5 Hal yang Harus Dilakukan di Awal Tahun

5 Hal yang Harus Dilakukan di Awal Tahun – Tahun baru 2016 sebentar lagi akan kita songsong dan hanya tinggal menghitung hari. Tahun 2015 yang akan berlalu sudah pasti memberikan kisah tersendiri. Suka maupun duka semuanya sudah tercatat sebagai kenangan di masa lalu. Dan berharap tak pernah luput dari nilai ibadah sehingga tidak dilewati dengan sia-sia. *kemudian introspeksi diri

5 Hal yang Harus DilakukanDi Awal Tahun

Namun, sebagai manusia yang dibekali akal tentunya harus menyiapkan diri lebih baik di masa-masa yang akan datang, khususnya tahun 2016 nanti. Apa yang diinginkan atau dicita-citakan di tahun sebelumnya dan belum terkabul, mungkin akan terwujud di tahun 2016. Tergantung bagaimana effort untuk menjadi lebih siap dengan terkabulnya impian dan keinginan tersebut. Sebab, Tuhan paling tahu kesiapan hambaNya dalam mendapatkan kebahagiaan ataupun kesedihan dalam hidup.

Dan saya di sini mencoba sedikit menyemangati diri sendiri dan (mungkin) juga teman-teman sekalian, sehingga ada 5 hal yang harus dilakukan di awal tahun, yaitu:

  1. Memiliki Cita-Cita yang Besar; hal ini perlu dilakukan karena bisa menjadi motivasi bagi jiwa dan Sehingga dalam menjalani hari-hari dari awal sampai akhir tahun ke depannya berusaha agar cita-cita tersebut tercapai. Kalau saya sendiri, bercita-cita memiliki rumah pribadi (capek ngontrak terus, hehe…)
  2. Membuat Perencanaan yang Matang; tak perlu langsung melemah jika semua yang terjadi dalam dunia ini adalah hak sang Kuasa. Namun, setidaknya perencanaan akan menjadikan kita lebih siap menghadapi segala jenis rintangan. Sebab dengan perencanaan, tentu sudah terpikirkan dampak baik dan buruknya. Perencanaan yang baik dan matang akan membuat langkah lebih ringan.
  3. Memupuk Semangat yang Tinggi; percuma saja jika sudah menyiapkan perencanaan hanya sebatas di atas kertas atau “menari-nari” di dalam angan-angan saja. Semuanya harus diwujudkan atau direalisasikan. Semuaya harus dikerjakan dengan semangat yang tinggi dan tidak mudah menyerah, apalagi bermalas-malasan. Tanpa semangat, hasilnya pun tidak akan maksimal. Tetapi, lagi-lagi mengerjakan dengan semangat bukan berarti luput dari keyakinan bahwa hasilnya selalu ada campur tangan Tuhan.
  4. Memperbanyak Doa; tidak ada artinya usaha tanpa doa. Karena doa menjadi bentuk kesadaran kita sebagai makhlukNya. Makhluk yang selalu bergantung padaNya setiap detik. Doa yang membawa angan, impian, harapan dan cita-cita menjadi mulia dihadapanNya karena kita tak pernah lupa bahwa hidup kita ada yang menggerakkannya. Ada yang mengaturnya dan ada yang menentukan apa yang kemudian pantas untuk diterima. Jika doa masih belum terkabulkan, coba kembali bertanya pada diri: “Sudah siapkah saya jika benar-benar Tuhan memberikannya?” atau “Seberapa besar usaha dan ikhlasnya doa yang dipanjatkan padaNya?”
  5. Menjalani Hidup dalam Lingkungan yang Baik; lingkungan pertemanan akan memberikan sedikit banyaknya motivasi agar kita terus bersemangat dalam hidup ini. Ketika kita jatuh, pertemanan yang baik akan membuat kita bangkit, bukan justru makin memojokkan kita. Pertemanan menjadi bentuk kita untuk belajar saling memahami akan karakter hidup. Jika terus berada di lingkungan yang baik, secara otomatis akan menjadikan kita juga baik. Apalagi di dalamnya selalu ada nasehat-nasehat yang membuat kita terus introspeksi diri.

Mungkin masih ada lagi selain dari 5 hal yang harus dilakukan di awal tahun menurut versi masing-masing. Boleh mencatatnya di buku harian, agenda atau binder. Dan silakan menambahkan sesuai versi masing-masing karena boleh jadi itu juga penting sekali buat kehidupan Anda di tahun 2016 mendatang.

2 Responses to “5 Hal yang Harus Dilakukan di Awal Tahun”
  1. Alris says:
  2. Lidya says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *