Blogging Info Kesehatan

Mengenal Eksim Kering dari Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Punya anak balita memang bukan hal mudah dalam masa pertumbuhannya. Ada kompleksitas perawatan yang harus diperhatikan oleh orang tua. Tak hanya fokus pada kecukupan gizi, tetapi juga pada kesehatan tubuh. Seperti halnya dengan saya sendiri yang setiap hari bersama si kecil yang tumbuh sangat aktif. Seringkali permasalahan kulit menjadi fokus perhatian karena masa lalu membuat saya tidak boleh menganggap biasa penyakit kulit, seperti eksim kering, kulit bersisik dan lain sebagainya. Bahkan dulu saya tidak tahu bahwa salah satu penyakit kulit seperti eksim kering menjadi hal yang perlu diperhatikan supaya ketika dewasa tidak ada masalah kulit yang begitu mengganggu.

Sejak si kecil lahir, saya sudah berusaha untuk memperhatikan dan memastikan kesehatan kulitnya dengan memberikan nutrisi penting. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam tubuh, saya juga merawatnya dengan produk kesehatan kulit yang aman dan pastinya mudah didapatkan, baik online maupun offline.

Ada banyak penyakit kulit yang kemudian membuat kita sebagai orang tua khawatir, apalagi jika terjadi pada anak yang masih usia balita. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, eksim kering dan basah serta kulit sensitif menjadi hal yang dikhawatirkan pada anak balita. Untuk itu dalam artikel ini, saya mengajak para orang tua dimana pun berada untuk mengenal eksim kering dari gejala hingga cara mengatasinya jika memang sudah terjadi.

Apa itu Eksim Kering?

Eksim Kering adalah salah satu penyakit kulit yang biasa dikenal dengan Bahasa ilmiah eczema. Bahasa medisnya kemudian sering disebut dengan dermatitis.

Eksim kering pada umumnya bukan penyakit menular namun bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja tanpa penanganan. Rasa gatal yang ditimbulkan akan memberikan efek tidak nyaman pada penderita. Bisa dibayangkan jika yang menderita eksim kering adalah anak kita yang masih berusia balita. Pasti akan rewel dan tidak nyaman, otomatis kita sebagai orang tua pun akan dibuat bingung.

Penyebab Eksim Kering pada Kulit

Menurut berbagai sumber yang saya baca, penyakit eksim kering ini disebabkan oleh beberapa hal. Namun, yang paling sering ditemukan terjadi pada anak-anak dan sifat penyakitnya termasuk kronis adalah dermatitis atopik.

Dermatitis atopik ini bisa muncul dari boleh jadi si anak mengalami alergi sabun, makanan, kulit yang terlalu kering dan seringnya menggaruk kulit.

Bagaimana dengan orang dewasa? Apakah tidak akan mengalami eksim kering? Jawabannya adalah bisa saja terkena namun kasusnya sangat jarang terjadi. Karena kulit orang dewasa sudah memiliki jaringan kuat dibandingkan kulit balita yang masih dalam proses pertumbuhan.

Bagaimana dengan Gejala Eksim Kering?

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu kita sebagai orang tua perlu memahami juga bagaimana gejala yang ditimbulkan oleh penyakit eksim kering. Jangan sampai kita salah menerka yang kemudian bisa keliru juga dalam hal pengobatan.

Secara umum, gejala eksim kering yang sering terlihat adalah terdapatnya ruam berwarna merah, gatal-gatal, kulit menjadi bersisik, kulit menjadi tebal bahkan bisa terjadi perubahan warna kulit. Gejala ini bisa berada di area seperti leher, tangan, kaki bahkan juga bisa di wajah.
Kebanyakan dari kita ketika merasakan kulit gatal, jari-jari akan dengan mudahnya langsung menggaruk. Jika sudah menderita eksim kering, menggaruk adalah aktivitas yang akan memperparah kondisi kulit. Dan menurut referensi serta argumen pihak medis, ketika sering menggaruk eksim kering, infeksi bisa terjadi. Dengan demikian, kondisi kulit akan semakin membutuhkan penanganan yang lebih serius.

Cara Mengatasi Eksim Kering dengan Baik

Orang tua saya dulu mengobati penyakit kulit saya dengan bolak-balik ke dokter kulit. Soalnya belum mengenal produk yang tepat dalam merawat kulit apalagi yang sudah terkena eksim kering. Saat ini sudah banyak informasi yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi eksim kering yang baik dan pastinya aman untuk kulit bayi, seperti:

  • Memberikan obat anti inflamasi namun tidak digunakan dalam jangka waktu terus-menerus sebagai pencegahan
  • Memberikan anti histamin sebagai anti alergi terhadap sesuatu
  • Memberikan asupan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah mudah terjangkit penyakit
  • Melakukan fototerapi jika sudah terjadi infeksi pada eksim kering yang dialami

Pencegahan Eksim Kering Sejak Dini pada Anak

Saya sangat bersyukur memiliki anak perempuan yang kinestetik. Namun, saya juga mengalami rasa was-was dengan karakter kinestetik tersebut karena otomatis saya tidak bisa membuatnya untuk hanya sekadar diam di masa-masa pertumbuhannya.

Mayoritas anak aktif mudah terkena penyakit kulit karena faktor lingkungan tempatnya beraktivitas. Dan saya sebagai orang tua harus memahami kondisi lingkungan saya seperti apa untuk benar-benar yakin si anak berada dalam kondisi stay healthy.

Adapun cara saya untuk mencegah penyakit kulit pada si kecil seperti eksim kering adalah sebagai berikut:

#1. Menjaga Kelembaban Tubuh

Hal ini penting apalagi hidup di kota Surabaya yang cuacanya lebih banyak pada suhu tinggi bahkan belakangan ini tidak teratur. Menjaga kelembaban kulit menjadi perhatian saya setiap hari.

cussons sensicare

Si kecil Salfa yang sudah terbiasa menggunakan moisturizing lotion agar kulitnya tidak kering saat bermain di luar rumah

#2. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Punya anak perempuan memang selalu heboh dalam hal pakaian. Terlalu banyak model pakaian anak perempuan yang sedang trend. Namun saya lagi-lagi harus mengutamakan kenyamanan si kecil ketika menggunakan pakaian yang saya berikan.

Sebisa mungkin saya memberikan pakaian, jilbab, baju dan celana yang mudah menyerap keringat sehingga tidak memicu terjadinya eksim kering. Apalagi anak saya memang tidak betah kalau berkeringat.

#3. Menjaga Kebersihan Kulit

Salah satu hal ringan yang saya lakukan adalah dengan mengajak anak untuk rutin mandi 2x sehari. Pagi dan sore hari. Hal ini untuk membuat anak nyaman dari keringat setelah beraktivitas. Tahu sendiri anak saya aktifnya seperti apa.

#4. Selalu Sedia Cussons Baby SensiCare di Rumah

Bersyukur banget bisa hidup di zaman sekarang. Persoalan perawatan kulit si kecil pun menjadi hal mudah bagi saya setelah mengenal Cussons Baby SensiCare. Kalau dulu tahunya ada sabun batangan, wangi-wangian hingga bedak. Saat ini, jauh lebih kompleks lagi. Khususnya untuk perawatan kulit untuk mencegah terjadinya penyakit seperti eksim kering.

cussons sensicare

Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash

Langkah awal yang saya lakukan untuk mencegah dan mengatasi eksim kering jika terjadi pada si kecil adalah memastikan kebersihan tubuhnya. Tentu saja memerlukan sabun mandi yang memiliki kandungan khusus juga.

cussons baby sensicare gentle hair body wash

Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash menjadi pilihan karena mengandung Derma-Soft Complex Extra mild cleansing yang cocok untuk kulit dan rambut. Bahan yang digunakan untuk membuat sabun dan shampoo ini adalah organic oats, organic olive oil, dan ceramide.

Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion

Setelah memastikan tubuh si kecil bersih dan sudah bebas dari kuman, penanganan selanjutnya adalah mengajak si kecil untuk rutin menggunakan lotion pelembab dari Cussons Baby SensiCare.

cussons baby sensicare 24hr daily moisturizing lotion

Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion mengandung Derma-Soft Complex dermaprotective lotion yang cocok untuk tetap menjaga kelembaban kulit dari kekeringan. Bahan yang digunakan untuk membuat produk lotion ini adalah organic oats, organic olive oil, shea butter dan ceramide.

Si kecil paling senang kalau diminta mengoleskan lotion dari Cussonss SensiCare ini di tubuhnya

Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream

Satu lagi produk Cussons Baby SensiCare yang perlu diketahui adalah krim yang memberikan perlindungan intensif selain lotion di atas, yaitu Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream dengan Derma-soft Complex yang kaya akan 3x emollients yang cocok untuk kulit yang sangat kering.

cussons baby sensicare intensive soothing cream

Kandungan krim ini adalah organic oats, organic olive oil, shea butter dan ceramide. Penggunaan shooting cream semaksimal mungkin pada bagian-bagian tubuh si kecil yang sangat kering untuk menjaga tetap lembab dan mencegah timbulnya eksim kering.

***

Well… mengenal eksim kering mulai dari gejala yang ditimbulkan hingga pencegahan bisa senantiasa dilakukan dengan Cussons Baby SensiCare. Saya dan si kecil bisa terus menikmati hari-hari kebersamaan tanpa khawatir lagi dengan penyakit kulit eksim kering.

More Detail Info about Cussons Baby SensiCare, just check it out:

Instagram SensiCareYoutubeWeb SensiCare

Paket Cussons SensiCare yang Senantiasa Menjaga Kulit si Kecil Aman dari Eksim Kering

41 Comments

  1. Helena February 14, 2019
  2. lianny hendrawati February 14, 2019
  3. Ida Raihan February 14, 2019
  4. Lina Sophy February 14, 2019
  5. Andiyani Achmad February 14, 2019
  6. Okti Li February 14, 2019
  7. Sary Melati February 14, 2019
  8. irni February 14, 2019
  9. herva yulyanti February 14, 2019
    • herva yulyanti February 18, 2019
  10. Inna Riana February 14, 2019
  11. Rismayani February 14, 2019
  12. Diar Ronayu February 14, 2019
  13. Jiah February 14, 2019
  14. Dian Restu Agustina February 14, 2019
  15. Artha Amalia February 15, 2019
  16. Aswinda Utari February 15, 2019
  17. Megha February 15, 2019
  18. Utie adnu February 15, 2019
  19. Keke Naima February 15, 2019
  20. maya rumi February 15, 2019
  21. Cindy Vania February 15, 2019
  22. Fenni Bungsu February 15, 2019
  23. Irra Octaviany February 15, 2019
  24. Wiwin Pratiwanggini February 15, 2019
  25. Lidya February 15, 2019
  26. Suciarti Wahyuningtyas February 16, 2019
  27. Lusi February 16, 2019
  28. Sumiyati Sapriasih February 16, 2019
  29. Amallia Sarah February 16, 2019
  30. lendyagasshi February 16, 2019
  31. Uniek Kaswarganti February 16, 2019
  32. Ainhy Edelweiss February 16, 2019
  33. Ima satrianto February 16, 2019
  34. Wian February 17, 2019
  35. Azzura Lhi February 18, 2019
  36. Reni Dwi Astuti February 18, 2019
  37. antung apriana February 19, 2019
  38. Andi Mirati Primasari February 21, 2019

Leave a Reply

Instagram