Blogging Info Suara Hati

Tips Liburan Murah a la Backpacker ke Luar Negeri

Tidak bisa dipungkiri, liburan memang sangat dibutuhkan untuk me-refresh kembali mood dan semangat, setelah berkutat dengan aktivitas padat sehari-hari yang itu-itu saja. Namun, yang jadi kendala setiap orang adalah bujet traveling yang seringkali tidak bisa diajak kompromi dan pada akhirnya gagal lagi merencanakan liburan. Padahal, bisa saja lho liburan dengan minim bujet a la backpacker. Berencana untuk liburan ke luar negeri? Bisa dimulai dari pantengin terus promo tiket pesawat, misalnya tiket Air Asia di tiket.com yang memang affordable.

Merencanakan untuk pergi berlibur, tidak hanya persoalan tiket. Ada banyak hal yang perlu diketahui nih, agar liburan tetap terlaksana, tetapi dengan bujet yang super minim. Tidak sekedar mencatat semua harga tiket pesawat murah yang diperoleh dari berbagai seumber, tetapi ada juga aspek lainnya.

Pengen tahu atau pengen tahu banget nih? Yuk, langsung aja simak tips liburan murah a la backpacker ke luar negeri berikut!

Tentukan Tujuan Negara

Merencanakan liburan ke luar negeri, hal pertama yang perlu ditentukan pastinya adalah negara tujuan. Kalau sudah fix dengan negara tujuan, selanjutnya adalah mempersiapkan hal penting lainnya sebelum mencari tiket pesawat murah yang bisa membawa ke negara tersebut.

Salah satunya adalah cuaca di negara tersebut, terlebih kalau akan liburan ke negara-negara dengan 4 musim. Dengan begitu, sebelum berangkat bisa mempersiapkan barang-barang yang perlu dan sangat penting saat disana tanpa harus selalu membeli. Hal ini untuk menekan biaya perjalanan pastinya saat di negara tujuan. Pastikan juga memang hal tersebut bukan sekadar properti tetapi benar-benar bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dengan cuaca apapun.

Pilih Maskapai Murah

Penting! Liburan a la backpacker mengharuskan diri untuk press-budget menjadi seminim mungkin. Mengingat berlibur ke luar negeri membutuhkan biaya yang cukup banyak, langkah penting selanjutnya adalah memilih tiket pesawat murah roundtrip, atau dengan harga promo. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, pastinya memilih waktu liburan pada bulan yang tidak masuk ke dalam musim liburan.

Setelah memesan tiket pesawat, langkah selanjutnya adalah membuat catatan perjalanan atau yang biasa disebut dengan itinerary. Adanya itinerary tentu sangat membantu dalam hal efisiensi waktu dan juga bujet. Ada banyak contoh itinerary yang bisa ditiru, jika sebelumnya tidak pernah membuat itinerary.

Survey Akomodasi, Transportasi, Tempat Makan

Setelah pemililhan negara dan pemesanan tiket pesawat sudah rampung, selanjutnya berpindah ke survey tempat wisata, akomodasi, transportasi, hingga tempat makan yang ada di negara tersebut. Survey yang dilakukan ini bisa memudahkan untuk menghitung bujet yang sekiranya perlu dikeluarkan.

Survey Akomodasi (Penginapan)

Dimulai dari pemilihan kota yang dituju, setelah itu menentukan penginapan dengan harga murah dan dekat dengan destinasi wisata. Dengan begitu, perjalanan bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan juga bisa mengirit biaya.

Survey Transportasi

Untuk beberapa negara, transportasi umum seperti bus atau kereta menjadi moda transportasi yang bisa mengantarkan kita dari satu tempat ke beberapa tempat. Sebagai backpacker, jangan lupa menggunakan selalu transportasi umum untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Perhatikan juga kode dan tujuan bus agar tidak ada drama tersesat atau hilang di negeri orang.

Survey Tempat Makan

Tidak kalah pentingnya, mencari tahu tempat makan. Ini juga masuk sebagai langkah sebelum melakukan perjalanan liburan. Survey tempat makan ini mencakup tempat makan murah, halal, makanan khas negara tersebut, atau yang recommended karena rasanya yang enak.

Nah, kalau semuanya sudah dipersiapkan secara matang, insya Allah rencana liburan akan terlaksana dengan nyaman, tanpa menguras rekening bahkan kembali dengan wajah happy!

18 Comments

  1. Atika dian Pitaloka October 29, 2018
  2. Dian Restu Agustina October 29, 2018
  3. Asri October 29, 2018
  4. Bunga October 29, 2018
  5. Reyne Raea October 29, 2018
  6. Siti Faridah October 30, 2018
  7. ike yuliastuti October 30, 2018
  8. ajeng pujianti lestari October 30, 2018
  9. Fenni Bungsu October 30, 2018
  10. CatatanRia October 31, 2018
  11. natra rahmani salim October 31, 2018
  12. Antin Aprianti November 1, 2018
  13. Visya November 1, 2018
  14. Tika Samosir November 1, 2018
  15. Ade UFi November 1, 2018
  16. cicidesri November 1, 2018
  17. April Hamsa November 1, 2018
  18. Leyla Imtichanah November 1, 2018

Leave a Reply

Instagram