Pendidikan

Tips Memilih Bimbingan Belajar yang Bagus untuk Anak

“Anak kreatif, anak yang ketagihan belajar.”

Setidaknya seperti itu yang pernah saya dengar pada sebuah webinar pendidikan dalam rangka memfasilitasi kondisi pandemi. Ya, anak saat ini dituntut untuk melakukan proses pembelajaran mayoritas di rumah karena sekolah masih diliburkan untuk menjaga diri. Untuk itu, orang tua yang merasa perlu tambahan pendampingan untuk anak belajar mau tidak mau mencari solusi.

Bimbingan Belajar Jadi Solusi Jitu

Sebagian besar teman-teman saya yang memiliki anak usia sekolah memutuskan untuk mencari bimbingan belajar. Namun, tidak semua akhirnya menemukan tempat dan lokasi belajar tambahan yang bagus untuk anak mereka karena masih saja ada yang mengeluh kalau si anak tidak senang dengan mentor yang mengajar. Ada juga yang akhirnya jadi trauma belajar.

Nah, melihat fenomena tersebut maka saya menyarankan beberapa Tips Memilih Bimbingan Belajar yang Bagus untuk Anak agar tujuan orang tua dan anak dalam hal edukasi tercapai, yaitu:

tips memilih bimbingan belajar dengan kelas pintar untuk anak agar belajarnya terarah

1. Tim Pengajarnya Berkualitas dan Berpengalaman

Bagaimana cara mengetahui hal satu ini? Pastinya adalah dengan cara menanyakan ke bagian staf administrasi lembaga kursus atau les  yang dituju. Latar belakang pendidikan para pengajar pastinya akan menjadi salah satu penilaian bahwa ilmu yang dimiliki sesuai dengan apa yang diajarkan.

Lembaga bimbingan belajar tidak akan mengambil risiko dengan mempekerjakan seorang pengajar yang justru tidak memahami apa yang diajarkan. Apalagi jika mengajar anak-anak yang sudah mendekati masa ujian akhir. Biasanya tenaga pengajar berkualitas dan berpengalaman pasti punya trik jitu dalam menjawab soal dengan cepat dan benar.

2. Output Siswa yang Dihasilkan

Pastikan bimbingan belajar yang sudah terkenal menghasilkan siswa-siswa yang sukses dalam melewati ujian. Bibit-bibit unggul yang dihasilkan menjadi poin penting dalam memilih tempat anak untuk belajar. Karena pastinya semua orang tua juga ingin anaknya termasuk dalam bibit unggul tersebut.

3. Fasilitas Memadai

Untuk bimbingan belajar yang sistemnya offline pastinya fokus orang tua ada pada fasilitasnya, seperti ruangan belajar, lingkungan sekitar tempat bimbingan belajar, attitude pengajar dan seluruh staf serta yang paling utama adalah ada modul yang bisa jadi pegangan anak untuk menjawab soal-soal sebagai latihan.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Nah, ini penting banget karena biasanya ada anak yang diikutkan pada sebuah institusi bimbingan belajar hanya karena gengsi atau ikut-ikutan. Padahal anak masih belum butuh dan bisa belajar mandiri.

Orang tua tidak boleh memaksakan kehendak ini karena justru akan mematikan semangat anak dalam belajar. Meskipun terlihat si anak akhirnya belajar tetapi sejatinya itu dilakukan karena terpaksa demi melihat orang tuanya senang.

Kalau anak mengatakan tidak mau atau belum siap, jangan pernah dipaksa. Lakukan komunikasi produktif dulu dengan anak untuk tahu alasan mereka menolak. Nah, dari jawaban anak nantinya bisa diberikan penjelasan yang sesuai.

5. Ada Progress Belajar yang Terukur

Ini penting buat orang tua. Berkaitan juga dengan seberapa minat anak diikutkan program belajar tambahan. Jadi, dari tempat anak mendapatkan ilmu selain sekolah ini harus selalu mendata setiap perkembangan anak selama belajar dan menjalankan aktivitas yang menjadi layanan bimbingan belajar. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi orang tua salah satunya tentang sejauh mana manfaat aktivitas belajar itu diserap baik oleh anak.

Berkenalan dengan Bimbingan Belajar Kelas Pintar

Nah, bicara soal media belajar, saya jadi teringat dengan Kelas Pintar. Ya, Kelas Pintar ini adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. Jadi, anak yang menjadi siswa di Kelas Pintar lebih dari sekadar belajar.

logo kelas pintar bimbingan belajar

Kelas Pintar ini tersedia dalam bentuk daring dengan metode pintar. Adapun metode pintar yang dimaksud adalah

Learn

Semua anak harus mempelajari dulu dengan saksama materi yang disampaikan. Materi yang disajikan dalam bentuk audio-visual, video animasi dan juga e-book. Ragam materi yang disajikan meliputi:

  • Konsep Pelajaran
  • Materi Pelajaran
  • Animasi Pelajaran
  • E-book
  • Learning Objectives
  • Concept Adventure

Practice

Semua anak harus mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dengan latihan. Latihan yang diberikan meliputi:

  • HOTS
  • Tanya Jawab
  • VBQ
  • Play Hub
  • Get Set Go
  • Work Sheet

Test

Untuk menguji seberapa banyak serapan ilmu yang diterima, maka Kelas Pintar akan memberikan sebuah tes. Adapun jenis tes-nya sebagai berikut:

  • MCQ
  • Tes Adaptif
  • Essay

Keunggulan Kelas Pintar sebagai Bimbingan Belajar

kelas pintar

Berikut beberapa keunggulan Kelas Pintar yang bisa dijadikan referensi orang tua sebelum memilih tempat untuk anak belajar lainnya:

  • Bisa mengakses puluhan ribu materi pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku, Kurikulum 2013 Rev
  • Metode belajar Learn, Practice and Test (LPT)
  • Belajar menyenangkan dengan konten video animasi interaktif
  • Terdapat puluhan ribu soal-soal berbobot untuk latihan
  • Pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar V.A.K
  • Guru Ahli siap menjawab permasalahan yang dialami oleh anak dalam hal materi pelajaran
  • Terintegrasi langsung antara murid,, guru dan orang tua dalam satu platform

More info bisa langsung ke situs Kelas Pintar saja, ya!

***
Well, setelah melihat tips memilih tempat bimbingan belajar dan mengenal Kelas Pintar, pastinya tidak akan kebingungan lagi. Pastinya anak-anak akan memiliki pengalaman belajar berbeda dan menyenangkan.

24 Comments

  1. nurulrahma May 20, 2021
  2. Dian May 20, 2021
  3. Suciarti Wahyuningtyas May 20, 2021
  4. Wiwied Widya May 20, 2021
  5. Mia Yunita May 21, 2021
  6. Ucig May 21, 2021
  7. Mugniar May 21, 2021
  8. andiyani achmad May 21, 2021
  9. Rudi G. Aswan May 21, 2021
  10. Tuty Queen May 22, 2021
  11. lendyagasshi May 22, 2021
  12. April Hamsa May 22, 2021
  13. Lidya May 22, 2021
  14. Larasati Neisia May 22, 2021
  15. Alfa Kurnia May 22, 2021
  16. Utie adnu May 22, 2021
  17. Milda Ini May 22, 2021
  18. diane May 22, 2021
  19. Sri Widiyastuti May 22, 2021
  20. Sapti nurul hidayati May 22, 2021
  21. nyi Penengah Dewanti May 23, 2021
  22. Hana Aina May 23, 2021
  23. Wian May 24, 2021

Leave a Reply