Indonesia Jawa Barat Pangandaran Wisata

Pantai Indah di Pangandaran Ini Tak Boleh Dilewatkan Para Traveler

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dikenal dengan garis pantainya yang mempesona. Beberapa pantai indah di Pangandaran tak boleh dilewatkan oleh para traveler yang senang mengunjungi pantai-pantai eksotik di seluruh penjuru negeri.  Sejumlah pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran tersebut menyuguhkan keindahan yang unik. Selain deburan ombaknya yang bisa dijajal untuk berselancar, sejumlah pantai bahkan bisa dijadikan tempat berenang yang asyik.

Berikut Pantai indah di Pangandaran yang tak boleh dilewatkan para traveler:

Pasir Putih Pangandaran

Pada urutan pertama ada Pasir Putih Pangandaran yang bisa dikunjungi para traveler dengan menaiki perahu pesiar terlebih dahulu. Dari Pantai Barat Pangandaran jaraknya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Walaupun lama di atas laut, namun pastinya akan sepadan dengan keindahan yang ditemui Pasir Putih Pangandaran.

Biota laut yang terdapat di karang-karang bawah laut Pasir Putih Pangandaran tak boleh dilewatkan, Anda bisa menikmati keindahannya dengan snorkeling. Di sana sudah ada yang menyewakan peralatan snorkeling, ada juga pemandu yang akan membimbing Anda.
Ada juga bangkai kapal Viking Logos tak jauh dari Pasir Putih Pangandaran. Anda bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang kapal illegal sisa peledakan yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perairan tersebut.

Mengambil referensi dari kutipan berita harapanrakyat.com, bangkai kapal yang diledakan pada Maret tahun 2016 ini rencananya akan menjadi monument illegal fishing. Monument itu nantinya akan menjadi sarana edukasi bagi wisatawan, khususnya bagi para pelajar.

Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran

Pantai indah di Pangandaran selanjutnya ada Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran. Kedua pantai ini merupakan pantai favorit yang banyak dikunjungi para wisatawan. Salah satu keistimewaannya adalah bisa dijadikan tempat berenang yang asyik. Pada momen liburan, Pantai Timur Pangandaran terutama sering dipadati pengunjung.

pantai batu karas pangandaran

Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda juga akan disuguhi dengan taman-taman yang ada di pesisir pantai. Taman tersebut sengaja dibangun Pemkab Pangandaran agar Pantai Pangandaran lebih cantik.

Lokasinya juga dekat dengan pusat oleh-oleh yang tak jauh dari kawasan Pantai Barat Pangandaran. Di sini bisa membeli oleh-oleh khas Pangandaran sepuasnya.

Sudah cape renang dan bosan belanja, giliran menikmati kuliner khas Pangandaran. Di Pangandaran sudah ada Kampung Turis Pangandaran yang menyajikan berbagai menu makanan khas Pangandaran. Para pengunjung juga bisa sekedar nongkrong di café-café yang ada di Kampung Turis Pangandaran ini, tentunya sambil menikmati semilir angin pinggir pantai.

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak jadi salah satu pantai indah di Pangandaran. Selain keberadaan batu karang yang menghiasi bibir pantainya, Pantai Karapyak juga ada pasir putih sepanjang 5 kilometer.

pantai batu karas pangandaran

Lalu yang istimewa dari Pantai Karapyak Pangandaran adalah pesona air lautnya yang memiliki warna berbeda tergantung debit airnya. Fenomena alam tersebut terjadi ketika debit air Sungai Citanduy meningkat dan bermuara ke laut, sehingga akan terlihat warna air laut yang amat kontras.

Sungai Citanduy yang berair tawar dan berwarna coklat akan bercampur dengan air laut di pinggir pantai, sehingga terlihat beda warnanya, bahkan terkadang terlihat berwarna merah.

Kekhasan lainnya dari Pantai Karapyak ini yaitu munculnya taman laut ketika ombak di pantai ini sedang surut. Taman laut tersebut akan terlihat sejumlah biota laut seperti ikan hias kecil yang terdapat di sela-sela karang, kepiting ataupun umang.

Pastikan Anda mengunjungi Pantai Karapyak ketika musim kemarau, karena saat tersebut Anda bisa menikmati pesona terbaik dari pantai ini, salah satunya taman laut dan warna air lautnya yang kontras.

Untuk menuju lokasi pantai ini, cukup menempuh jarak 20 km dari pusat kota Pangandaran, letaknya ada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Jangan takut tersesat karena ada sejumlah petunjuk jalan yang mengarahkan hingga sampai ke Pantai Karapyak.

Pantai Batu Karas

Pantai indah di Pangandaran lainnya adalah Pantai Batu Karas. Jaraknya dari Pangandaran kurang lebih 34 kilometer, tepatnya di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Gelombang ombaknya cukup besar sehingga Pantai ini cocok bagi peselancar.
Setidaknya ada tiga 3 di Pantai Batu Karas Pangandaran yang bisa dijadikan tempat berselancar atau surfing. Pertama Bulak Penda yang sering dipakai para peselancar professional untuk surfing.

Lalu ada Legok Pari yang ombaknya cukup sedang, sangat aman bagi para pemula yang ingin mulai belajar surfing. Terakhir ada titik bernama Karang. Jika air laut surut, tempat ini kurang cocok untuk surfing. Hanya ketika air laut pasang maka bisa digunakan untuk surfing.

Pantai Madasari

Terakhir Pantai indah di Pangandaran adalah Pantai Madasari. Pantai ini cukup khas dengan pulau-pulau penuh dangan batu karang yang ada di tengah-tengah laut.

pantai batu karas pangandaran

Seperti halnya Pantai Batu Karas Pangandaran, ombak di Pantai Madasari cukup besar, sehingga banyak wisatawan yang surfing di tempat ini. Bahkan sejumlah wisatawan asing berkunjung ke Pantai ini khusus untuk surfing.

Pantai yang ada di kawasan bulak benda, Desa Mesawah, Kecamatan Cimerak ini hanya berjarak 18,5 kilometer dari Pantai Batu Karas. Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk camping. Pantai ini memang cocok untuk camping atau untuk gathering bersama keluarga atau pun gathering perusahaan.

Itulah pantai indah di Pangandaran yang tidak boleh dilewatkan oleh para traveller. Pantai-pantai ini bisa Anda nikmati sendirian ataupun ramai-ramai bersama teman ataupun saudara.

3 Comments

  1. Akarui Cha June 18, 2019
  2. Amiria June 18, 2019
  3. Rin Anne Reichan June 18, 2019

Leave a Reply

Instagram