Trend Blogger Indonesia Tahun 2017

Trend Blogger Indonesia Tahun 2017 – Mungkin teman-teman masih ingat soal trend content blog tahun 2017 sebelumnya (klik di sini). Kali ini akan menulis tentang blogger-nya, bukan content-nya. Lho, apa bedanya, Mbak Amma? Hmm… beda dong. Kalau yang ini lebih kepada subjeknya alias orang yang membuat konten di blog-nya.

5 Trend Blogger Indonesia Tahun 2017

Dari hasil survey kecil-kecilan, selama ini tren blogger yang sedang naik daun pun ada beberapa yang sering muncul di permukaan. Entah itu berkaitan dengan job review di beberapa grup khusus job blog, atau event yang mengundang blogger sebagai bagian dalam proses promosi sebuah brand. Dan berikut trend blogger Indonesia tahun 2017 menurut saya:

Lifestyle Blogger; blog yang mengusung tentang cerita keseharian dengan menggunakan sejumlah produk dengan brand tertentu ternyata masih selalu dicari. Alasannya, karena brand atau agensi lebih menginginkan user experience tertuang dengan apa adanya. Apalagi misalnya produk yang dipakai benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Tentu ada “aliran rasa” yang jujur ketika menulis.

Food Blogger; hal ini berkenaan dengan munculnya ragam café, resto bahkan street food, baik itu yang ada di mall maupun di area-area tertentu. Orang terus berinovasi dalam menghadirkan sebuah jajanan yang mengundang selera. That’s why blogger yang hobi makan dan mencoba menu baru menjadi laris juga. Itu sih yang aku lihat di Surabaya. Bahkan yang me-review di salah satu akun media sosial saja seperti Instagram, sudah banyak yang menjulukinya sebagai food blogger.

5 Tren Blogger Tahun 2017

Traveling Blogger; sejalan dengan food blogger, blog yang update tentang kisah jalan-jalan ke sebuah tempat, baik dalam maupun luar Indonesia, masih selalu dicari. Banyak agen-agen perjalanan yang berlomba-lomba untuk menggaet traveling blogger untuk memajukan bisnis mereka.

Parenting Blogger; nah, kalau satu ini sepertinya nggak bakalan habis untuk dicari. Blogger yang memiliki anak sebagian besar bisa ikut menulis soal dunia parenting. Meskipun hanya sekadar menuliskan milestone dari anak sendiri, tetapi selalu ada ilmu yang bisa diambil di dalamnya. Contohnya saya sendiri yang juga memiliki blog berisi kisah saya sebagai ibu, istri dan juga kisah anak saya yang saat ini sedang masa pertumbuhan. Bahkan event-event yang bertajuk parenting pun makin banyak diselenggarakan. Hanya saja tidak semua yang memberikan akses para blogger untuk membawa anak dalam event tersebut. Karena bagi saya pribadi, jika sebuah event bertema parenting, harusnya memberikan kebebasan bagi peserta yang memiliki anak balita (yang tidak bisa ditinggal di rumah) untuk diikutsertakan.

Book Blogger; kalau blogger satu ini memang sepertinya makin menjamur. Meskipun saya melihat masih banyak yang hanya menggunakan blog dengan sub domain blogspot atau wordpress. Tetapi, itu bukan menjadi halangan mereka untuk menuliskan review buku di blog. Bahkan seringkali ada penerbit dan penulis yang mencari blogger untuk dijadikan host blog tour untuk buku yang baru terbit. Saya pun memiliki blog buku yang awalnya muncul karena kecintaan say membaca dan menuliskan hasil review-nya di blog. Jika mau baca, bisa buka di www.resensikata.com.

Nah, itulah trend blogger Indonesia tahun 2017 yang masih akan menghiasi sepanjang tahun 2017. Jika ada yang ingin teman-teman tambahkan, bisa berbagi lewat kolom komentar ya. Salam dan tetap semangat ngeBlog.

5 Responses to “Trend Blogger Indonesia Tahun 2017”
  1. Rindang says:
  2. Elisa says:
  3. Oeky says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *