Cara Mengubah Ukuran Foto (Resize) dengan Paint

Cara Mengubah Ukuran Foto (Resize) dengan Paint – Menulis postingan sebuah blog, tak akan lengkap rasanya tanpa dukungan foto atau gambar. Apalagi jika menuliskan sebuah postingan reportase dari sebuah event atau mungkin dokumentasi saat melakukan traveling. Ukuran foto yang diambil dari kamera tentu akan lebih besar. Foto dengan ukuran yang sangat besar, tentu akan memberikan dampak pada lamanya halaman postingan terbuka di layar para pembaca. Apalagi jika hanya menggunakan ponsel.

Postingan kali ini mencoba memberikan informasi saja (khususnya bagi saya sendiri), meskipun sudah banyak yang menulis tentang hal ini. Tetapi, ilmu yang diperoleh jika diikat dengan menulisnya tentu akan terus lekat dalam ingatan. Lebih bersyukur lagi jika ada yang terbantu ketika membaca postingan cara mengubah ukuran foto (resize) dengan paint ini.

Yuk, disimak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka file foto yang akan diubah ukurannya
  • Klik kanan dan pilih Paint
  • Setelah Paint terbuka, pilih Resize yang ada di menu bagian kiri atas
  • Pilih bulatan pada kata Pixels
  • Hilangkan centang pada kolom Maintain Aspect Ratio *)
  • Pada kolom Horizontal dan Vertical bisa diisi dengan angka perbandingan pixels yang diinginkan.
  • Klik OK
  • Foto yang sudah berubah ukurannya bisa langsung di-save.

Setelah klik tersebut maka secara otomatis foto atau gambar sudah mengalami perubahan ukuran sesuai dengan yang diinginkan. Foto yang saya ubah ukurannya di atas semula berukuran 1,4 MB berubah menjadi 325 KB, dengan ukuran pixel sebagaimana yang diinginkan.

*) Jika centang tidak dihilangkan maka rasio akan mengikuti sesuai dengan angka yang dimasukkan pada salah satu kolom, baik itu Horizontal atau Vertical. Misalnya, jika dalam kolom Horizontal diketikkan angka berapa saja, maka secara otomatis pada kolom vertical juga akan terisi ukuran yang disesuaikan dengan yang ada pada kolom horizontal.

So, silakan bagi teman-teman yang ingin mencoba cara mengubah ukuran foto (resize) dengan paint ini. Akan sangat besar manfaatnya jika yang sudah mempraktekkannya kemudian membagikannya lagi pada orang lain yang membutuhkan. Beramal walau sederhana insya Allah akan berkah hidup ini. Dan sebenarnya masih ada software lain yang bisa digunakan untuk mengedit ukuran foto. Insya Allah akan dibagikan pada postingan selanjutnya.

4 Responses to “Cara Mengubah Ukuran Foto (Resize) dengan Paint”
  1. Diarysivika says:
  2. bisot says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *