PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017: Terbaik untuk yang Teristimewa

PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017: Terbaik untuk yang Teristimewa – Kesuksesan mengedukasi para calon orang tua di berbagai kota di Indonesia di tahun-tahun sebelumnya, PRENAGEN hadir kembali di kota Surabaya, 30 Juli 2017 lalu. PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 yang kemudian disingkat dengan PPEJ 2017, mengajak seluruh orang tua, baik yang sedang merencanakan kehamilan, hamil bahkan menyusui untuk mendapatkan informasi penting seputar kehamilan.

Berlokasi di Dyandra Convention Center, Jl. Basuki Rahmat, Surabaya, PPEJ 2017 diisi dengan:

  • Interaktif Talkshow
  • Sharing Session dengan Ambassador PRENAGEN 2017
  • Launching Aplikasi “Hallo Bumil”
  • Senam PRENAFit
  • Ragam Booth yang Berisi Informasi Seputar Hamil, Melahirkan dan Menyusui

Deretan agenda di atas pun menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para calon orang tua di Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya.

Dibuka dengan cantik oleh MC kondang, Mona Ratuliu, seluruh peserta semakin antusias menyimak satu demi satu agenda yang terlaksana. Dan sebelum interaktif talskhow dimulai, Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Saifullah Yusuf, bersama Wakil Ketua POGI, Bapak dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG dan Ketua IDI Surabaya, memberikan sambutan hangatnya kepada seluruh Ibu dan Ayah yang hadir.

Bapak WaGub berpesan bahwa dengan adanya PPEJ 2017 ini maka setidaknya membantu pembangunan Indonesia, khususnya Surabaya dalam menciptakan generasi yang cerdas, sehat dan pastinya generasi yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa. Kesuksesan Ibu dan Ayah di Surabaya dalam membentuk anak yang baik dikatakan sebagai penunjang keberhasilan Surabaya dalam hal pertumbuhan penduduk.

Kehadiran Brand Ambassador PRENAGEN 2017

Beruntung karena event ini dihadiri oleh brand ambassador PRENAGEN periode 2017, yaitu Andien dan Ippe (suaminya). Nah, kehadiran Andien di sini tidak lain adalah berbagi suka duka saat mengandung anaknya, Kawa.

Andien mengaku bahwa selama hamil, suami sangat mendukung penuh bahkan sangat hati-hati dalam menjaga dan merawatnya. Segala keperluan Andien selama hamil pun dipenuhi oleh suami. Bahkan suami tidak segan-segan ikut icip-icip susu hamil yang dikonsumsi Andien.

Andien dan suami mempercayakan kebutuhan nutrisinya plus untuk Kawa saat dalam kandungan kepada PRENAGEN.

“Ya, waktu hamil dulu saya mual-mual juga. Maka saya mengkonsumsi PRENAGEN Emesis sehingga mual tidak lagi menjadi masalah. Justru itu kenikmatan tersendiri.” Ungkap Andien sembari terus didampingi Ippe yang nampak sangat sayang dengan istrinya tersebut.  

Dilanjutkan dengan interaktif talkshow, para Ibu dan Ayah pun siap pasang mata dan telinga serta tangan untuk mencatat hal-hal penting seputar informasi yang disampaikan.

PLASENTA, by dr. Boy Abidin, Sp.OG (K)

Tidak semua orang hamil memiliki Plasenta yang sehat. Padahal Plasenta yang tidak sehat saat kehamilan adalah SEMU. Lho, apa sih hubungan plasenta sehat dengan masa depan anak? Jawabannya SANGAT BERHUBUNGAN.

Semua orang tahu bahwa plasenta adalah penghubung antara janin dengan ibu. Sumber makanan janin berasal dari plasenta. Jika kesehatan plasenta tidak dijaga, maka  akan berdampak terhadap si kecil dalam jangka panjang. Karena plasenta adalah organ yang penuh nutrisi, maka Ibu sudah tentu WAJIB mengkonsumsi nutrisi yang baik plus sehat.

“Dok, bagaimana mengetahui kalau plasenta kita itu baik atau nggak?” tanya Andien.

“Kondisi baik tidaknya plasenta bisa dicek lewat USG. Jadi, ibu hamil harus ikut memantau kondisi plasenta saat USG ke dokter,” jawab dr. Boy.

Dampak gangguan plasenta pada kehamilan diantaranya: preeclamsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas dan kematian janin. Maka senantiasa menjaga fungsi plasenta sebagai pembawa nutrisi dan oksigen untuk bayi, pembawa sistem imun (antibodi),

You are WHAT your mother eat! Kalimat ini perlu menjadi pegangan Ibu dimanapun berada untuk senantiasa memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi yang dikonsumsi oleh Ibu akan melewati plasenta dan akan dialirkan ke tubuh janin. Apa saja nutrisi yang baik itu? Tentu saja tidak terbatas vitamin dan mineral. Dan dr. Boy sendiri mengatakan salah satu nutrition vehicle yang membawa aneka ragam nutrisi adalah Susu Ibu Hamil.

Ya, banyak yang mengatakan bahwa minum susu ibu hamil bukanlah sebagai kewajiban, namun perlu diingat bahwa ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi yang kompleks. Tidak hanya makronutrisi saja seperti karbohidrat, lemak, vitaim dan mineral, tetapi juga mikronutrisi seperti zat besi, asam folat, DHA dan yang lainnya. Nah, melalui susu ibu hamil PRENAGEN inilah ibu hamil terbantu untuk melengkapi kebutuhan tersebut.

Hamil adalah anugerah yang tak ternilai. Maka jagalah dengan baik salah satunya dengan memperhatikan nutrisi. Kurang lebih inilah pesan dr. Boy sebelum menutup bahasan materi yang disampaikannya.

Sistem Saraf dan Tumbuh Kembang Anak, by dr. Herbowo AF, Seotomenggolo, Sp.A(K)

Saat ibu hamil, kondisi janin perlu diperhatikan. Sejatinya anugerah terindah Tuhan yang diberikan kesempatan untuk hidup dalam rahim seorang Ibu sudah sangat perlu untuk dijaga. Apalagi jika kelak setelah lahir, tugas selanjutnya adalah bagaimana menjadikan bayi bisa tumbuh dan berkembang optimal sesuai dengan usianya. Maka dr. Herbowo AF. Seotomenggolo, Sp.A(K) pun dihadirkan oleh PRENAGEN untuk memberikan beberapa informasi penting seputar pentingnya nutrisi ibu saat hamil bagi sistem saraf dan juga tumbuh kembang  janin yang dikandung.

Menyambung dari materi sebelumnya, bahwa nutrisi sangat penting diperhatikan oleh ibu hamil itu memang bukanlah hanya kalimat dokter atau bidan saja. Bagusnya nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil sangat mempengaruhi sistem saraf dan tumbuh kembang si kecil. Kok bisa? Yuk disimak!

IQ Anak 40% Menurun dari Ibu. Fakta ini semakin memperjelas bahwa factor predictor IQ anak adalah IQ Ibu. Untuk itu dalam tahap pembentukan sistem saraf dan tumbuh kembang anak perlu memperhatikan faktor internal dan eksternal. Ya, intervensi nutrisi yang diberikan kepada si kecil bisa mempengaruhi IQ, contohnya:

  • Pembentukan sinaps; dari pemberian nutrisi dan stimulasi
  • Pembentukan mielin; dari pemberian nutrisi
  • Pembentukan neurotransmitter; dari pemberian nutrisi

Anak yang kekurangan zat besi, maka mielin kurang berkembang sempurna sehingga perkembangan anak terlambat. Satu lagi contohnya ketika kekurangan yodium, maka IQ akan menurun dan terjadi retardasi mental.

Maka Ibu Hamil perlu mempersiapkan sejak dini, yaitu nutrisi selama hamil, nutrisi tahun pertama dan tahun kedua untuk pembentukan sel saraf pada anak. Bagaimana cara memantaunya? Bisa dengan melakukan:

  • Timbang berat badan dan tinggi badan secara berkala
  • Ukur lingkar kepala
  • Konsultasi terus dengan dokter
  • Mengenal red flag perkembangan
  • Batasan perkembangan yang harus dilewati anak sesuai usia

Berikut contoh red flag perkembangan di usia 6 bulan:

  • Sosial/Emotional: tidak ada senyum sosial
  • Komunikasi: tidak mampu membentuk suara
  • Motorik Halus: tidak mampu memegang benda
  • Motorik Kasar: tidak bisa berguling, tidak bisa angkat kepala saat tengkurap

Begitupun dengan usia 9 dan 12 bulan pun ada batasan perkembangan yang harus dipantau oleh orang tua. Jika ada gangguan perkembangan yang sangat drastis di usia berapapun seperti tidak ada respon sama sekali baik ketika diberi audio atau visual, interaksi sangat kurang, gerakan lemah, kaku atau tanda-tanda keanehan lainnya, maka segera melakukan pemeriksaan karena bisa jadi si anak mengalami gangguan tumbuh kembang yang serius.

PRENAGEN PRENAPro Hadir Menjawab Kebutuhan Ibu Hamil

Setelah mendengarkan pemaparan bergizi dari dua dokter di atas, maka pihak PRENAGEN pun hadir untuk memperkenalkan formula khusus yang penting diketahui oleh ibu yang sedang program hamil, hamil dan juga menyusui.

PRENAGEN diformulasikan khusus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Minuman Khusus Ibu Hamil dan Menyusui. Saat ini terdapat PRENAPro Formula yang memenuhi kebutuhan ibu bayi dalam kandungan seperti asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, protein, zat besi, vitamin D, omega 3 dan 6, DHA, kolin.

Selain itu, PRENAGEN menjadi #SahabatTerbaik ibu hamil pun ditandai dengan adanya berbagai varian susu yang disesuaikan dengan kondisi, seperti:

  • PRENAGEN Essensis; susu rendah lemak, kaya akan zinc dan asam folat yang sangat cocok untuk program kehamilan
  • PRENAGEN Mommy Emesis; mengandung protein dan vitamin B6 yang membantu mengurangi mual pada ibu hamil di trimester pertama
  • PRENAGEN Mommy; mengandung mikronutrisi yang lengkap seperti asam folat, Fe, Vitamin B12 untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan
  • PRENAGEN Mommy UHT; kemasan yang sengaja dibuat sebagai susu siap minum oleh ibu hamil
  • PRENAGEN Lactamom; memiliki vitamin B2 dan B12 untuk merangsang produksi ASI ibu saat menyusui
  • PRENAGEN Juice; jus yang mengandung sari buah anggur dan delima (kini juga sudah ada varian sayur-sayuran) agar ibu tetap bugar karena mengkonsumsi vitamin dan mineral cukup

Di sela-sela perkenalan produk PRENAGEN ini, hadirlah Chef Eddrian Tjhia yang memberikan resep sehat untuk ibu hamil. Salah satu resep sehat tersebut adalah cara membuat smoothies dari ubi ungu dan pisang yang kemudian resepnya diberi nama Smoothies Ball. Dan yang paling membahagiakan ibu dan ayah yang hadir adalah smoothies bisa dicampurkan dengan susu atau jus PRENAGEN. Bahkan ayah pun bisa ikut mengkonsumsinya. Wow, that’s so great!

Launching Aplikasi “Hallo Bumil”

Mona Ratuliu juga mengumumkan bahwa PRENAGEN bekerja sama dengan PT. Cakra Radha Mustika menghadirkan aplikasi kehamilan bernama Hallo Bumil. Aplikasi kehamilan satu ini adalah pendamping kehamilan pertama yang ada di Indonesia. Konsepnya interaktif serta informative bagi ibu hamil.

Tujuan aplikasi Hallo Bumil ini diluncurkan di PPEJ 2017 Surabaya bertujuan agar ibu hamil terakomodir kebutuhannya dari segi medis melalui fitur seperti:

  • Kontrol Kehamilan; bisa mengontrol berat badan saat hamil
  • Timeline Kehamilan; bisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu
  • Artikel; bisa membaca ragam informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan. Artikelnya pun dibuat unik karena seolah-olah si kecil yang bercerita tentang perkembangan dirinya dari hari ke hari kepada ibunya.

Well… aplikasi ini memang sudah sangat dibutuhkan mengingat saat ini semua serba digital. Semuanya bisa dicari lewat genggaman. Dan Hallo Bumil mengambil bagian sebagai salah satu mobile application yang pastinya menjadi kebutuhan primer ibu hamil.

Manfaat Senam PRENAFit bagi Ibu Hamil

Siapa bilang orang hamil nggak perlu olahraga? Justru sangat diperlukan agar kondisi ibu tetap kuat dan tidak mudah lelah. Bahkan persalinan yang lancar dipengaruhi juga oleh seberapa sering ibu hamil berolahraga. Dan sesuai dengan pengalaman, olahraga saat hamil pun bisa membantu proses recovery ibu pasca melahirkan. Apalagi ibu akan bertambah aktivitas setiap harinya, yaitu mengurus bayi. Kondisi fisik yang lemah tentu akan menimbulkan masalah.

Nah, PRENAGEN menghadirkan ibu Anditia yang selama ini memang senantiasa menjadi pemandu senam ibu-ibu, baik ibu hamil maupun sedang menyusui. Tidak hanya langsung mengajak para peserta yang hadir untuk mengikuti gerakan demi gerakan senam PRENAFit. Peserta diberi edukasi dulu berupa informasi seputar manfaat senam PRENAFit bagi Ibu, yaitu:

  • Membantu ibu beristirahat dengan tenang
  • Mencegah kenaikan berat badan berlebihan
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan otot (apalagi bagi yang ingin melahirkan normal)
  • Mengurangi risiko diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi
  • Mengurangi risiko bayi lahir overweight (fetal macrosamia)

Sedangkan manfaat senam PRENAFit bagi bayi, antara lain:

  • Menurunkan obesitas pada bayi di kemudian hari
  • Bayi lebih tenang
  • Meningkatkan skor kecerdasan umum dan kemampuan berbahasa lisan sampai usia 5 tahun

(Sumber: Clapp, 1998 yang dikutip dari press release PPPEJ 2017 Surabaya)

Namun, senam PRENAFit bukan berarti harus dipaksakan setiap hari tanpa memperhatikan kondisi ibu sendiri saat hamil. Karena lamanya setiap ibu hamil saat berolahraga pun beragam. Nah, senam atau olahraga harus dihentikan (atau jeda sesaat) ketika mendapati kondisi diri, seperti:

  • Kepala pusing, dada sakit, dan lemah
  • Hubungi dokter ketika terjadi spotting
  • Ketika nafas sudah tersengal-sengal
  • Kaki mengalami pembengkakan
  • Tensi lebih dari 140/80
  • Placenta Previa

Jadi, ibu hamil saat melakukan olahraga atau senam PRENAFit ini perlu selalu memperhatikan kondisi tubuh. Jangan dipaksakan demi kesehatan dan keselamatan ibu dan tentunya bayi dalam kandungan.

** Ditutup dengan Aksi Mannequin Challenge, PPEJ 2017 Surabaya telah mengedukasi lebih dari 800 ibu dan ayah yang hadir**

Ragam Booth Edukasi dalam PPEJ 2017 Surabaya

Masuk ke venue diselengarakannya PPEJ 2017 Surabaya ini, maka ibu dan ayah diperhadapkan pada sejumlah booth edukasi. Masing-masing memiliki fungsi yang tidak lain memberikan informasi penting seputar PRENAGEN dan ibu hamil atau menyusui.

Bump to Booth Nutrition

Booth yang paling pertama saya kunjungi dan lumayan lama di sini karena ada Chef Eddrian yang mendemokan pembuatan smoothies. Dan Chef sendiri membuat dua varian smoothies yang satunya diberi tambahan PRENAGEN Mommy dan satunya lagi menggunakan PRENAGEN Juice.

Bump to Birth Corner

Di sini para ibu dan ayah diberi edukasi bagaiman merawat bayi, seperti memandikan, menyusui dan hal-hal yang berhubungan dengan persalinan. Dipandu langsung oleh bidan yang berkompeten.

Bump to Birth Expert

Ibu dan ayah bisa mendapatkan informasi seputar produk PRENAGEN sesuai fungsinya masing-masing. Bahkan pihak PRENAGEN menyediakan tester PRENAGEN Juice dan susu yang bisa dicoba oleh ibu dan ayah saat berkunjung.

Bump to Birth Consultation

Di booth ini sudah ada dokter dan tenaga medis yang sengaja dihadirkan PRENAGEN untuk melayani ibu dan ayah, seperti pemeriksaan tekanan darah bahkan konsultasi secara gratis.

Booth Quesioner Susu PRENAGEN

Di sini ibu akan diminta kesediannya untuk melakukan jajak pendapat terhadap susu PRENAGEN. Tujuannya agar produk-produk PRENAGEN terus dibenahi dan pastinya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan ibu hamil

Booth Hallo Bumil

Ibu bisa melakukan registrasi dengan melakukan instalasi aplikasi Hallo Bumil dan menanyakan manfaat aplikasi ini juga.

Photo Booth

Mengabadikan momen saat PPEJ 2017 Surabaya itu adalah sesuatu yang penting buat saya. Ada photo booth yang menjawab kebutuhan saya tersebut dan bisa menjadi kenang-kenangan sepanjang masa.

Mini Playground

Ibu dan ayah pun bisa membawa anak karena di area PPEJ 2017 Surabaya disediakan playground untuk anak bermain dan juga belajar mewarnai gambar. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa bosan anak saat ibu dan ayah menimba ilmu tentang dunia kehamilan dan menyusui.

***

Well… itulah rangkaian acara PPEJ 2017 di Surabaya beberapa hari yang lalu. Senang dan bahagia bisa kembali melakukan charging ilmu pengetahuan seputar kehamilan dan bertemu dengan orang-orang hebat.

Semoga harapan akan campaign PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat 2017 bisa benar-benar terwujud. Dan pastinya Angka Kematian Ibu (AKI) bisa ditekan sebanyak mungkin. Ya, PRENAGEN selalu hadir menjadi yang terbaik untuk yang terisitimewa.

10 Responses to “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017: Terbaik untuk yang Teristimewa”
  1. artha says:
    • Rahmah says:
  2. Wulan Dalu says:
    • Rahmah says:
  3. Dwi Puspita says:
  4. Inspiring says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *