5 Manfaat Sekolah Kejuruan yang Perlu Kamu Tahu

5 Manfaat Sekolah Kejuruan yang Perlu Kamu Tahu – Sebenarnya artikel ini adalah informasi penting buat saya pribadi juga. Sebab, selama ini memandang sekolah kejuruan sedikit negatif karena dulu di daerah saya, anak-anak yang sekolah di sekolah kejuruan cenderung menampilkan sosok ego dan senang memancing pertengkaran. Padahal sebenarnya itu hanya beberapa oknum saja. Yap, begitulah bodohnya saya dan (mungkin) beberapa orang di luar sana yang juga berpikiran sama soal sekolah kejuruan.

Padahal kalau ditelisik lebih dalam lagi, sekolah kejuruan justru hadir di tengah dunia pendidikan untuk membantu menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berpotensi pada bidang tertentu. Seperti halnya sekolah kejuruan yang di dalamnya fokus pada ilmu tata boga, teknik mesin dan ilmu-ilmu lainnya. Anak-anak yang menuntut ilmu di sekolah tersebut sudah tentu memiliki minat atau diarahkan untuk mendalami ilmu pada satu bidang.

Contoh sederhananya di sekolah kejuruan tempat kakak ipar saya mengajar. Ilmu yang diajarkan adalah tata boga. Para siswa diajarkan salah satunya bagaimana membuat sajian lezat, sehat dan indah dalam pandangan mata. Mulai dari makanan pembuka, menu utama sampai pada sajian penutup. Mereka diajarkan bagaimana menjadi koki handal yang tidak hanya pandai memasak, tetapi juga berakhlak baik dengan memilih bahan-bahan makanan yang halal tentunya. Maka tidak jarang di facebook kakak ipar saya itu bertebaran foto-foto hasil olahan makanan dari para siswanya. Jebolannya pun kini sudah ada yang membuka catering sederhana, bekerja di hotel dan ada juga yang tersu menuntut ilmu tata boga di bangku kuliah.   

5 Manfaat Sekolah Kejuruan

Nah, itu satu contoh ilmu yang kurikulumnya di buat khusus untuk sekolah kejuruan tertentu. Masih ada sekolah kejuruan lain dengan ilmu berbeda. Untuk itu saya share info tentang 5 manfaat sekolah kejuruan yang perlu kamu tahu sebagai bahan pertimbangan akan sekolah atau menyekolahkan anak-anak kelak dimana, sebagai berikut:

  • Bisa Langsung Bekerja; berbeda dengan sekolah umum biasa, tamatan siswa sekolah kejuruan bisa langsung bekerja tanpa harus kuliah terlebih dahulu.
  • Praktek Lebih Banyak Dibanding Teori; karena diperuntukkan untuk bekerja setelah tamat, maka praktek lebih dominan dibanding teori. Karena terkadang teori akan berbeda dengan hasil realita yang disebabkan banyak faktor.
  • Tak Hanya Belajar di Sekolah; siswa-siswa yang memilih sekolah kejuruan akan lebih banyak terjun ke lapangan untuk mempraktekkan teori yang diperoleh di kelas. Jadi wajar jika mereka memiliki kemampuan, keterampilan dan juga pengalaman yang banyak dibanding siswa yang menuntut ilmu di sekolah umum.
  • Bakat Bisa Diuji; siswa yang senang memasak bisa menguji sekaligus mengasah kemampuannya dengan bersekolah di sekolah kejuruan tata boga, begitupula yang senang dengan dunia mesin, memilih sekolah kejuruan yang fokus pada ilmu teknik mesin bisa menjadi pilihan yang pas. Ketika bakat benar-benar sudah semakin terasah, tak akan sulit untuk survive di dunia kerja.
  • Ilmu Lebih Fokus; dibandingkan dengan sekolah umum biasa yang diberikan banyak cabang-cabang ilmu, di sekolah kejuruan para siswa akan lebih fokus pada satu bidang ilmu yang berkaitan. Sehingga tidak perlu membuang-buang waktu mempelajari hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan apa yang sedang ditekuni.

Mungkin masih banyak manfaat selain 5 manfaat sekolah kejuruan yang saya share di atas. Saya sendiri masih sekadar mendengar cerita dari kakak ipar. Jadi bahan masukan buat saya untuk kemudian menentukan ketika sudah saatnya Salfa, putrid saya, bersekolah.

Nah, kalau teman-teman sekalian punya cerita apa soal sekolah kejuruan? Share yuk!

7 Responses to “5 Manfaat Sekolah Kejuruan yang Perlu Kamu Tahu”
  1. inayah says:
  2. @kakdidik13 says:
  3. echaimutenan says:
  4. Jani says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *