Blogging

Belajar Bahasa Inggris Online bersama TBI Kelapa Gading

Belajar Bahasa Inggris Online bersama TBI Kelapa Gading menjadi salah satu aktivitas saya selama pandemi. Meskipun situasinya sedang berupaya survive karena ikut terdampak, tidak menyurutkan langkah saya untuk menerima tawaran upgrade diri. Ya, Bahasa Inggris memang sesuatu yang penting untuk dijadikan skill berbahasa dan beruntunglah siapa saja yang mengusahaknnya sejak dini.

Mengenal Bahasa Inggris dari mendiang Bapak memang warisan yang patut saya syukuri. Apalah jadinya ketika saya menyia-nyiakan ilmu beliau ketika masih hidup, mungkin saya tidak bisa seperti sekarang ini. Bahkan memahami blog yang semua perintahnya dengan Bahasa Inggris, tentunya akan mudah dijalani. Meskipun ada versi Bahasa Indonesia, tetapi kurang sreg saja di hati jika tidak langsung dengan Bahasa asli.

Nah, sekarang rasa syukur saya bertambah lagi karena si sulung sudah bisa menggunakan Bahasa Inggris dalam bercakap sehari-hari. Seringnya saya yang banyak belajar kosakata baru karena si sulung punya rasa penasaran yang tinggi. Tidak akan berhenti jika belum mendapatkan jawaban memuaskan hati.

Oleh karena itu, selain mengajarinya, saya juga menyediakan fasilitas seperti buku-buku berbahasa Inggris untuk dia kaji. Usianya yang genap 6 tahun pada bulan Juli 2020 ini, kelak akan saya sekolahkan keluar negeri. Setidaknya harus melebihi dari bundanya yang tak kunjung bisa menjadi pegawai negeri.

Kemudian ada yang pernah bertanya pada saya, “Anaknya kursus Bahasa Inggris dimana?” Dan pertanyaan ini tidak sekali dua kali datangnya. Pastinya sejak kecil saya sering menstimulasi dengan Bahasa Inggris setiap harinya. Kalau untuk saya pribadi, mengikuti berbagai lingkaran pertemanan yang menggunakan Bahasa Inggris juga sangat membantu dalam mengaplikasikannya. Bahkan ikut kursus Bahasa Inggris pun sempat saya jalani demi unuk tetap menjaga keberadaan ilmunya.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar Bahasa Inggris Online

belajar bahasa inggris online bersama tbi kelapa gading yang menyenangkan

Namun, belakangan ini kita diperhadapkan dengan situasi dimana stay at home jauh lebih baik sehingga apapun lebih baik dilakukan di rumah. Selama di rumah inilah saya memanfaatkan untuk terus upgrade diri. Tak hanya keahlian dalam hal blogging, fotografi tetapi juga mengasah kemampuan berbahasa Inggris lagi. Kebetulan ada kesempatan yang diberikan untuk ikut kursus Bahasa Inggris online dari TBI. Saya mengikutinya dengan semangat dan wajah yang tak berhenti sumringah.

Walaupun belajar online kursus Bahasa Inggrisnya, tetap saja harus ada yang dipersiapkan. Sama halnya dengan belajar tatap muka di kelas yang juga butuh persiapan. Nah, untuk belajar Bahasa Inggris online, pastikan sudah menyiapkan:

Kuota Internet

Hal ini menjadi kunci utama karena tanpa kuota, pastinya tidak akan bisa diikuti dengan baik. Yang namanya belajar daring, kapasitas kuota yang dipakai sebisa mungkin cukup untuk mengakses semua sesi pembelajaran dengan baik. Sebab, guru Bahasa Inggris online pastinya memberikan media pembelajaran tak hanya semata audio saja, tetapi juga visual, baik berupa gambar atau video.

Gawai yang Nyaman Digunakan

Aplikasi belajar Bahasa Inggris online memang sudah banyak, tetapi ketika menentukan akan menjalankan pembelajaran Bahasa Inggris dengan jalan online, pastikan gawai yang digunakan itu nyaman. Apalagi saat melakukan interaksi dengan guru Bahasa Inggris mengenai tugas-tugas yang diberikan.

Kalau saya pribadi, lebih senang menggunakan laptop daripada smartphone ketika belajar. Sebab, lebih leluasa dalam mengetik jawaban atau pertanyaan soal yang diberikan. Selain itu, kapasitas memori smartphone juga tidak sebesar laptop sehingga saat melihat media pembelajaran tetap nyaman.

Niat Belajar

Sebenarnya ini juga penting sekali. Meskipun misalnya belajar Bahasa Inggris online gratis, tetap saja semangatnya harus sama atau bahkan lebih tinggi. Sebab, ketika kuota dan gawai sudah mumpuni namun niat belajar yang tidak ada, pastinya tidak akan bahagia menjalani.

Buku Catatan

Terkadang ada hal penting yang tidak didapatkan di luar sana tetapi guru yang mengajar memberikan sebuah tips dan trik, nah ini penting untuk dicatat. Kalau tidak punya buku catatan karena saking terbiasanya menulis di smartphone, ya silakan pakai itu saja untuk mencatat. Karena sebaik apapun memori, biasanya ada yang tetap terlupakan untuk diingat.

Belajar Bahasa Inggris Online bersama TBI

Memilih tempat kursus juga penting untuk dilakukan. tidak semua tempat kursus memiliki benefit yang kita perlukan. Kalau saya pribadi sih, suka dengan tempat kursus Bahasa Inggris yang gurunya ramah, tidak pilih kasih dan menjawab kebingungan atau memberikan solusi dari permasalahan.

belajar bahasa inggris itu mudah dan menyenangkan, apalagi jika dilakukan dengan online

Meskipun sadar sepenuhnya bahwa saya tidak lagi muda, maka belajar Bahasa Inggris online perlu partner yang tepat dan nyaman.
Nah, beruntungnya saya sudah kenal TBI, The British Institute, sejak 2011 (padahal TBI sudah ada sejak 1984 lo) yang saat itu saya masih berstatus tenaga pengajar di salah universitas di Kalimantan. Saya sempat ikut lomba yang diadakan TBI dan memenangkannya dan itu membahagiakan. Dan sekarang di masa pandemi mendapatkan kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris online bersama TBI, sungguh menyenangkan. Salah satu alasan yang paling penting kenapa senang dengan kursus online di TBI adalah sebagai ibu beranak dua dengan segala kesibukan domestik, tetap bisa me time meskipun sambil menikmati ilmu tambahan.

Pengalaman Belajar Bahasa Inggris Online bersama TBI

Sejak diinfo bahwa pembelajaran akan dilakukan melalui aplikasi belajar online bernama Zoom, saya sudah mempersiapkan perangkat untuk mengikutinya. Di tengah kesibukan mengasuh anak bayi yang sudah mulai banyak bergerak dan bertingkah, semangat ikut belajar tidak pernah surut adanya. Meskipun di pertemuan terakhir saya nyaris tidak ikut kelas karena tertidur saat niatnya menidurkan si bayi, sekitar 2 jam sebelum dimulai pembelajarannya.

Di tengah kelabakan yang hampir membuat saya patah semangat, saya tetap hadir di kelas. Dengan mengumpulkan separuh nyawa yang hilang karena kaget tertidur, saya tetap bisa mengikuti dan menjawab pertanyaan yang diberikan dengan jelas.

Selama kursus, belajar apa saja? Banyak sekali. Hal paling utama adalah saya kembali berani untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris selain anak saya di rumah. Soalnya selama ini lebih banyak chat saja atau dalam bentuk tulisan.

