Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga – Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga itu gampang? Seorang ibu rumah tangga tidak hanya harus ‘jago’ masak, melayani suami atau mengasuh anak, tetapi juga harus mampu mengatur uang bulanan keluarga.

Peran ‘akuntan’ yang disandang ibu rumah tangga sangat menentukan jalannya kesukesan finansial keluarga. Suami mana yang rela melihat tagihan bulanan melonjak karena sang istri ternyata seorang sosialita yang gemar shopping? Oleh karena itu sangat penting bagi ibu rumah tangga untuk mengetahui trik-trik menghemat uang belanja bulanan sehingga suami pun tidak marah-marah bin mangkel.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, berikut ada tips menghemat uang belanja bulanan untuk ibu rumah tangga yang bisa disimak:

Buat Rencana Belanja

Agar biaya bulanan tidak melonjak, sebaiknya membeli kebutuhan keluarga yang memang benar-benar dibutuhkan. Maksudnya, kita harus membuat list belanja bulanan, mulai dari yang paling penting terlebih dahulu seperti keperluan dapur, biaya tagihan internet dan listrik, biaya sekolah anak dan lainnya.

Pastikan rencana belanja bulanan tersebut disusun dengan pemikiran yang matang terlebih dahulu alias tidak mengikutkan hawa nafsu terhadap barang keinginan. Jangan sampai ada kasus ibu rumah tangga memilih untuk membeli gaun seharga 5 juta dibanding membayar biaya sekolah anaknya. Duh, ngeri banget deh!

Sisihkan Beberapa Rupiah dari Uang Belanja

Trik paling mudah dalam menghemat uang belanja bulanan yaitu menyisihkan sedikit dana dari uang belanja. Sebagai ilustrasi, kita diberi jatah uang belanja bulanan sebesar 2 juta oleh suami. Sisihkan 300 ribu dan sesuaikan sisa uang belanja dengan berbagai keperluan belanja. Nah uang 300 ribu itu bisa dijadikan ‘biaya tak terduga’ atau juga ‘investasi’. Perlu diingat juga, trik ini tentunya harus dengan persetujuan sang suami. Tetapi pasti suami setuju jika ada istri yang melakukan langkah ini.

Jangan Pernah Sepelekan Koin

Beberapa orang menganggap uang koin kurang ada nilainya. Mereka menilai uang koin hanya cocok untuk bayar parker, membeli permen atau untuk diberikan kepada pengamen saja. Namun, bagi seorang ibu rumah tangga, jangan pernah remehkan salah satu jenis mata uang ini. Karena uang koin dalam jumlah banyak pun dapat menyelamatkan perekonimian keluarga layaknya uang kertas. Saya sudah membuktikannya sendiri dengan uang koin bisa menabung emas untuk si kecil.

Temukan Berbagai Promo Keperluan Rumah Tangga

Untuk menghemat uang belanja bulanan lainnya, mencari informasi promo-promo keperluan rumah tangga itu bukan dosa. Jika tidak ada waktu untuk keluar rumah, bisa memanfaatkan laptop atau smartphone di rumah untuk online shopping.

Mayoritas online shop menawarkan potongan harga, dan kita pun bisa melakukan komparasi harga tanpa harus seharian di toko. Bahkan beberapa online shop menawarkan layanan bebas ongkos kirim seperti promo Tokopedia gratis ongkir. Dengan promo Tokopedia ini, tentunya kita tidak perlu mengeluarkan budget terlalu banyak untuk keperluan keluarga. Simple, bukan?

Simpan Nota Pembelian

Meskipun terlihat sepele, namun efeknya sangat dahsyat, kalkulasi belanja bulanan pun menjadi jauh lebih simple. Nota pembelian juga bisa menjadi acuan ketika akan berbelanja di kemudian hari. Sudah ada bayangan jumlah dana yang harus dikeluarkan. Bahkan kita bisa berjaga-jaga ketika harga produk tertentu menjadi lebih mahal. Mencari produk yang mirip dengan fungsi sama itu bukan juga sebuah larangan. Kecuali kalau sudah fanatic, hehe…

Well, itu tadi tips menghemat uang belanja bulanan bagi ibu rumah tangga. Jika ada tambahan tips dan trik, bisa langsung tambahin di kolom komentar ya.

One Response to “Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga”
  1. inayah says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *