Cara Merampingkan Alexa dari N/A

Cara Merampingkan Alexa dari N/A – Sejak bergelut di bidang blogging, beberapa hal-hal yang berkaitan dengan blog juga harus diketahui sebagai bahan pengetahuan. Salah satu hal yang paling sering membuat blogger sedih adalah “gendutnya” alexa rank atau peringkat alexa.

Cara Merampingkan Alexa dari NA

Hmm… sebagai blogger pemula (mungkin) masih belum mengetahui dengan jelas maksud dan tujuan dari adanya alexa rank tersebut. Bahkan yang sudah lama nge-blog seperti saya pun kadang acuh tak acuh dengan nilai alexa. Tetapi, beberapa tahun belakangan saya justru harus bolak-balik memantau alexa rank untuk blog yang saya pelihara. Senang sekali karena untuk blog satu ini sudah berada di bawah nilai 1 juta.

Namun, sedikit berbeda dengan blog saya yang satunya lagi. Usia domainnya sudah terbilang lama. Sempat terhenti untuk menengoknya bahkan terlupakan hampir dua tahun lamanya. Teringat kembali saat sedang ingin membesarkan blog dengan niche parenting. Maka blog kembali “dibersihkan” dan ditata kembali biar rapi.

Nah, kalau bicara soal alexa rank-nya sendiri, sungguh membuat saya harus bekerja cerdas. Alexa rank yang menunjukkan N/A benar-benar harus segera diatasi, pikir saya saat itu juga. Maka saya pun melakukan cara merampingkan alexa dari N/A dengan bekal pengetahuan yang ada. Berikut beberapa hal yang saya lakukan:

  • Update Postingan; ibarat tubuh yang memerlukan makanan supaya bertenaga, maka blog pun butuh makan. Makanannya berupa postingan yang terus-menerus ditambah. Saya berusaha melakukan update postingan sesering mungkin yang disesuaikan dengan kesibukan saya sebagai
  • Daftarkan Blog ke Webmaster; agar semua postingan cepat terindex, maka blog sebaiknya didaftarkan pada webmaster
  • Fetching; setiap selesai publish satu postingan, maka saya melakukan fetching yang sudah ada di dashboard webmaster console.
  • Blogwalking; aktivitas satu ini memang ternyata sangat membantu. Saya mengutamakan meninggalkan jejak pada blog yang alexa rank-nya ramping dulu.
  • Membuat Listicle; saya mendapatkan informasi ini saat melakukan Ternyata memang sangat berguna. Dan mesin pencari alias search engine sepertinya lebih senang yang seperti itu. Hanya saja saya sendiri yang kadang buntu dengan ide. Mungkin saya butuh piknik, eaaa…

Cara merampingkan alexa dari N/A pun tak perlu waktu menunggu sebulan. Ya, ada yang bilang pada saya kalau alexa rank N/A bisa berubah jika blog sudah terurus minimal sebulan lamanya. Saya membuktikannya sendiri kalau dari posisi N/A hanya butuh 3 (tiga) hari berubah ke angka.

Cara Merampingkan Alexa dari N/A

Waktu itu posisi di hari pertama masih 10 juta-an, lalu hari kedua berada di angka 7 juta-an dan hari ketiga di angka 5 juta-an. Dan sekarang dalam jangka waktu kurang dari sebulan, alexa rank sudah lumayan ramping meski berada di posisi 2 juta-an. Harus lebih giat lagi merampingkannya agar berada di bawah 1 juta-an.

Oiya, dari tadi bicarakan soal blog saya yang dirampingkan alexa-nya ini tetapi belum disebutkan nama blog-nya apa, hehe… Ini perkenalkan nama blog-nya itu www(dot)istanacinta(dot)com. Seperti yang saya bilang sebelumnya kalau blog ini berisi cerita soal perawatan bayi, anak saya dan juga hal-hal yang berhubungan dengan parenting ala saya. Selain itu, ada sejumlah postingan lama saat awal mula blog ini dibentuk berupa catatan harian sebelum dan sesudah pernikahan saya dilangsungkan. Namun, sepertinya untuk beberapa waktu yang akan datang akan lebih fokus pada hal anak dan parenting.

3 Responses to “Cara Merampingkan Alexa dari N/A”
  1. Lidya says:
  2. cheila says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *