Artikel Blogging Event Kesehatan Reportase Suara Hati

Minute Maid Nutriforce Hadir untuk Melengkapi Nutrisi Harian

Minute Maid Nutriforce Hadir untuk Melengkapi Nutrisi Harian – Surabaya yang dilanda mendung sejak pagi membuat saya sepertinya mager. Namun, tekad untuk menambah ilmu dan juga asupan jiwa menjadikan saya tetap menggerakkan badan untuk bertemu dengan orang-orang baru. Seperti hari ini, bertemu dengan orang-orang yang concern tentang pemenuhan nutrisi.

Bertempat di Noach Café & Bistro, saya kembali menjadi gelas kosong untuk menyimak informasi baru seputar gizi dan nutrisi. Beruntung karena pihak penyelenggara mengundang para pakar yang sudah expert di bidangnya.

Pemenuhan Nutrisi Anak, Orang Tua Perlu Cara Cerdas Mensiasati

dr. Grace Judio-Kahl mengatakan bahwa golden period tidak bisa dilupakan begitu saja bahkan melewatinya dengan sengaja, apalagi jika memasuki tahap selanjutnya, yaitu masa usia sekolah. Anak-anak yang berada dalam masa ini, membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih kompleks untuk menciptakan anak yang berprestasi pastinya.

Pandangan orang luar terhadap kesehatan anak kita mayoritas melihat berat badan. Padahal menurut dr. Grace sendiri, anak sehat itu ada 3 (tiga) kriterianya:

  • Anak Aktif, nggak lambat
  • Anak Kreatif, cerdas dan imajinasi tinggi
  • Daya Tahan Tubuh Kuat, tidak mudah sakit meskipun berada di dalam lingkungan yang tidak sehat

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua yang seringkali luput dari perhatian karena melihat anak secara kasat mata tampak sehat saja. Apakah itu? Ya, banyak anak ternyata yang Anemia. Dan menurut penelitian Riset Kesehatan Dasar 2013, terdapat 26,4% anak usia 5-12 tahun menderita Anemia tanpa diketahui oleh orang tuanya.

Kekurangan zat besi (Fe) 10 mg dan zinc 11 mg ini sejatinya bisa dipenuhi jika ibu memperhatikan tentang pola pemberian makanan kepada anak. Nah, menurut dr. Grace, piring makan anak yang sehat itu sebaiknya dibagi menjadi 3 (tiga) divisi:

  • Divisi Sumber Energi dalam bentuk Karbohidrat, seperti Nasi, Roti, Kentang
  • Divisi Sumber Pembangun dalam bentuk Protein, seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe, susu
  • Divisi Sumber Pendukung dalam bentuk Mineral dan Vitamin, seperti sayur dan buah

Vitamin dan Mineral banyak macamnya. Dikenal dengan simbol-simbol huruf. Masing-masing memiliki fungsinya untuk tubuh. Contohnya vitamin A terdapat banyak di dalam kuning telur, wortel dan beberapa bahan makanan lain. Begitupun dengan vitamin lainnya dibutuhkan dengan fungsi yang sudah ditetapkan dan bersumber dari bahan-bahan makanan tertentu pula.

Sedangkan untuk mineral seperti zat besi (Fe) dan zinc seperti yang disebutkan sebelumnya, sangat dibutuhkan juga untuk mendukung kreativitas dan daya tahan tubuh anak. Sebab, orang tua tidak boleh tertipu dengan kondisi anak yang tampak sehat tetapi justru mengalami Anemia.

Nah, agar anak memenuhi Angka Kecukupan Gizi, kebutuhan mineral Fe dan Zinc untuk anak usia 7-9 tahun masing-masing 10 mg dan 11 mg, anak laki-laki 10-12 tahun masing-masing 13 mg dan 14 mg sedangkan untuk anak perempuan usia 10-12 tahun, kebutuhan Fe dan Zinc masing-masing adalah 20 mg dan 13 mg.

Dengan memenuhi angka tersebut, dr. Grace berharap angka penderita Anemia di kalangan anak-anak menjadi berkurang.

Varian Minute Maid Nutriforce Rasa Mangga dan Jeruk

Pada kesempatan ini juga saya bertanya kepada Bapak Andrew Soendjojo, Marketing Manager Minute Maid, tentang varian rasa Minute Maid Nutriforce yang hanya terdiri atas dua varian, Rasa Mangga dan Jeruk. Jawaban beliau pun didasarkan pada kebutuhan akan warga Indonesia secara umum, di mana kedua buah tersebut adalah buah lokal yang berada di deretan 3 teratas sebagai buah populer yang disukai.

Bapak Andrew juga berharap dengan adanya inovasi baru dari Minute Maid Nutriforce ini, anak tercukupi kebutuhannya dengan tagline #Kebaikan11Nutrisi yang diharapkan dapat diterima oleh masyarakat. Dan program menghadirkan produk kesehatan (bukan suplemen) ini juga hadir menyongsong Hari Gizi Nasional.

Sejalan dengan misi Minute Maid sendiri yaitu memelihara keluarga Indonesia dengan kebaikan setiap harinya, maka Minute Maid tidak berhenti untuk mengolah buah-buahan segar untuk dijadikan produk yang lebih bermanfaat. Nah, kebutuhan yang berbeda-beda inilah Minute Maid Nutriforce hadir dengan 11 Kebaikan Vitamin dan Mineral yang sangat dibutuhkan oleh buah hati.

 

Untuk produknya sendiri, Bapak Andrew meng-klaim bahwa Minute Maid Nutriforce adalah produk tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis, pewarna apapun. Jadi, aman untuk dikonsumsi oleh buah hati sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan untuk pemanis menggunakan Steviol dari bahan alami. Tidak hanya enak tetapi juga men-support masalah Anemia dengan memberikan kandungan Fe yang lebih banyak di dalam produknya.

Aksi Ibu Peduli Nutrisi

Peran ibu menyediakan nutrisi terbaik untuk anak adalah kewajiban yang mulia. Menyadari hal tersebut, Minute Maid Nutriforce menyelenggarakan Aksi Ibu Peduli Nutrisi dengan memberikan edukasi kepada warga di beberapa kota besar, salah satunya Surabaya.

Beberapa aktivitas dalam Aksi Ibu Peduli Nutrisi:

  • General Nutrition Video, sebagai edukasi agar ibu-ibu mendapatkan gambaran tentang nutrisi penting untuk anak
  • Demo Membuat Lunch Box yang Menarik, agar anak menjadi semangat untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dengan bahan-bahan sehat
  • Senam untuk Ibu-Ibu (Zumba), sebagai bentuk edukasi bahwa nutrisi yang dikonsumsi sangat penting dalam proses pergerakan tubuh
  • Pembagian Buku Menu Praktis, agar ibu-ibu tidak lagi bingung dalam membuat sarapan sehat untuk anak
  • Pembagian Sampel Minute Maid Nutriforce, sebagai perhatian kepada ibu-ibu untuk mencoba produk yang dibuat

Seluruh rangkaian acara di atas akan terus berlangsung hingga bulan Mei 2018 mendatang. Ibu-ibu yang dihampiri Minute Maid Nutriforce di kotanya, sangat boleh untuk ikut melihat dan ikut dalam kegiatan positif satu ini.

Nah, ada Ibu Anna Nirmala, Peserta Aksi Ibu Peduli Nutrisi, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Minute Maid Nutriforce memberikan pemahaman kepada beliau betapa pentingnya pemenuhan nutrisi pada anak. Tidak hanya menyerap materi saja, tetapi juga mengajak ibu-ibu di sekitar untuk menggalakkan aksi dalam menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan tersebut.

Minute Maid Nutriforce Jadi Partner Nutrisi Anak Segudang Aktivitas

Sejalan dengan yang dilakukan oleh Bu Anna, sosok public figure seperti Artika Sari Devi yang memiliki dua orang anak putri, selalu memastikan kebutuhan anak-anaknya terpenuhi, luar dan dalam. Nah, pemenuhan nutrisi juga menjadi hal utama yang diperhatikan oleh Artika di rumah. Salah satu aksi peduli nutrisi yang dilakukan oleh Artika adalah menentukan bekal sekolah anak dengan pola nutrisi seimbang. Dan Minute Maid Nutriforce dijadikan sebagai minuman pendamping agar kebaikan 11 nutrisi penting terpenuhi.

Hal tersebut dilakukan karena Artika tidak ingin lagi melihat kondisi anak-anaknya yang terlihat kekurangan zat Fe. Konsultasi dengan berbagai pakar dan mencari produk yang bisa dijadikan partner untuk anaknya yang aktivitasnya sangat banyak. Dan Artika juga mendemokan bagaimana beliau menyiapkan bekal sarapan untuk anaknya yang bisa dijadikan bahan inspirasi ATM (Amati-Tiru-Modifikasi).

***

Hmm… hari ini jadi banyaka paham bahwa Anemia menjadi hal krusial untuk tidak disepelekan oleh ibu dalam hal pemenuhan kebutuhan nutrisi anaknya. So, sebelum terlambat dan menyesal, peduli nutrisi sejak dini.

6 Comments

  1. Hastira Maret 9, 2018
  2. @nurulrahma Maret 9, 2018
  3. fika anaira Maret 9, 2018
    • Rahmah Maret 9, 2018
  4. Hilda Ikka Maret 13, 2018
    • Rahmah Maret 13, 2018

Leave a Reply

Instagram