Pendidikan

Tips Memilih Ruangbelajar yang Nyaman untuk Belajar Online

Tips Memilih Ruangbelajar yang Nyaman untuk Belajar Online – Punya anak usia SD memang bahagia meskipun di satu sisi masih ketar-ketir karena harus punya siasat agar tenang belajar secara daring. Soalnya, anak usia SD ketertarikan akan sesuatu yang baru apalagi masih menjadi siswa baru, pasti ingin diketahui semua sehingga beranjak dari kursi dan tempat duduknya adalah sesuatu yang biasa.

Namun, hal tersebut jika berlangsung lama pasti mengganggu sekitarnya, yaitu:

  • Mengganggu konsentrasi teman di sampingnya
  • Mengganggu fokus pengajar/guru
  • Mengganggu proses penyerapan materi

Dan masih banyak lagi hal yang bisa terjadi pada anak usia SD ketika diminta untuk belajar secara tatap muka. Nah, kondisi pandemi seperti ini, seluruh pembelajaran dilakukan secara daring maka otomatis perlu adaptasi baru akan ruangbelajar yang nyaman untuk anak. Apalagi yang sudah semangat pakai seragam ke sekolah harus terhenti sejenak karena PPKM.

ruangbelajar belajar online

Tips Memilih Ruangbelajar yang Baik

Kurikulum Jelas

Jangan sampai belajar acak sehingga alur berpikir anak juga ikut kacau. Pastikan dengan baik agar mencegah anak dari tekanan batin dan pikiran sehingga aman belajar.

Harga Masuk Akal

Banyak lho ruangbelajar yang harganya selangit tetapi kualitas biasa saja. Nah, sesuaikan harga dan pelayanan akademik yang diperoleh. Jangan sampai juga terlalu murah karena berkaitan dengan kualitas guru dan juga materi yang diajarkan.

Pastikan Banyak Fitur Menarik

Fitur menarik bisa menjauhkan anak dari kebosanan melakukan pembelajaran. Jika ada fitur mini games misalnya, itu akan sangat bermanfaat bagi anak asalkan tahu batas waktu.

Berkenalan dengan Ruangbelajar by Ruangguru

Bicara soal fitur menarik, saya ingin memperkenalkan Ruangbelajar. Ya, Ruangbelajar sangat tepat untuk menemani anak-anak belajar online di rumah agar tidak membosankan.

Berikut beberapa fitur menarik dari Ruangbelajar:

  • Ruangguru PET
  • Ruangguru adventure
  • Jadwal belajar
  • Asah otak
  • Adapto
  • Konsep kilat
  • Bank soal
  • Laporan belajar

Di antara fitur ruangbelajar by Ruangguru yang disampaikan di atas, ada yang baru launching pada bulan Juli ini, yaitu:

Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri, memahami materi sebelum pindah ke materi berikutnya sehingga pengalaman dalam belajar online lebih lancar.

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Penting karena memudahkan setiap pengguna saat menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Soalnya terkadang ada yang sering terganggu dan harus berhenti sejenak membuka Aplikasi Ruangguru, dan ketika ingin melanjutkan materi sebelumnya tetapi tidak dari awal.

Untuk itu fitur ini melatih untuk disiplin dan komitmen terhadap pilihan materi pelajaran. Rencana pembelajaran bisa dibuat dengan dengan disiplin setiap pekan bahkan bisa menyimpan materi yang sementara berlangsung untuk dibaca kemudian apabila terdapat hal penting yang harus segera diselesaikan dulu.

Subtitle Video

Transkrip atau subtitle video menjadi fitur penting untuk melatih anak-anak untuk memahami video dengan mudah karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Di ruangbelajar ini, anak-anak bisa dengan mudah mengikuti pelajaran tanpa harus ketinggalan poin penting hanya karena persoalan bahasa.

Fitur Pencarian

Kehadiran fungsi pencarian sangat memudahkan dalam menemukan materi pembelajaran sehingga bisa lebih efisien waktu yang dikeluarkan hanya untuk mencari sudah sampai dimana belajarnya.

Pet Mission

Salah satu hiburan untuk anak-anak yang harus tetap dalam pengawasan orang tua adalah fitur Pet Mission ini. Pet Mission bekerja dengan cara mendaftarkan misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Apabila berhasil menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Tips Memilih Ruangbelajar yang Nyaman untuk Belajar Online

Tes Minat Bakat

Senangnya karena tes minat yang dtawarkan dalam ruangbelajar by ruangguru ini merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Jadi, siapa saja pengguna yang melakukan tes ini maka akan membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Bahkan hasil dari tes minat bakat bisa menunjang minat dan bakat akan jurusan kuliah yang akan diambil kelak.

***

Well, semakin sering mendapatkan pelayanan terbaik dari ruangbelajar adalah salah satu keuntungan saat belajar online. Untuk itu, pastikan anak-anak, meskipun masih SD, tetap merasa nyaman belajar. Sebab, kita tak pernah tahu kapan pandemi berakhir dan mengadakan pembelajaran daring secara terus-menerus.

Leave a Reply