Rayakan Milad, Persada Indonesia Gelar Manasik Umrah Akbar

Rayakan Milad, Persada Indonesia Gelar Manasik Umrah Akbar – Ketika mendengar atau membaca kata “Umrah” atau “Haji”, mau tidak mau bibir ini akan dengan mudah melantunkan kalimat:

Labbaikallahumma Labbaik…

Labbaika Laa syarika laka Labbaik

Innalhamda, wanni’mata

Lakawalmulk, Laa syarikala

Kalimat talbiyah yang senantiasa akan menggetarkan hati para hamba dengan iman dan keinginan untuk mengunjungi baitullah sebagai tamu agungNya.

Begitulah suasana yang terpancar pada wajah-wajah calon jamaah umrah yang akan berangkat bersama Persada Indonesia, sebuah biro penyelenggaraan umrah dan haji. Bertepatan dengan milad Persada Indonesia yang ke-27 ini juga, Manasik Umrah Akbar terselenggara dengan menghadirkan beragam agenda acara menarik. Tidak hanya bertujuan untuk sekadar merayakan milad dengan mengundang ratusan calon jamaah umroh, Persada Indonesia juga berharap kegiatan manasik ini menjadi ajang silaturahim antara sesame calon jamaah umrah yang berasal dari berbagai daerah.

Manasik Umrah Akbar 2016 kali ini diselenggarakan di ICBC Center – The Square Ballroom, Jl. Basuki Rahmat, Surabaya. Agenda manasik kali ini pun dimeriahkan dengan kedatangan bintang tamu Irwansyah, Zaskiah Sungkar, Coach Daru Dewayanto dan Gus Alfian Zalanda yang memberikan kisah suka-duka mereka saat melakukan ibadah umrah selama ini.

Acara manasik umrah akbar diawali dengan coffee break sekaligus menanti kehadiran para calon jamaah umrah yang diundang. Setelah waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB, MC mulai membuka acara dengan meminta para calon jamaah untuk sejenak meregangkan otot-otot dengan berdiri sembari mengangkat tangan ke atas. Tujuannya adalah agar para calon jamaah tidak tegang dan tetap santai dalam menyimak setiap agenda manasik.

Setelah itu, pembacaan ayat suci Al Qu’ran dibawakan oleh Ustadz Abdul Malik dengan lantunan suara yang merdu dan menggetarkan jiwa.

Sebelum memasuki agenda inti berupa Fiqih Umrah, Ustadz Subian terlebih dahulu memberikan sedikit perkenalan dan penjelasan singkat mengenai Program Perjalanan dan Travel Info sebagai wakil dari Persada Indonesia. Tidak panjang lebar, beliau memperkenalkan bahwa Persada Indonesia adalah biro penyelenggaraan haji dan umrah yang menawarkan biaya lebih ringan dibandingkan dengan travel lainnya.

Masuk kepada agenda selanjutnya yaitu materi inti oleh Ustadz Masrur yang menjelaskan dengan panjang lebar soal Fiqih Umrah. Materi ini berisi edukasi yang sangat dibutuhkan oleh para calon jamaah umrah agar menjalankan ibadah dengan baik tanpa melewatkan tahapan-tahapan, seperti:

  • Syarat Sah Umrah
  • Rukun Umrah
  • Wajib Umrah
  • Dan hal-hal seputar ihram dan thawaf saat Umrah

Hal ini dikarenakan pelaksanaan Umrah berbeda dengan Ibadah Haji, sehingga dengan manasik umrah akbar kali ini diharapkan para calon jamaah sudah siap dan tidak akan bingung ketika tiba di Mekkah. Pihak Persada Indonesia sendiri sudah menjelaskan secara rinci pada handout Materi Manasik Umrah yang dibagikan kepada seluruh calon jamaah yang hadir.

Dan yang membuat menarik di sesi Fiqih Umrah ini, adalah saat Ustadz Masrur mempraktekkan cara memakai pakaian ihram bagi laki-laki yang mudah dan tetap menjaga aurat tidak tersingkap.

Masuk ke sesi selanjutnya adalah materi Hikmah Umrah yang dibawakan langsung oleh Ustadz Samsul Arifin, MA selaku CEO PT. Persada Duta Beliton (Persada Indonesia). Ustadz Samsul mencoba mengingatkan para peserta Manasik Umrah Akbar 2016 yang hadir untuk bercita-cita mendapatkan gelar mabrur setiba di tanah air. Jadi, bukan haji saja yang harus mabrur, umrah pun seharusnya seperti itu. Nah, tanda-tanda haji/umrah mabrur itu antara lain:

  • Perilaku menjadi lebih baik dari sebelumnya, seperti tutur kata
  • Ibadah semakin rajin dan bertambah amalan shalih lainnya
  • Harta yang digunakan untuk haji/umrah diperoleh dengan jalan halal
  • Semakin menghindari perbuatan maksiat

Setelah itu, dilanjutkan dengan agenda terakhir berupa Talkshow yang menghadirkan Guest Star: Zaskia Sungkar bersama suaminya Irwansyah, Coach Daru Dewayanto dan Gus Alfian Zalanda. Mereka berbagi kisah saat mereka diberi kesempatan oleh Allah menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah. Mereka juga memberikan semangat dan doa agar seluruh para calon jamaah umrah yang hadir, tetap tenang dan kembali memperbaiki niat.

Dipandu dengan MC yang bisa merenyahkan suasana, Zaskia-Irwansyah pun semakin terlihat bahwa mereka berdua benar-benar pasangan yang tidak hanya mementingkan karir di dunia, tetapi juga memperhatikan masalah ibadah. Dan Zaskia-Irwansyah pun memilih Persada Indonesia sebagai partner umrah mereka tahun 2016 ini.

Selayang Pandang Persada Indonesia

Sejujurnya, saya pun baru mengenal Persada Indonesia belum lama. Setelah mendapatkan undangan untuk hadir di acara manasik sekaligus perayaan milad, saya pun kemudian baru mengenal lebih dekat dengan Persada Indonesia. Ternyata biro perjalanan haji dan umrah yang lahir sejak 1989 ini berpusat di kota Surabaya, Indonesia. Dipimpin oleh Direktur Utama, Bapak H. Samsul Arifin, MA, Persada Indonesia sudah memberangkatkan puluhan ribuan jamaah, termasuk ribuan jamaah eksekutif, dari seluruh pelosok tanah air Indonesia.

Kini, Persada Indonesia pun sudah bisa diakses dengan lebih mudah lagi melalui aplikasi yang bisa di-install melalui Google Pay atau Appstore, bernama Persada Kita. Hal ini dimaksudkan agar calon jamaah mendapatkan bimbingan umrah dengan satu jari. Dengan aplikasi ini, calon jamaah tak harus datang ke kantor perwakilan. Bahkan tak hanya calon jamaah, siapa pun yang ingin mengetahui informasi seputar layanan umrah haji bisa dilihat pada aplikasi tersebut, dimana pun dan kapan pun.

Persada Indonesia juga sudah menerapkan travel haji umrah berbasis online menyeluruh. Seluruh administrasi pendaftaran pun bisa dilakukan dengan online, dimana calon jamaah bisa melakukan pengisian data hanya menghabiskan waktu 5 menit. Bahkan pembayaran pun sudah bisa dilakukan di Alfamart atau Indomaret.

“Usia 27 tahun bukan hal mudah bagi usaha travel, dan alhamdulillah berkat rahmat Allah kami bisa melewatinya,” kata Bapak Samsul Arifin

Testimoni (Calon) Jamaah Umrah Persada Indonesia

Keinginan saya untuk memilih menjalankan ibadah umrah nantinya bersama Persada Indonesia, semakin mantap setelah memberanikan diri bercengkerama dengan beberapa calon jamaah yang jadwal keberangkatannya pada bulan Desember 2016 ini:

Doc. Pribadi

Ibu Umiati (58 th), guru SMP 1 Candi Sidoarjo, yang berdomilisi di Sidoarjo ini berangkat umrah tanggal 20 Desember 2016 bersama anaknya, Diah Kusuma (32 th). Mulai mengenal Persada Indonesia pada saat ada pameran tour and travel di mall Cito, Surabaya. Menurut ibu Umi, sapaan akrabnya, Persada Indonesia menjadi pilihan karena paling baik di antara biro umrah lainnya. Selain itu, harga yang lebih murah pun menjadi salah satu kriteria sehingga Persada Indonesia sudah dijadikan partner untuk umrah tahun ini.

Doc. Pribadi

Senada dengan ibu Umi, Bapak Triyoga Heru (52 th), wiraswasta, yang berdomisili di Waru, Sidoarjo mengatakan bahwa memilih Persada Indonesia karena armada yang akan membawanya tanggal 27 Desember 2016 nanti tidak akan melakukan transit. Rutenya Surabaya-Medinah-Surabaya (pesawat direct) dan waktu berada di Mekkah-Medinah adalah 10 hari (lebih lama dibandingkan biro haji dan umrah lainnya). Bapak yang mengenal Persada Indonesia langsung dari website ini akan berangkat bersama 5 anggota keluarganya yang lain.

Doc. Pribadi

Begitupun yang dirasakan oleh Ike Septi Yastari (28 th), karyawan swasta, yang berdomisili di Margorejo Surabaya ini memilih Persada Indonesia sebagai partner perjalanan umrah adalah pada biaya yang lebih murah. Tak hanya itu, menurut perempuan yang lahir di Yogyakarta ini, terdapat banyak pilihan waktu yang ditawarkan oleh Persada Indonesia. Sehingga, beliau dengan mudah menentukan jadwal dan disesuaikan pada pekerjaannya. Saat ini beliau sudah berada di Mekkah karena jadwal keberangkatannya adalah pada tanggal 13 Desember 2016 lalu.

Jadi, ingin Ibadah Cerdas yang meninggalkan kesan tak terlupakan serta kekhusyu’an dalam beribadah? Persada Indonesia siap menjadi pilihan utama.

Hmm… semoga Allah mengabulkan doa saya untuk umrah bersama keluarga tahun depan. Bagaimana dengan kamu?

***

NB: Semua foto dalam artikel ini adalah dokumentasi pribadi penulis

23 Responses to “Rayakan Milad, Persada Indonesia Gelar Manasik Umrah Akbar”
  1. Riska Ngilan says:
    • Rahmah says:
  2. Emak Gahar says:
    • Rahmah says:
  3. Siti Hairul says:
    • Rahmah says:
  4. taufan says:
    • Rahmah says:
  5. Noe says:
    • Rahmah says:
  6. nitalanaf says:
    • Rahmah says:
    • Rahmah says:
  7. Sofia says:
  8. Sofia says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *