Blogilicious 2012 Tangerang Memang Dahsyat (Day 1) #TangerangTrip

Blogilicious 2012 Tangerang Memang Dahsyat (Day 1) baru kali ini saya sempat memposting tulisan. Namun, tak ada kata telat untuk menceritakan kehebohan event Blogilicious 2012 Tangerang ini. Tak hanya heboh tetapi dahsyat euy.

Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya tentang perjalanan menuju kota Tangerang pada postingan sebelumnya, pengalaman ini memang sungguh luar biasa. Mulai dari menelusuri kota yang terkenal dengan macetnya, Jakarta hingga ke Tangerang yang menjadi kota terakhir event tahunan ID BlogNetwork ini, Blogilicious 2012.

Pada hari pertama event Blogilicious 2012 Tangerang ini, dihadiri kurang lebih 200 peserta dari berbagai daerah sekitar Tangerang dan juga diluar Tangerang, seperti Surabaya, Medan, Lampung, Jogja, Makassar dan kota lainnya. Jumlah peserta yang hadir didominasi oleh para pelajar yang semangat ingin mengetahui dunia blogging secara serius, baik dan benar. Sebab, event Blogilicious 2012 Tangerang inilah event yang pas untuk pemula meski tidak tertutup bagi yang sudah lama melakoni pekerjaan nge-BLOG.

Pemateri Blogilicious 2012 Tangerang

Event Blogilicious 2012 Tangerang ini berlangsung selama dua hari. Adapun hari pertama diisi dengan pembukaan yang menarik. Sebelumnya, nyanyian Indonesia Raya membahana di Graha Kirana, ruangan yang cukup besar. Tarian Cokek yang dibawakan oleh Kang dan Nong sebagai duta kota Tangerang. Lenggak-lenggok tarinya sungguh indah dilihat. Apalagi Kang dan Nong semuanya tampan dan cantik.

Kemudian Blogilicious 2012 Tangerang dibuka oleh wakil dari Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Tangerang yang sebelumnya terdapat sambutan dari Ketua Panitia Blogilicious 2012 Tangerang, Mas Andi Sakab dan Mbak Mubarika Darmayanti selaku CEO ID BlogNetwork sebagai corporation yang mensupport event ini.

Berlanjut kepada materi yang disajikan pada event Blogilicious 2012 Tangerang ini secara garis besar sama dengan di 6 (enam) kota sebelumnya. Tetapi, ada saja pemateri yang berbeda dengan gaya membawakan materi dan ilmu yang di-share kepada peserta.

Materi Pertama dipresentasikan oleh Mas Rama (founder DailySocial) dan Mas Anggara Suwahju yang dipandu oleh Moderator yang sudah tidak asing lagi wajahnya di dunia blogging, yaitu Eyang Anjari (eits… jangan berpikir kalau yang jadi moderator sudah tua yah… #ihik). Materi tentang Etika Blogging dipaparkan dengan lugas dan tuntas sebagai langkah awal bagi para blogger dalam memasuki dunia tulis-menulis di Blog. Teknik mengambil data, informasi, foto, tautan link serta hal-hal yang berkaitan dengan etika dijelaskan dan pada saat itu juga diceritakan beberapa pengalaman dari kedua pemateri yang terjun dalam dunia Blogging. Setelah sesi materi pertama selesai, dilanjutkan dengan ishoma (istirahat, sholat dan makan).

Setelah ishoma, dilanjutkan dengan edukasi dari pihak UseeTV selaku sponsor utama event Blogilicious 2012 Tangerang ini serta kota-kota lainnya. UseeTV sendiri sebagai produk dari PT. Telkom Indonesia menjadi partner tepat karena fitur-fitur yang dapat dinikmati oleh customer semakin beragam, mulai dari live streaming, ToVi, Radio Online, TV Online dan jenis keunggulan lainnya menjadikan UseeTV memang pantas jadi sponsor terbaik. Apalagi, di event Blogilicious 2012 Tangerang ini saya bertemu langsung dengan Mbak Losye Ratih a.k.a Mbak Oche, selaku penanggung jawab penuh tentang UseeTV ini.

Materi Social Media dan Buzzing memberikan informasi kepada peserta bahwa social media dan buzzing dapat membantu kita untuk bersosialisasi dengan masyarakat online lainnya, baik di twitter, facebook, atau social media lainnya. Namun, tentu saja terjun dalam social media juga harus mengetahui aturan-aturannya. Tidak semua hal pribadi harus menjadi konsumsi publik. Harus pintar-pintar mengelola akun media sosial yang ada agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain juga.

Melihat para peserta Blogilicious 2012 Tangerang yang sudah letih dan tampak jenuh, maka panitia menghadirkan atraksi perkusi yang sungguh membuat saya takjub. Menciptakan seni musik dengan berbagai jenis alat-alat bekas merupakan kreasi Anak Langit yang pantas diacungi jempol. Tepuk tangan kemudian menjadikan gedung Graha Kirana riuh seketika.

Antusias Peserta

Setelah itu, ada materi Blogpreneur yang membagikan pengalaman tentang blogging yang mampu menambah wawasan serta membius peserta tentang cerita yang diutarakan oleh pemateri (@suamimalas). Sayang sekali saya tak sempat mengambil gambar peserta yang saya interview tentang kesannya dengan Blogilicious 2012 Tangerang ini. Pastinya, hampir seluruhnya mengatakan “dahsyat”.

Ga Sah Kalo Ga Narsis 😀

Pokoknya pengalaman hari pertama sudah menjadikan saya terkesan, apalagi bisa dapat hadiah dari TelkomSpeedyID karena iseng mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan peserta. Blogilicious 2012 Tangerang memang dahsyat.

Bagaimana kelanjutan cerita saya pada hari kedua? Simak aja postingan saya selanjutnya tentang Blogilicious 2012 Tangerang.

Jepret Sana Jepret Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *