Blogging

10 Alasan Ingin Punya ASUS VivoBook 14 A416

Pandemi memang membuat semuanya ambyar sehingga tak sanggup lagi yang namanya mengeluarkan air mata. Tatanan ekonomi keluarga menjadi hal yang paling menyesakkan sejak April 2020, tapi saya harus tetap membuka mata dan menerimanya lapang dada. Sekalipun gempuran kebutuhan dan nominal yang harus terbayarkan memaksa untuk bekerja lebih keras dibanding sebelumnya.

Namun, beruntung sekali karena Tuhan Maha Baik dengan memberikan kesehatan. Sebuah nikmat yang sangat diharapkan semua orang agar tidak sampai kehilangan. Bahkan beradapatasi dengan kebiasaan baru atau kehidupan new normal menjadi sebuah rutinitas harian. Dan berangkat dari kondisi ini, aktivitas selama di rumah menjadi sesuatu yang sangat menyibukkan.

Saya harus bekerja sebagai writer freelance, mommy dan juga enterpreneur rasanya membutuhkan device yang bisa sekaligus berbagi dengan anak yang PJJ. Bukan main jika laptop tidak pernah Off 1 x 24 jam karena semua punya kebutuhan, pastinya sangat berisiko jika terus-menerus tanpa henti.

Lalu, saya melihat bahwa produk andalan mengeluarkan seri terbaru yang menjawab kebutuhan masa pandemi seperti sekarang. Just stay tune till the end untuk membaca harapan saya dengan ASUSU VivoBook 14 A416.

Saya Ingin Punya ASUS VivoBook 14 A416, Mengapa?

Orang-orang akan bertanya soal keinginan saya untuk memiliki salah satu produk ASUS ini, ASUS VivoBook 14 A416. Nah, untuk lebih jelasnya, bisa banget menyimak alasan saya di bawah ini:

asus vivobook 14 a416

Alasan Ke-1: Cocok untuk WFH 

Salah satu aktivitas di kehidupan new normal ini adalah rumah dijadikan sebagai tempat untuk bekerja. Kalau dulu bekerja sudah identik dengan kantor, ruangan ber-AC dan pastinya pakaian khusus, sekarang bekerja bisa dilakukan di rumah dengan jam kerja yang fleksibel. Adanya keputusan agar karyawan melakukan work from home atau selalu disebut dengan WFH tentunya membutuhkan peranglat dengan mobilitas tinggi. Nah, salah satu produk ASUS yang mumpuni untuk ini adalah keluaran baru yakni ASUS VivoBook 14 A416.

Alasan Ke-2: Aman untuk PJJ

Usia anak menjelang 7 tahun harus sudah bisa mengoperasikan laptop. Setidaknya itu harapan dari pendidikan yang kami tanamkan di rumah. Nah, kebetulan sekali ada sistem PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh yang ditetapkan oleh pihak sekolah karena mengantisipasi tidak bisanya menjalankan aktivitas belajar secara offline. Maka saya dengan mudah memperkenalkan anak dengan produk teknologi bernama laptop.

anak sedang pjj dengan media laptop asus

ASUS VivoBook 14 A416 pun menjawab kebutuhan saya tersebut karena hadir dengan body yang super simple sehingga anak usia 7 tahun akan sangat mudah untuk memahami penggunaannya. Meskipun sekadar untuk mengoperasikan salah satu aplikasi virtual meeting yang sejak pandemi sudah dilaksanakan.

Dengan begitu, saya tidak akan lagi mengalami yang namanya rebutan laptop di rumah karena seringnya di waktu bersamaan, anak harus PJJ dan saya pun harus segera menyelesaikan draft artikel.

Alasan Ke-3: Tipis dan Ringan

Saat peluncurannya pertama kali, penampakan laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini memang sudah terlihat ringkas karena hadir untuk memenuhi kebutuhan di rumah akibat pandemi yang tiada henti.

Body yang ringkas dan ringan pastinya aman apalagi keinginan saya digunakan juga oleh anak yang PJJ di rumah sebagaimana poin alasan sebelumnya. Bobot laptopnya hanya 1,6 kilogram dengan ketebalan 19.9mm sehingga sangat mudah bagi anak untuk memindah tempatkan setelah dipakai untuk belajar online. Bahkan charger pun terbilang ringkas sehingga mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas, khususnya tas anak.
10 Alasan Ingin Punya ASUS VivoBook 14 A416
Nah, rahasia VivoBook 14 A416 sehingga memiliki body yang lebih ringkas padahal ukurannya 14 inci adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Jadi bezel layar pada VivoBook 14 A416 tampil sangat tipis sehingga screen-to-body memiliki rasio hingga 82%.

Alasan Ke-4: Pilihan Prosesor Core Sesuai Kebutuhan

Saya masih ingat ketika pertama kali ingin membeli laptop ASUS pasca menikah dulu, suami selalu sibuk mengecek jenis prosesor yang disematkan pada laptop tersebut. Sebelum membeli, biasanya saya dibantu dengan melihat berbagai macam review dari produk ASUS itu sendiri. Nah, suami juga tanya kalau laptopnya akan digunakan seperti apa karena ini penting dalam menentukan jenis ASUS yang akan dibeli.

Begitupun dengan ASUS VivoBook 14 A416 ini yang menjadi impian tahun 2021 jika semesta mendukung. Suami langsung ikut membaca dan menonton review laptop ini dengan saksama agar keberadaan laptop dan aktivitas menggunakannya itu sejalan alias tidak memaksakan. Maksudnya seperti ini, jangan sampai saya membeli laptop dengan prosesor yang harusnya dipakai proses kreatif menghasilan konten tulisan dan desain, tetapi saya memaksanya dengan bermain game berat yang sejatinya ASUS punya varian laptop khusus game juga bagi para gamers

Lumayan sekali karena ada 3 pilihan prosesor core yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook 14 A416 ini, yaitu:

  • Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
  • Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
  • Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Sebagai referensi tambahan, berikut akan saya tampilkan hasil benchmark dari ASUS VivoBook 14 A416 dengan prosesor Intel Core i3 dengan SSD 512GB dan RAM 4GB: 

test benchmark asus

Alasan Ke-5: Laptop Aman dengan Fingerprint Sensor

Laptop yang mayoritas dipakai di rumah apa butuh dengan fingerprint sensor? Ya, tentu dong! ‘Kan tidak selamanya kita juga di rumah. Bisa saja harus keluar ke suatu tempat karena urusan penting, misal ke tempat keluarga di luar kota atau sekadar ngumpul dengan teman sesama blogger karena ada workshop terbatas. Nah, dalam kondisi tersebut pastinya memberikan keamanan laptop dari hal-hal yang tidak diinginkan.

10 Alasan Ingin Punya ASUS VivoBook 14 A416

Belum lagi kalau misalnya pelupa, ribet banget deh ya kalau lupa password ketika akan membuka laptop. Nah, dengan fingerprint cukup dengan sentuhan jari, siap bekerja produktif dan kreatif lagi.

Alasan Ke-6: Konektivitas yang Modern

Bayangkan deh ya kalau harus membeli tambahan port untuk menyesuaikan jenis kegiatan yang disambungkan ke berbagai perangkat. Meskipun cuma di rumah, hal tersebut tentu saja membuat konektivitas terganggu. Beruntung sekali karena ASUS VivoBook 14 A416 hadir dengan USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader. 

konektivitas modern asus

Kecepatan transfer datayang menggunakan USB 3.2 ini tidak perlu diragukan karena 10x lebih cepat dari USB 2.0. Keren ‘kan?!

Alasan Ke-7: Keyboard Dilengkapi Backlit dan NumberPad 

Fitur ini kelak memudahkan anak saya ketika akan mengetikkan angka tanpa harus menekan tombol pada keyboard karena ASUS tipe ini. Ada fitur numberpad yang bisa muncul angka yang diterangi dengan LED setelah mengetuk panel sentuh.

keyboard numberpad

Dan ketika harus bekerja dengan laptop sementara minim cahaya karena bisa jadi di malam hari saat anak-anak sudah tidur, akan sangat terbantu dengan hadirnya backlit pada keyboard full size pada ASUS VivoBook 14 A416 ini.

Alasan Ke-8: Didukung Link to MyASUS

Sangat membantu sekali jika laptop bisa terkoneksi dengan ponsel. Jadi, saya bisa membayangkan bagaimana proses kreatif dan produktif yang bisa tetap berjalan meskipun disibukkan dengan aktivitas mengasuh anak. Saya bisa tetap meneruskan desain meskipun dalam kondisi menemani anak bermain, menyusui bahkan ketika anak juga sibuk dengan kelas online. 

fungsi fitur link myAsus

Karena ide itu kalau tak segera dituangkan biasanya akan lenyap dan sulit untuk ditangkap kembali. Nah, hal itu tidak akan terjadi karena Link to MyASUS menghubungkan laptop dan ponsel. Bahkan saya tidak perlu lagi mengambil waktu untuk memindahkan file foto dari ponsel ke laptop, apalagi jika sangat dibutuhkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Dari gambar di atas terlihat bahwa fungsi Link MyASUS ini antara lain:

  • Phone Call
  • Menerima dan Mengirim Pesan
  • Mirroring, tampilan ponsel diproyeksikan ke laptop
  • Extended Screen,
  • Share
  • Remote File Access, masih bisa mengakses file meskipun jauh dari laptop
  • QR Code

Alasan Ke-9: Baterai Tahan Lama

Ini dia nih salah satu alasan penting juga. Meskipun kebanyakan mengoperasikannya di rumah, baterai yang tahan lama menjadi kenyamanan tersendiri saat bekerja dengan laptop. Begitupun dengan anak yang PJJ tidak akan direpotkan dengan kabel yang harus sering-sering dicolok ke listrik.

Dengan baterai tahan lama, laptop tak hanya bisa digunakan di ruang tertentu saja tetapi juga di berbagai ruangan dalam rumah sehingga tidak akan menimbulkan rasa bosan karena harus tetap bekerja atau belajar secara daring.

 Alasan Ke-10: Harga Aman Terjangkau

Harga laptop dengan kemampuan seperti ASUS VivoBook 14 A416 ini sesuai dengan bujet untuk kebutuhan laptop pada umumnya. Lagipula, semua tergantung dari jenis prosesor yang diinginkan, karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin 4 bahwa ASUS VivoBook 14 A416 ini terdapat 3 varian prosesor core yang bisa menjadi pilihan.

Dibanderol mulai harga 4 juta dan bergaransi plus paket pembelian yang sudah termasuk tas ransel kece, pastinya harga sudah terbilang terjangkau dan pastinya aman untuk saku pelajar dan para pekerja.

Kesimpulan

Pastinya 10 alasan di atas bisa menjadi referensi untuk memilih ASUS VivoBook 14 A416 sebagai laptop yang aman dan nyaman untuk WFH atau PJJ di rumah. Mulai dari spesifikasi hingga harga, semua disesuaikan dengan keperluan yang pada sebagian orang sangat terdampak akan pandemi, seperti saya.

***

Well, impian seorang ibu memang selalu yang terbaik untuk keluarga, khususnya untuk anak. Memiliki ASUS VivoBook 14 A416 pastinya akan semakin membuat saya menjadi ibu bahagia karena bisa tetap produktif di rumah tanpa mengesampingkan tugas utama saya dalam mendidik anak-anak. So, really hard wish that this year I can change my old type of ASUS with ASUS VivoBook 14 A416.

42 Comments

  1. nurulrahma January 21, 2021
  2. nchie hanie January 21, 2021
    • Lidya January 23, 2021
  3. Lidya January 21, 2021
  4. Andiyani Achmad January 21, 2021
  5. Rudi G. Aswan January 22, 2021
  6. Mia Yunita January 22, 2021
  7. Tanti Amelia January 22, 2021
  8. Sarahjalan_ January 22, 2021
  9. Aswinda Utari January 22, 2021
  10. Keke Naima January 22, 2021
  11. Nurul Fitri Fatkhani January 22, 2021
  12. Dian January 22, 2021
  13. Ade UFi January 22, 2021
  14. Desy Yusnita January 22, 2021
  15. Tuty Queen January 22, 2021
  16. astin January 23, 2021
  17. Bambang Irwanto January 23, 2021
  18. Ruli retno January 23, 2021
  19. Nurul Fitri Fatkhani January 23, 2021
  20. Dedew January 23, 2021
  21. Triani Retno January 23, 2021
  22. Suciarti Wahyuningtyas January 23, 2021
  23. HM Zwan January 23, 2021
  24. lendyagasshi January 23, 2021
  25. Nia Haryanto January 23, 2021
  26. Lisdha January 23, 2021
  27. TIAN LUSTIANA January 23, 2021
  28. Umimami January 23, 2021
  29. Ririe January 23, 2021
  30. retno January 24, 2021
  31. Mutiara Sy January 24, 2021
  32. Marfa January 24, 2021
  33. Santi suhermina January 24, 2021
  34. Karyati Niken January 24, 2021
  35. umimami January 24, 2021
  36. Artha Nugraha Jonar January 24, 2021
  37. Damar Aisyah January 24, 2021
  38. Adriana Dian January 24, 2021
  39. duniamasak January 25, 2021
  40. ima satrianto January 27, 2021
  41. Jasmi January 28, 2021

Leave a Reply