Ada 3 (tiga) materi yang saya pelajari dalam belajar Bahasa Inggris Online kali ini yang sangat penting untuk bekal sebagai blogger, yaitu:

  • Personal Profiles on Networking Site
  • Article
  • Online Review

Senangnya karena tidak hanya diberikan berupa materi tetapi juga langsung praktik sambil menjawab pertanyaan. Bahkan ada tugas yang diberikan via Google Classroom untuk melatih kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris yang pastinya bisa diterapkan juga dalam Bahasa Indonesia. Dan saya berharap apa yang sudah diberikan oleh Mrs. Andrea selaku salah satu pengajar di TBI Kelapa Gading.

Tentang TBI, The British Intitute

Di TBI sendiri ada 3 (tiga) sistem pembelajaran yang dipakai, yaitu:

  • Online
  • Blended Learning
  • Classroom

Ketiganya memiliki kapasitas dan untuk tujuan sesuai dengan yang diharapkan oleh siapa saja yang belajar di TBI karena Program Kelas juga ada beberapa yaitu Children, Pre Teen, Teen, Global English, Exam Preparation for TOEFL and IELTS Test, In House Training, Private Class dan masih banyak lagi. Bisa kepoin langsung.

belajar bahasa inggris online

Karena kali ini saya ikut Short Course of Creative Writing, maka belajarnya singkat dan tidak seperti kelas-kelas yang ada pada umumnya di TBI. Short Course of Creative Writing bersama TBI Kelapa Gading menjadi pilihan karena di Surabaya belum ada. Memilih kelas online untuk belajar Bahasa Inggris bersama TBI itu bisa banget lo meskipun tidak berada di kota yang sama. Seperti yang sudah saya jalani beberapa pekan lalu, cabang TBI yang menawarkan untuk kursus singkat bagi blogger dalam hal creative writing adalah TBI Kelapa Gading, salah satu cabang yang ada di Jakarta.

Jadi TBI itu sendiri bisa ditemukan di beberapa kota, seperti Jakarta, Cibubur, Depok, Tangerang, Bandung dan Malang. Nah, TBI Kelapa Gading yang di Jakarta ini memiliki program yang bisa mengajak blogger seperti saya untuk upgrade kemampuan berbahasa khususnya dalam menulis review.

Tahu sendiri ‘kan ya kalau blogger sangat erat kaitannya dengan product review, ilmu yang diberikan oleh TBI Kelapa Gading ini sangat bisa digunakan untuk kemampuan menulis. Apalagi diajar sama Mrs. Andrea yang super ramah dan sabar banget dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.

***

Well… bingung memilih tempat kursus atau belajar Bahasa Inggris yang baik? Coba saja pilih belajar bersama TBI. Sejauh ini saya merasakan manfaatnya, setidaknya sudah bisa memilih kosakata yang tepat untuk menuliskan product review.

26 Comments

  1. NurulRahma Juli 6, 2020
  2. Dzulkhulaifah Juli 6, 2020
  3. Jiah Al Jafara Juli 6, 2020
  4. Tetty Hermawati Juli 7, 2020
  5. Lina Sophy Juli 7, 2020
  6. Rani R Tyas Juli 7, 2020
  7. winda - dajourneys.com Juli 7, 2020
  8. Rina Susanti Juli 7, 2020
  9. Elly Nurul Juli 7, 2020
  10. Mechta Juli 7, 2020
  11. Firsty Ukhti Molyndi Juli 7, 2020
  12. Yuni Handono Juli 8, 2020
  13. Desri Desri Juli 8, 2020
  14. Uniek Kaswarganti Juli 8, 2020
    • Lidya Juli 8, 2020
  15. Lidya Juli 8, 2020
  16. lendyagasshi Juli 8, 2020
  17. Elly Nurul Juli 8, 2020
  18. Nathalia DP Juli 8, 2020
  19. Erin Juli 8, 2020
  20. Helena Juli 8, 2020
  21. Indah Nuria Juli 8, 2020
  22. Dawiah Juli 9, 2020
  23. Nunung Juli 11, 2020
  24. Faradillah Juli 13, 2020

Leave a Reply

Instagram