Teknologi

Tanya Veronika Asisten Virtual, Layanan Chat Pintar dari Telkomsel

“Kamu itu ya, katanya kuliah tetapi pacaran saja kerjanya. Ibu sampai sulit menghubungimu.”

“Ponsel saya lowbat, Bu. Mati. Tidak bisa menerima telepon.”

“Ah, bohong kamu. Pacaran, sekarang tambah bohong saja terus.”

“Lo, beneran Bu. Kok tidak percaya sama anak sendiri?”

“Ya bagaimana mau percaya. Tuh buktinya yang jawab ponselmu selalu Veronika.”

“…”

***

Masih ingat dengan Veronika? Kalau pengguna Telkomsel pasti “Menolak Lupa” dengan kelucuan yang dibuat oleh orang-orang yang mengisahkan tentang keluguan orang-orang tua dahulu. Kemajuan teknologi yang semakin pesat setiap waktu memang membuat orang tua kita mayoritas memilih masa bodoh daripada harus mempelajarinya. Kecuali yang betul-betul tidak ingin ketinggalan karena merasa bahwa mereka harus beradaptasi agar kelak tidak canggung ketika ditanya cucu cicit.

Contoh sederhana yang perlu diketahui adalah adanya asisten virtual yang dikembangkan untuk memudahkan keperluan manusia dalam menjalankan aktivitas.

Definisi Asisten Virtual

Sebelum kita lebih jauh membahas Veronika dan fungsinya sebagai asisten virtual, maka mari kita satukan pemahaman dulu bahwa asisten virtual adalah orang yang memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh atau dikenal dengan istilah remote. 

Kalau dulu kita sering melihat bahwa asisten selalu mengerjakan sesuatu secara offline, sekarang asisten bisa melakukannya dengan online, dimanapun dan kapanpun bagi siapa saja yang membutuhkan.

Manfaat Asisten Virtual bagi Perusahaan

Kali ini kita lebih fokus pada manfaat asisten virtual bagi perusahaan yang menurut sebagian besar penggunanya adalah bukti efisien dan efektif dalam mengelola sumber informasi untuk disebarkan kepada customer perusahaan. Oleh karenanya itu, tidak sedikit yang menggunakannya untuk memudahkan.

Bahkan dari beberapa teman yang pernah bekerja pada sebuah perusahaan dimana menggunakan layanan asisten seperti ini bisa memberikan kenaikan omset karena kepuasan pelanggan akan pertanyaan dijawab dengan tepat dan tidak perlu menunggu lama. Hmm, tahu sendiri ‘kan kalau customer seringkali tidak ingin menunggu lama. Antre aja main serobot, ye kan? 

tanya asisten virtual veronika

Telkomsel dan Layanan Chatbot Veronika

Siapa sih yang tidak kenal dengan Telkomsel, sebuah penyedia layanan nirkabel yang sudah ada sejak tahun 1995 dan sekarang sudah mencapai 163 juta pengguna pada tahun 2018. Fantastis sekali ya angkanya dan memang wajar untuk provider sekelas Telkomsel mencapai angka tersebut.

Betapa tidak, Telkomsel yang merupakan nama dagang dari PT. Telekomunikasi Seluler ini memang tidak main-main dalam pelayanan. Meskipun seringkali beberapa waktu belakangan ini ada beberapa program dan produk yang ditawarkan terbilang untuk kalangan ekonomi menengah ke atas, tapi bagi saya pribadi yang namanya koneksi stabil itu sangat penting.

Perusahaan Telkomsel ini mengoperasikan jaringan GSM pada rentang frekuensi 900–1800 MHz dan terdapat layanan 3G dan 4G pada frekuensi lainnya. Tentunya ini sangat dibutuhkan bagi pelanggannya. Jika sudah bisa bertahan dari 1995 otomatis kepercayaan penuh dari pelanggan tidak meleset kemana-mana. Layanan kartuHALO, simPATI bahkan terbaru tahun 2020 lalu ada CloudX untuk memudahkan virtual meeting selama pandemi.

Bahkan saat ini layanan chatbot Veronika semakin dibutuhkan karena semua serba virtual. Saya sendiri pun ketika membutuhkan informasi seputar Telkomsel, bisa langsung tanya Veronika asisten virtual saja sebagai asisten virtual yang melegenda bahkan tidak bisa dipisahkan dari Telkomsel.

Berkenalan (Lagi) dengan Tanya Asisten Virtual Veronika

veronika asisten virtual masa kini

Ngomongin masalah virtual, saya jadi teringat dengan layanan asisten virtual Veronika dari Telkomsel. Saya kembali ingat adegan dimana mama cemburu buta dengan papa. Mama pernah marah besar karena papa lupa mengaktifkan ponselnya kembali pasca mengerjakan tugasnya sebagai guru mata pelajaran bahasa Inggris. Nah, ketika itu mama menghubungi papa ternyata tidak bisa dan kalimat pertama operator selalu mengatakan: Telkomsel Veronika…

Nah, sekarang Veronika kembali dengan wajah baru. Asisten Virtual Telkomsel Veronika ini merupakan layanan digital berbasis chat yang dibuat untuk memudahkan pelanggan seperti pembelian pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, lokasi MyGraPARI hingga informasi lainnya seputar layanan Telkomsel terkini.

