Blogging

Cara Mudah Belajar SEO On Page untuk Blogger Pemula

Cara Mudah Belajar SEO On Page untuk Blogger Pemula menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui sebelum mengharapkan cuan. Mengapa? Karena performa blog menjadi salah satu dari sekian banyak pertimbangan sebuah brand sebelum meminang sebelum melakukan permintaan. 

Apa itu SEO On Page?

Beberapa blogger pemula pasti bertanya soal ini. Atau paling tidak selalu beranggapan bahwa SEO=Page One. Tidak keliru, tetapi tidak sepenuh juga harus mutlak seperti itu. Semua butuh proses dan tidak semudah menjawab persamaan Matematika, 1 + 1 = 2

Yuk, intip belajar SEO On Page itu akan dibekali apa saja?!

4 Materi Penting dalam Belajar SEO On Page

Ngomongin SEO On Page pastinya tidak jauh-jauh dari yang namanya mengulik “bagian dalam blog”. Ketika seseorang sudah ingin dikatakan blogger, otomatis harus paham secara keseluruhan. Terlepas dari pro-kontra di luar sana mengenai cara mudah belajar SEO On Page yang bisa diikuti, pastikan dulu lahir batin siap menerima materinya. 

Kalau misalnya sudah pernah baca, dengar atau mungkin ikut belajar SEO On Page di luar sana dari berbagai guru, coba tetap kosongkan gelas karena toh mengulang materi tidak akan membuat diri merugi, bukan? 

Back to the point…

Jadi, dalam belajar SEO On Page, ada 4 materi penting yang wajib dikuasai, yaitu:

1. Google Analytic (GA)

“Mbak, tolong kirim Paeg Views artikelnya ya selama sebulan ini!”

Kalimat seperti ini tentu tidak asing bagi seorang blogger yang sudah berani mengambil job. Namun, tidak semua yang “bahagia” ketika menunjukkan performa views setelah artikel diterbitkan sesuai dengan tenggat waktu dari pemberi job. 

Nah, jika sejak dini tahu cara mudah belajar SEO On Page pastinya angka-angka di Google Analytic ini sangat dibutuhkan. Palign sederhana adalah melihat grafik jumlah views selama sepekan, sebulan atau dua bulan. Bahkan di GA bisa juga ditemukan sejauh ini readers dari blog kita datang dari kalangan apa saja dan menyukai artikel seperti apa.

2. Google Search Console (GSC)

Masih diingat dengan webmaster tools. Namun, semakin ke sini jadi terbiasa dengan istilah Google Console. Dan memang ini penting untuk mengetahui apakah link artikel yang dibuat selama ini sudah terindeks atau tidak dengan melakukan inspection my url. 

Namun, GSC tidak sesederhana itu, wahai blogger!

Di GSC bahkan kita bisa tahu seberapa “eksis” di mata search engine (baca: Google) dengan link-link artikel yang sudah kita publish selama ini. 

Nah, penasaran? Ikutan aja cara mudah belajar SEO On Page sesuai flyer yang saya akan info di akhir, hehe. 

3. Keyword Research (Riset Kata Kunci)

Selama ini saya beberapa kali di-nyinyirin hanya karena setiap mau menulis selalu pusing dengan keyword. Padahal kalau dipikir ya, blog saya sendiri, haha. Orang nyinyir mungkin terlalu merasa berat dengan semua tetek bengek blog sehingga ketidakmampuan membuat argumen yang menyudutkan jadinya. 

Ya, riset kata kunci itu penting. Kalau mau nulis curhatan juga penting pakai kata kunci karena tulisannya pengen dibaca orang, bukan? Kalau nggak mau, tidak usah tulis di blog. Tuh, diary book masih banyak toko yang jual, haha. 

Saya juga semacam mendapatkan spirit untuk tetap melakukannya ketika ikut belajar SEO On Page bareng duo coach meskipun by online. Jadi, sudah pakai tools apa saja untuk keyword research kalian selama ini? 

4. Parameter On Page

Sudah “berpusing” dengan 3 hal di atas, maka terakhir adalah coba cek pengaturan penulisan teman-teman pada:

  • Judul artikel
  • Meta deskripsi
  • Panjang URL
  • Internal link
  • Eksternal link
  • Heading yang sesuai
  • Jumlah kata
  • Optimasi gambar
  • Tema tulisan
  • Backlink berkualitas
  • Dan masih banyak lagi

Lalu, setelah belajar SEO On Page, sudah langsung masuk Page One?

Tunggu, dulu! Kalau mau makan mie instan saja butuh proses memasaknya. Apalagi kalau mengurus sebuah blog. Semua butuh proses dan yang menikmati proses tidak akan pernah kecewa dengan itu semua.

selalu ada cara belajar seo on page dengan mudah

Siapkan Ini sebelum Belajar SEO On Page!

Setelah tahu materi apa saja yang harus diketahui saat belajar SEO On Page, maka sebelumnya harus siapkan beberapa hal berikut:

  • Sehat lahir batin
  • Hati yang lapang
  • Kuota internet
  • Waktu
  • Dana

Ketika semuanya sudah siap, maka belajar SEO On Page akan mudah diterima meskipun mungkin dengan style coach yang berbeda pula dari sebelumnya.

Memang sih di luar sana banyak sekali blogger yang kemudian dengan mudah mendapatkan cuan tanpa bersusah payah memperbaiki performa blog. Tetapi sampai kapan akan seperti itu? Sementara persaingan semakin ketat dan yaa boleh dibilang, tak sedikit juga yang akhirnya berternak blog. Namun, belajar SEO On Page tidak akan pernah membuatmu rugi apalagi sudah ada yang siap mengajarkan dengan harga yang sangat murah. 

belajar seo on page dengan mudah dalam kurun waktu singkat

Sesuai janji saya pada paragraf di atas! Yang baca pasti tahu, hehe

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ikut cara mudah belajar SEO On Page khususnya bagi kalian yang masih newbie soal blog. 

Leave a Reply

Instagram