Blogging

Tips Sukses Diet Keto untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Sukses Diet Keto untuk Menurunkan Berat Badan – Diet keto pada dasarnya adalah diet yang menu makanannya fokus kepada rendah karbohidrat, sedang protein, dan tinggi lemak. Kadang disebut diet LCHF (Low Carb High Fat). Persentasenya sekitar 15% karbohidrat, 35% protein, dan 50% lemak.

Tentunya saja disini penekanannya ada pada makanan alami, termasuk lemak alami dari buah alpukat, telur, ikan, coconut oil, dan lain-lain bukan dari sumber makanan yang sudah di proses ataupun berbungkus yang bisa ditemui di swalayan.

Dengan lifestyle ketogenic ini kita akan menstabilkan insulin dan gula darah karena rendahnya karbohidrat yang kita makan, dimana akan sangat bagus untuk diet, diabetes tipe 2, dan kesehatan pada umumnya. Tubuh kita juga akan menggunakan lemak tubuh kita sebagai bahan bakar.

tips sukses diet keto

Bagaimana agar Sukses dengan Diet Keto?

Walaupun diet keto bagus untuk menurunkan gula darah, namun kunci sukses menurunkan berat badan adalah kita tetap harus defisit kalori.
Terlepas dari jenis diet yang kita gunakan. Saat kita defisit kalori maka lemak tubuh akan terbakar secara otomatis, tanpa perlu bantuan dari obat diet sekalipun tubuh kita akan tetap membakar lemak sebagai sumber energi cadangan.

Jadi ingat ya, kita tetap harus defisit kalori makanannya tiap hari.
Hanya saja dengan ketogenic diet kelebihannya adalah proporsi karbohidrat yang rendah dan sangat ideal untuk melangsingkan tubuh.
Saran untuk pemula, kita berada dalam range 1200 kalori per hari. Angka ini termasuk titik awal yang bagus untuk menurunkan sekitar 1 kg per minggu. Terlebih lagi akan terasa kenyang dengan 1200 kalori sehingga diet tidak menyiksa dan bisa kita lakukan jangka panjang, atau minimal 3 bulan pertama.

Ekspektasi Turun Berapa Kilo?

Biasanya rate penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 1 kg setiap minggu. Jadi untuk bisa berapa kg bisa turunnya itu tergantung kita, mau turun berapa kg. Saran melakukan diet ini minimal 3 bulan agar hasilnya kelihatan. Kita bisa langsing walaupun tanpa obat diet ataupun suplemen pelangsing sekalipun.

Jenis Makanan Apa yang Harus Dikonsumsi Saat Diet Keto?

Untuk pemula contoh yang disarankan adalah fokus kepada makanan alami seperti sayur, dan buah-buahan, lalu daging dan sumber lemak lainnya.

tips sukses diet keto

Contoh:

  • Sayuran: Bayam, brokoli, wortel, sawi,sayuran hijau lainnya
  • Buah: Strawberi, alpukat, buah rendah gula lainnya
  • Ikan: Salmon, tuna, makarel
  • Telur: Ayam, bebek
  • Daging: Sapi, ayam
  • Kacang dan biji-bijian, seperti almond, biji bunga matahari, chia dan biji labu.
  • Lemak: Minyak kelapa, mentega alami, minyak zaitun

Yang terpenting kuncinya disini adalah makanan dari sumber yang alami, bukan berproses.

Jenis Makanan yang Wajib Dihindari

Makanan: mie, roti, kue, tepung dan turunannya
Minuman manis: jus buah, permen, es krim, teh manis, soda, dan lainnya
Buah: Pisang, papaya, dan buahan manis lainnya yang punya kadar gula tinggi
Gandum: Produk yang menggunakan bahan gandum, sereal, pasta, nasi, dan lainnya
Lemak tidak sehat: penggunaan minyak sayur, mayones, dan lainnya

Gabungkan Diet Keto dengan Puasa

tips sukses diet keto

Disarankan saat diet keto, makan besarnya 2x sehari, yaitu saat siang dan malam.

Dipagi hari kamu bisa puasa sampai jam 12 siang, tujuannya agar proses pembakaran lemak bisa terjadi lebih cepat dan juga banyak dampak positif kesehatan lainnya dari puasa. Kadang style ini disebut metode intermittent fasting.

Saat siang hari sekitar jam 12 bisa makan 600 kalori, lalu di malam hari 600 kalori. Lalu bebas minum air putih saat sedang puasa agar tidak cepat lapar. Makan rendang sapi saat diet keto juga bisa loh, karena daging sapi dan itu diizinkan dalam ketogenic diet.

Durasi Diet

Diet keto ini bisa dilakukan dalam 3-6 bulan untuk melihat hasil pembakaran lemak yang maksimal.

Jadikan pola makan ketogenic ini sebagai lifestyle agar prosesnya tidak berat dan bisa dilakukan jangka panjang.

Kita juga bisa mengkombinasikan diet ini dengan olahraga ringan seperti jogging, atau jalan santai untuk membakar ekstra kalori lagi. Namun tetap intinya adalah dari defisit kalori makanan.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Instagram