Fitur Layanan Asisten Virtual Veronika Telkomsel

Tanya asisten virtual Veronika kini hadir dengan wajah baru. Berbagai fitur pun dikembangkan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan setianya. Yuk, kita kenal lebih dekat dengan fitur-fitur Veronika!

1. Isi Pulsa

Ini adalah fitur utama yang semua orang membutuhkannya. Tanya Veronika asisten virtual akan memudahkan isi pulsa dengan memberikan beberapa menu fitur pilihan. Caranya cukup mengetikkan “Halo Siang” maka Veronika akan menjawab dengan detil dan tinggal pelanggannya akan memilih yang mana. Dan untuk isi pulsa ini akan ada petunjuk untuk menuliskan angka 1 atau Paket. Silakan dicoba saja untuk mengetahuinya.

2. Beli paket

Nah, cara ini juga sama dengan poin 1 di atas, bedanya pada pengetikan kata. Untuk beli paket ini, cukup ketik “Beli Paket” maka Veronika akan menjawab dengan dua chat pemberitahuan berupa 6 jenis paket yang bisa jadi pilihan. Ada paket Unggulan, Internet, Hiburan, Telpon, SMS dan terakhir Roaming.

3. Tukar poin

Kalau fitur satu ini salah satu yang sering saya pakai. Lumayan banget bisa menukar poin dengan beberapa voucher belanja. Saya seringnya menukar dengan voucher belanja di Gramedia. Lumayan bisa dapat buku mahal dengan potongan banyak hanya dengan Telkomsel POIN. Jika mau cek selama ini Poin kamu ada berapa, cukup ketik “Tukar Poin” saja di chatbot. Veronika tidak akan mager menjawab karena sudah ditugaskan untuk menjawab. Ya namanya juga asisten virtual, ye kan?
Pilihan Kategori akan ditampilkan dan kalau mau lebih visual, langsung masuk ke aplikasi MyTelkomsel juga bisa banget.

4. Kirim paket untuk teman

Lagi berbaik hati dan ingin menambah amal kebaikan pada orang-orang tersayang? Coba saja menggunakan fitur ini. Cukup ketikkan “Kirim Paket untuk Teman” maka Veronika memberikan solusi dengan meminta kita memasukkan nomor Telkomsel yang ingin diisikan sebagai hadiah. Hmm, suami saya nih suka begini. Meskipun bukan dalam bentuk hadiah yaa menggunakan fitur ini jadi suka membahagiakan istri, eaaa.

5. Ganti Kartu

Layanan satu ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak punya waktu ke GraPARI untuk sekadar mengganti kartu, apalagi kalau harus antre. Bayangkan berapa banyak waktu terbuang karena bagi pelaku bisnis, waktu adalah uang. Jadi cukup hubungi Veronika dan masalah ganti kartu selesai dengan cepat.

6. Bantuan Lainnya

Jika masih ada pertanyaan seputar Telkomsel di luar dari poin 1 hingga 5 di atas, cukup ketikkan “Bantuan Lainnya” maka Veronika kembali akan memberikan pilihan. Cukup tekan angka 5 untuk Tanya CS atau bisa juga dengan ketik “Bicara dengan CS” maka akan disambungkan ke line khusus untuk itu.
Nah, sampai di sini sudah dipahami mengenai fitur-fitur chatbot Veronika, bukan?

Mengapa Harus Tanya Veronika Asisten Virtual?

Dari sekian panjang saya paparkan di atas, maka otomatis menggunakan layanan chatbot ini memberikan kemudahan bagi pelanggan, apalagi jika kemudahan itu adalah:

  • Easy to Access; cukup buka WhatsApp misalnya maka informasi diperoleh dengan mudah
  • 24 Jam Non Stop; tidak ada kata libur bagi Veronika demi kepuasan pelanggan
  • Fast Response; cepat sekali menjawab pertanyaan yang dibutuhkan
  • Multichannel; banyak hal yang bisa ditanyakan dari berbagai aplikasi chat yang kita punya

Berikut beberapa channel yang bisa digunakan untuk menikmati berbagai fitur yang sudah saya sebutkan di atas:

  • LINE @Telkomsel
  • WhatsApp Telkomsel Virtual Asisten
  • Aplikasi MyTelkomsel
  • Facebook Messenger ‘Telkomsel’
  • Telegram @Telkomsel_official_bot
  • Situs www.telkomsel.com

Dan di antara semua channel di atas yang menjadi favorit saya adalah WhatsApp. Ya, saya lebih sering membuka layanan chat tersebut dibandingkan dengan yang lain.

Cara Mengajukan Pertanyaan untuk Veronika

Kalau membaca dengan saksama tulisan saya dari awal, pasti sudah memahami bagaimana cara bertanya yang benar pada layanan asisten virtual dari Telkomsel ini. Tinggal memperhatikan saja kebutuhan masing-masing yang ingin diperoleh dari jawaban Veronika. Jangan asal bertanya apalagi bertanya: “Bagaimana cara melupakan mantan dengan baik dan benar?” Pastinya tidak akan dijawab oleh Veronika.

veronika

Jaga sikap sekalipun Veronika tidak bertatap muka langsung dengan kita. Istilahnya be smart dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. Jangan hanya ponselnya yang pintar tetapi yang menggunakannya tidak demikian.

***
Well, apapun yang ingin diketahui mengenai Telkomsel dan tidak ada waktu ke GraPARI, cukup tanya Veronika asisten virtual saja ya, guys!
tanya asisten virtual veronika