3 Langkah Praktis Melepas Wallpaper dari Dinding

Melapisi dinding dengan wallpaper merupakan salah satu cara untuk membuat ruangan terlihat cantik dan manarik. Sayangnya setelah beberapa lama, wallpaper dapat berubah menjadi kusam dan terkelupas. Kondisi ini membuat kita terpaksa harus melepas wallpaper lama dari dinding dan menggantinya dengan wallpaper baru yang dapat kita pilih di toko jual wallpaper.

3 Langkah Praktis Melepas Wallpaper dari Dinding

Namun ternyata melepas wallpaper dari dinding tidak semudah yang dibayangkan. Waktu yang dibutuhkan pun beragam. Ada wallpaper yang mudah dilepaskan hanya dalam waktu satu jam saja. Ada pula yang butuh waktu seharian untuk melepaskannya dari dinding. Hal ini tergantung dari ukuran, lama penempelan, serta kualitas wallpaper itu sendiri. Lalu bagaimana caranya agar kita mudah melepas wallpaper yang menempel di dinding? Berikut langkah-langkahnya:

1. Periksa Kondisi Wallpaper

Wallpaper yang belum lama menempel di dinding biasanya akan lebih mudah dilepas dibandingkan dengan wallpaper yang sudah lama menempel di dinding. Cara melepasnya cukup mudah yaitu dengan mencungkil bagian tepi bawah wallpaper menggunakan pisau kecil. Setelah itu, kertas wallpaper ditarik secara perlahan-lahan untuk melepaskannya dari dinding.

2. Siapkan Peralatan

Jika wallpaper masih juga susah dilepaskan dari dinding, kita perlu menggunakan beberapa peralatan dan bahan tambahan. Bisa menggunakan steammer khusus wallpaper untuk melepaskannya dari dinding. Selain itu, bisa juga menggunakan larutan kimia untuk menghapus cat dinding atau wallpaper yang umumnya bisa dibeli di toko. Jangan lupa, gunakan sarung tangan berbahan plastik atau karet tebal untuk melindungi tangan. Bila perlu, gunakan juga masker wajah untuk menghindari bau-bau tak sedap yang dihasilkan oleh steammer atau cairan kimia. Siapkan juga kain penadah kotoran, pisau dempul, dan botol spray.

3. Melepas Wallpaper

Setelah menyiapkan peralatan, kini saatnya melepaskan wallpaper dari dinding. Letakkan kain penadah kotoran di lantai agar lantai aman dari tetesan air, lem, atau debu. Lepaskan seluruh hiasan dinding seperti  foto, pigura, lukisan, jam dinding, dan sebagainya. Siapkan larutan khusus untuk menghapus cat dinding, jika tidak sempat membelinya di toko jual wallpaper, buatlah larutan sendiri dari campuran air hangat dan pelembut pakaian.

Cungkil ujung wallpaper dengan menggunakan pisau dempul, lalu tarik perlahan. Jika ada di bagian yang sulit dikelupas, semprotkan larutan khusus menggunakan botol spray, kemudian tunggu sekitar 15 menit dan tarik kembali perlahan-lahan.

Jika wallpaper masih juga susah dilepaskan, gunakan steammer untuk menguapi dinding hingga lem berkurang daya rekatnya. Caranya, gunakan sarung tangan dan dekatkan steamer ke wallpaper. Biarkan asap steammer mengenai permukaan wallpaper selama beberapa detik saja. Selanjutnya, tarik wallpaper yang sudah terkelupas dari dinding menggunakan pisau dempul.

Nah, sekarang dinding sudah bersih dan siap untuk dilapisi wallpaper baru dengan motif dan warna yang sudah dipilih sebagai gantinya. Jangan lupa untuk menyesuaikan budget dengan harga jual wallpaper yang ingin dibeli. Bagaimana, tidak begitu sulit bukan? Selamat mencoba!

One Response to “3 Langkah Praktis Melepas Wallpaper dari Dinding”
  1. Indah Nuria says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *