Bali

5 Destinasi Wisata Paling Berkesan

5 Destinasi Wisata Paling Berkesan dalam hidup sepertinya penting untuk saya tuliskan. Tidak sekadar menjadi isi blog tetapi menuangkan kenangan tak terlupakan. Karena selain mengingatnya, menuliskannya juga bisa jadi membuat orang di sekitar terinspirasi untuk ikut merasakan.

Ya, memang saya bukan perempuan yang dikaruniai materi lebih untuk bepergian. Kalau pun bisa ke suatu tempat, itu lagi-lagi karena kehendakNya dengan cara yang luar biasa menyenangkan. Menang lomba, patungan biaya atau ada keluarga yang mengajak liburan. 

Nah, ketika ditanya tempat wisata yang memberikan kesan untuk dituliskan, saya pun mendadak kebingungan. Karena semua pastinya punya nilai kenangan. Kenangan itu pun ada yang:

  • Menyenangkan
  • Menyedihkan
  • Lucu

Namun, karena harus memilih maka berikut 5 destinasi wisata paling berkesan menurut saya selama ini adalah:

1. Manila

Ini adalah kesan pertama dalam hidup karena saya bisa keluar negeri tanpa sebelumnya bermimpi. Saya bisa naik pesawat dengan waktu yang lama, padahal waktu itu baru naik pesawat ketiga kalinya dalam hidup, tetapi sudah diberi kesempatan terbang jauh dari negeri sendiri. 

Dengan bahasa Tagalog yang mereka punya, saya akhirnya masih bisa berkomunikasi. Tidak ada ruginya belajar bahasa Inggris saat masih kecil dulu dengan segala rintangan yang harus dilewati. 

sekolah star cruises manila resort world

Remington Hotel menjadi saksi bisu bahwa saya orang paling bahagia saat itu. Belum lagi dijamu dengan makanan hotel super mewah plus mengunjungi sekolah kapal pesiar ternama, Star Cruisessungguh tak terlupakan sekali perjalanan itu. 

2. Bali

Siapa sangka kejutanNya datang bertubi. Dalam setahun bisa ke kota dewata ini dua kali. Pertama bersama keluarga karena ada yang menikah di kota Singaraja, satunya lagi bersama teman blogger karena ada yang mendapatkan kesempatan untuk me-review hotel di Legian kota. 

destinasi wisata bali yang tak terlupakan

Dengan bekal seadanya dan berangkat dengan keluarga kecil, saya pun mengukir kenangan yang sampai sekarang tak terlupakan. Allah mengijinkan saya ke Bali saat sudah berstatus istri dan ibu itu sungguh tidak pernah terpikirkan. Karena sejak kecil saya sudah ingin sekali ke Bali, tetapi kondisi orang tua yang tidak memungkinkan. 

3. Palangka Raya

Ini adalah kota penuh cerita suka dan duka. Di kota cantik ini saya belajar bertahan hidup dengan uang seadanya. Menilai karakter baru yang tak semuanya baik pada saya. Bahkan sampai sekarang punya mantan mahasiswa (i) yang masih ingat bahkan sering menyapa di dunia maya. 

Banyak tempat atau spot menarik di kota yang terkenal dengan Sungai Kahayan. Ya, di bawah jembatan itu pernah menjadi tempat bulan madu sederhana dengan pasangan. Bahkan mengambil foto beberapa mahasiswi yang dekat dengan saya pun dilakukan di bawah sungai. Ah, sungguh ingin kembali ke sana dan menikmati perjalanan hidup yang pasti tak akan sesulit seperti sekarang ini.

4. Malang

Punya keluarga yang menjadikan Malang sebagai destinasi wisata favorit, itu menyenangkan. Bahkan saya sudah lupa sudah berapa kali ke kota yang terkenal dengan atmosfernya yang menyejukkan. Bahkan saya punya teman baik yang tinggal di sana dan sekali waktu bisa kutempati untuk sejenak menumpang tidur dan makan. 

Ssst… kalau teman saya baca, komen nggak ya dia?! Haha… 

5. Jakarta

Pertama kali ke Jakarta saat transit untuk melakukan perjalanan ke Palangka Raya. Namun, paling berkesan ketika saya bisa ke rumah om dan tante yang sudah lama hidup di sana. Nah, di Jakarta sendiri saya diajak ke Dunia Fantasi, tempat yang saya pikir benar-benar hanya impian belaka. Ternyata kesampaian mengunjungi tempat wisata di sana bahkan staycation di rumah keluarga di sana.

Ternyata 2019 terjadi lagi, saya bisa menginjakkan kaki di kota dengan patung Selamat Datang yang khas plus ada Monumen Nasional alias Monas yang sudah sejak kecil ingin ke sana. Dan terwujud lagi, bahkan bisa ke Perpustakaan Nasional meskipun cuma sebentar saja. 

***

Well, sebenarnya masih banyak destinasi wisata berkesan lagi selain di atas. Semoga setelah aku menuliskannya lagi, ada tempat baru yang benar-benar menjadi kenyataan. 

Nah, kalau kalian sendiri punya kenangan destinasi berwisata di mana saja? Apakah sama dengan di atas? Sharing, yuk!

5 Comments

  1. Nining Agustus 9, 2020
    • Rahmah Agustus 9, 2020
  2. Reyne Raea Agustus 11, 2020
  3. Ria Rochma Agustus 13, 2020
  4. Dekcrayon tata Agustus 14, 2020

Leave a Reply

Instagram