benar-benar pemula, pasti bingung soal domain dan hosting itu seperti apa, harganya berapa dan bagaimana prosedur lainnya. Kebetulan saya juga mendapat rekomendasi dari teman untuk web hosting Indonesia bernama Niagahoster.

Saat ini sedang banyak promo yang diberikan juga lho. Blogger pemula yang ingin terjun dalam bisnis online bisa menggunakan jasa Niagahoster untuk dibantu. Dan diantara semua paket web hosting yang ada, Paket Personal yang paling best seller dengan harga yang sangat terjangkau.

Kalau saya pribadi sejak awal memakai wordpress hosting karena lebih nyaman menggunakan dibandingkan platform blog lainnya.

Update Rutin

Hmm… ini nih penyakit yang sering menjangkiti saya pribadi. Namun, saat ini jadi harus selalu update karena blog saya terkoneksi dengan platform yang menggunakan sistem blockchain.  Apa itu? Ah, nanti sajalah saya bahas pada postingan berikutnya.

Belajar Kembali Soal EYD

Menjadi blogger, tak sekadar menulis, isi hati tersampaikan lalu selesai. Tidak semudah itu. Menulis sesuai tata Bahasa yang baik dan benar sangat diperlukan di blog juga. Jadi nggak hanya skripsi, artikel ilmia dan lain-lain. Karena tulisan blog kita yang membacanya dari seluruh kalangan. Kalau pembaca kita sudah terbiasa melihat penulisan salah, maka otomatis akan ikut salah juga, begitupun sebaliknya.

Kalau ada yang bilang saya sok yes banget bahas EYD, terserah mereka saja. Pastinya semua akan diminta pertanggungjawaban kelak di akhirat sana. Masing-masing tanggung sendiri, yes.

***

Well… itulah 5 hal yang harus diperhatikan bagi blogger pemula. Memilih domain dan hosting memang sangat urgent untuk keberlangsungan blog. Harga murah boleh saja, tetapi tetap harus melihat kelebihan dan keuntungan dari menggunakan jasa web hosting seperti Niagahoster.

7 Comments

  1. lianny hendrawati Agustus 10, 2018
  2. Cikasur Agustus 11, 2018
  3. Liana Agustus 11, 2018
  4. sangmaya Agustus 15, 2018
  5. Morinda Gold Agustus 15, 2018
  6. mazari Agustus 17, 2018
  7. swastikha Agustus 28, 2018

Leave a Reply

Instagram